Tuesday, 07 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Ekonomi

Sembako Stabil Ramadhan-Lebaran

Jumat, 15 Juli 2011 - 11:32:56 WIB - 1451
Sembako Stabil Ramadhan-Lebaran


Padang, MNC -- Menghadapi puasa yang tinggal beberapa hari lagi. Untuk itu, masyarakat diimbau tidak perlu khawatir akan terjadi kelangkaan yang mengakibatkan sulitnya memperoleh sembako di pasaran, pasalnya stok sembilan bahan pokok (sembako) di Padang dipastikan aman stok. Bahkan stok sembako dipastikan aman hingga Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Kepala Dinas perindustrian, perdagangan, Afriyadi Laudin memastikan stok sembako di Padang cukup aman. "Stok terus mengalir sehingga kita pastikan stoknya cukup," kata Afriyadi pagi ini.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak menimbun sembako. Mengingat stok yang ada masih aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kelangkaan sembako. "Siklus pembelian pasti akan naik. Tapi kita imbau agar tidak menimbun, masyarakat harus membeli sesuai kebutuhan saja," jelasnya.

Joko mencontohkan, salah satu komoditi yang melimpah yakni minyak goreng. Hingga saat ini stok minyak goreng yang ada hingga 15 ribu ton. Stok tersebut bedasarkan estimasi dapat memenuhi kebutuhan hingga 35 hari ke depan. Sementara stok barang masih akan terus mengalir tiap minggunya. "Begitu juga dengan beras, gula, dan komoditi lain, masih aman," ujarnya.

Namun, jelang Ramadan harga sembako mulai mengalami kenaikan. Seperti komoditi telur, kenaikannya cukup tajam dari semula Rp15 ribu menjadi Rp18 ribu per kilogram. Sementara harga minyak goreng curah masih stabil yakni berkisar Rp10.500 hingga Rp11 ribu per kilogram.

Ia juga menjelaskan harga beras masih dalam kondisi stabil. Kenaikan harga beras sudah dimulai sejak Maret silam. Kenaikannya bervariasi mulai dari Rp50 hingga Rp150 per kilogram. "Kalau beras naiknya bertahap sejak Maret kemarin. Jadi sekarang harganya sudah stabil," tutur Afriyadi.

Tambahnya, di masing-masing wilayah pasar rakyat akan diadakan selama dua hari. Setiap harinya akan menyediakan minyak goreng sebanyak 20 ribu ton, 2.500 paket sembako dengan harga Rp20 ribu per paket dari harga semula Rp40 ribu. "Untuk beras dan gula, masih dirapatkan lagi berapa yang akan disediakan," katanya.

Gubernur Sumatera Barat, H. Irwan Prayitno mengungkapkan pihaknya terus berupaya untuk menjamin kelancaran distribusi dan ketersediaan bahan pokok dengan harga terjangkau. Untuk itu telah di pihaknya telah berkoordinasi dengan Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Barat, untuk mengadakan pasar murah, pasar rakyat, dan operasi pasar.

"Kita juga akan lakukan inspeksi mendadak terkait pangan ke pasar-pasar dan gudang pengumpul untuk menjaga stabilitas pasokan serta mengurangi spekulasi yang dapat mengganggu stabilitas harga," tandasnya. (***)

Editor/Sumber:
Tag: ekonomi

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Gelar Salat Idul Adha di Masa Pandemi, Masjid Raya Sumbar Terapkan Protokol Kesehatan secara Ketat

Gelar Salat Idul Adha di Masa Pandemi, Masjid Raya Sumbar Terapkan Protokol Kesehatan secara Ketat

PADANG -- Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Sumatera Barat akan menyelenggarankan ibadah hari raya idul adha...

Pantau Aksi Ganyang Komunis, Komisioner KPAI Jasra Putra: Jangan Lagi Ada Aksi Pelibatan Anak

Pantau Aksi Ganyang Komunis, Komisioner KPAI Jasra Putra: Jangan Lagi Ada Aksi Pelibatan Anak

JAKARTA -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyoroti aksi massa ganyang komunis yang diselenggarakan Alumni...

HUT Bhayangkara Ke-74, 22 Anggota Polres Tanah Datar Peroleh Anugerah Naik Pangkat

HUT Bhayangkara Ke-74, 22 Anggota Polres Tanah Datar Peroleh Anugerah Naik Pangkat

TANAH DATAR - Sebanyak 22 Anggota Polres Tanah Datar mendapatkan anugerah kenaikan pangkat satu tingkat. Upacara...

Polres Mentawai Rayakan HUT Bhayangkara Ke-74 Bersama Unsur Forkopimda

Polres Mentawai Rayakan HUT Bhayangkara Ke-74 Bersama Unsur Forkopimda

MENTAWAI - Tepat 1 Juli 2020, Kepolisian Negara Republik Indonesia menyambut hari Bhayangkara ke 74. Upacara pun...

Warga Padang Keluhkan Kenaikan Tarif BPJS

Warga Padang Keluhkan Kenaikan Tarif BPJS

PADANG -- Tarif BPJS Mandiri naik dan mulai diberlakukan sejak 1 Juli di seluruh indonesia, warga mengeluh. Kenaikan...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu