Tuesday, 07 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Kosmo

6 Tradisi Unik menyambut Ramadhan

Rabu, 13 Juli 2011 - 16:56:29 WIB - 836
6 Tradisi Unik menyambut Ramadhan


Bagi umat Islam seantero dunia, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak, di dalam bulan ini Allah menjanjikan begitu banyak pahala, dan ampunan bagi umatnya. Banyak hal dipersiapkan oleh umat Islam menyambut datangnya bulan ramadhan. Kebanyakan adalah menyiapkan fisik dan mental mereka dalam menjalankan ibadah puasa dan tarwih yang akan dilaksanakan sebulan penuh.

Tahukah anda bahwa ada banyak kebiasan unik masyarakat dalam menyambut ramadhan, dimanasetiap daerha punya tradisi unik tersendiri, nah di bawah ini adalah empat tradisi unik menyambut ramadhan.

1. Dugderan

Tradisi "Dugderan" ini berasal dari kota Semarang, Jawa Tengah. Nama "Dugderan" sendiri berasal dari kata "Dug" dan "Der". Kata Dug diambil dari suara dari bedug masjid yang ditabuh berkali-kali sebagai tanda datangnya awal bulan Ramadhan. Sedangkan kata "Der" sendiri berasal dari suara dentuman meriam yang disulutkan bersamaan dengan tabuhan bedug.

2. Padusa

Lain daerah pasti lain pula tradisinya, masyarakat di Klaten, Boyolali, Salatiga dan Yogyakarta biasa melakukan upacara berendam atau mandi di sumur-sumur atau sumber mata air ditempat-tempat kramat. Tradisi ini disebut "Padusa" yang bermakna agar jiwa dan raga seseorang yang akan melakukan ibadah puasa bersih secara lahir dan batin.

3. Meugang

Berbeda dengan lainnya, di Nangroe Aceh Darussalam (NAD) atau yang akrab disebut dengan kota "Serambi Mekah", warganya menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan menyembelih kambing atau kerbau. Tradisi ini disebut "Meugang", konon kabarnya tradisi "Meugang" sudah ada sejak tahun 1400 Masehi, atau sejak jaman raja-raja Aceh.

Tradisi "meugang" merupakan kegiatan kekeluargaan. Pada hari itu, semua keluarga dekat berkumpul di rumah orangtua sambil menikmati masakan daging yang disediakan. Anak cucu menyisihkan waktu untuk pulang ke rumah orangtua atau mertua di hari 'meugang' seperti ini

4. Balimau

Sebagian besar masyarakat padang menyambut datangnya ramadhan dengan melakukan acara "BALIMAU". Balimau yang dalam bahasa Minang berarti mandi dengan disertai keramas merupakan salah satu tradisi yang selalu hadir mewarnai datangnya bulan puasa.

Sebagian besar masyarakat terutama kaum muda-mudi melakukan tradisi ini dengan mandi di pemandian umum, sungai dan danau. Semua berbaur, baik muda maupun mudi, dewasa maupun anak-anak. Salah satu tempat BALIMAU yang paling ramai dikunjungi masyarakat di kota Padang adalah kawasan pemandian Lubuk Minturun

5. Jalur Pacu

Di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, masyarakatnya memiliki tradisi yang mirip dengan lomba dayung. Tradisi "Jalur Pacu" ini digelar di sungai-sungai di Riau dengan menggunakan perahu tradisional, seluruh masyarakat akan tumpah ruah jadi satu menyambut acara tersebut.

6. Nyorog

Di Betawi, tradisi "Nyorog" atau membagi-bagikan bingkisan makanan kepada anggota keluarga yang lebih tua, seperti Bapak/Ibu, Mertua, Paman, Kakek/Nenek, menjadi sebuah kebiasan yang sejak lama dilakukan sebelum datangnya bulan Ramadhan. Meski istilah “Nyorog”nya sudah mulai menghilang, namun kebiasan mengirim bingkisan sampai sekarang masih ada di dalam masyarakat Betawi. Bingkisan tersebut biasanya berisi bahan makanan mentah, ada juga yang berisi daging kerbau, ikan bandeng, kopi, susu, gula, sirup, dan lainnya.

Editor/Sumber:
Tag: kosmo

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

KPU Kabupaten Solok Gelar Bimtek Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih

KPU Kabupaten Solok Gelar Bimtek Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih

KABUPATEN SOLOK - Ketua KPU Kabupaten Solok Ir. Gadis, Rabu (1/7) mengatakan sesuai dengan DP4 yang diterima KPU akhir...

Moment HUT Bhayangkara Ke-74, 14 Anggota Polres Mentawai Naik Pangkat

Moment HUT Bhayangkara Ke-74, 14 Anggota Polres Mentawai Naik Pangkat

MENTAWAI - Sebanyak 14 Anggota Polres Kepulauan Mentawai mendapatkan anugerah kenaikan pangkat satu tingkat. Upacara...

Pemkab Solok: Belum ada Kepastian Sekolah Dibuka 13 Juli 2020

Pemkab Solok: Belum ada Kepastian Sekolah Dibuka 13 Juli 2020

KABUPATEN SOLOK - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Zulkisar, Senin (6/7) seusai rapat evaluasi dengan Gubernur...

Situs PPDB Sumbar Diretas, Kata-kata Caruik Pungkang Sempat Muncul

Situs PPDB Sumbar Diretas, Kata-kata Caruik Pungkang Sempat Muncul

PADANG -- Situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sumbar (ppdbsumbar.id) diretas (hack). Di situs itu sempat...

Demi Kenyamanan Beribadah, Babinramil 04 Sikakap Bersama Team Satgas Lakukan Penyemprotan

Demi Kenyamanan Beribadah, Babinramil 04 Sikakap Bersama Team Satgas Lakukan Penyemprotan

MENTAWAI - Mencegah penyebaran Covid-19, Babinramil 04 Sikakap, bersama Tim gugus Tugas melaksanakan penyemprotan...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu