minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Daerah

"USBM for Sumbar", 10 Juta Rupiah dari Bandung Untuk Sumatera Barat

Kamis, 29 Oktober 2015 - 22:27:05 WIB - 1564
"USBM for Sumbar", 10 Juta Rupiah dari Bandung Untuk Sumatera Barat

Bnadung, MinangkabauNews -- "Alhamdulillah.. donasinya tembus sepuluh juta", begitu bunyi pesan singkat via aplikasi Whatsapp Massenger yang dikirimkan oleh Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Unit Seni Budaya Minang (USBM) Universitas Telkom Bandung, Muhammad Furqan Akbar kepada Markom Dompet Dhuafa Singgalang, Annisa Aulia.

Bertepatan dengan Hari Peringatan Sumpah Pemuda, atas nama USBM, komunitas mahasiswa rantau Minang ini melakukan kalkulasi donasi yang berhasil mereka himpun semenjak Senin (12/10) hingga finalisasi Rabu (28/10) untuk membantu korban kabut asap untuk kampung halaman, Sumatera Barat.

USBM merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang pelestarian dan pengembangan seni budaya khusus Minangkabau.

Sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa, USBM dibentuk untuk mewadahi mahasiswa dalam mempelajari dan mengembangkan kebudayaan minangkabau, sebagai upaya pelestarian kebudayaan.

Sifat keanggotaan USBM yang menghargai keberagaman suku dan budaya, memudahkan mereka untuk saling bersinergi dengan segenap mahasiswa Universitas Telkom.

Memanfaatkan puncak akhir penggalangan dana di momen Sumpah Pemuda, Ketua Pelaksana, Abdul Musafiq, mahasiswa asal Pariaman, seakan menyuarakan bahwa aksi ini adalah sebuah semangat patriotisme yang ingin ia tanamkan untuk para anggota tim dalam membuktikan kecintaan mereka terhadap kampung halaman, Nagari Ranah Minang yang kini diliputi musibah Kabut Asap.

"Suksesnya kegiatan ini berkat koordinator dari Musafiq, dengan tangan dinginnya berhasil mengumpulkan 60 relawan dan mengerahkan kami untuk semangat dalam penggalangan dana," ungkap Furqan.

Ia mengaku, itu semua berkat totalitas kinerja tiap anggota tim yang turun ke lapangan, dengan satu tekad, membantu korban kabut asap Sumbar. Bahkan, relawan yang berjumlah 60 pasukan ini, juga mengadakan sumbangan wajib tiap personal relawan. Kamis siang (29/10) donasi dengan kalkulasi akhir sebesar Rp10.573.000, mereka salurkan via rekening Mandiri 111.000.500.5000 yang khusus dibuka Dompet Dhuafa Singgalang untuk bencana asap Sumbar.

"Aksi ini dilakukan karena kesedihan yang kami rasakan ketika melihat keadaan kampung halaman yang di penuhi kabut asap. Miris memang, tapi kami tidak kalut akan keadaan. Dan inilah cara kami mengatasi kesedihan kami agar sanak famili dan saudara kami dapat terbantu dengan penggalangan dana "USBM FOR SUMBAR" ini," tutup Furqan menirukan ungkapan Musafiq. (nisa)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: daerah,nasional

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kongres PSSI, Permohonan Semen Padang FC Bertahan di Liga 1 Ditolak

Kongres PSSI, Permohonan Semen Padang FC Bertahan di Liga 1 Ditolak

NASIONAL - Kongres PSSI 2018 menolak permohonan Semen padang FC agar menambah klub peserta Liga 1 2018 menjadi sebanyak...

Oknum Tenaga Honorer Damkar Pariaman Diciduk Polisi

Oknum Tenaga Honorer Damkar Pariaman Diciduk Polisi

PARIAMAN - Menjelang pergantian tahun baru, Satnarkoba (Satuan Narkoba) Polresta Pariaman menangkap seorang oknum...

Kakek 79 Tahun di Agam yang Dilaporkan Hilang Sebulan Lalu Akhirnya Ditemukan

Kakek 79 Tahun di Agam yang Dilaporkan Hilang Sebulan Lalu Akhirnya Ditemukan

MATUR, AGAM - Umar Sidin (79) warga Puncak Lawang yang sempat dilaporkan hilang hampir satu bulan yang lalu akhirnya...

Ingin Miliki Berat Badan Ideal? Coba 7 Kebiasaan Makan Ini

Ingin Miliki Berat Badan Ideal? Coba 7 Kebiasaan Makan Ini

NASIONAL - Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal, fit, dan sehat? Semua orang, termasuk kamu pasti juga...

Askot PSSI Kota Payakumbuh Dikukuhkan, Yusra Maiza: Energi Baru Memajukan Sepakbola

Askot PSSI Kota Payakumbuh Dikukuhkan, Yusra Maiza: Energi Baru Memajukan Sepakbola

PAYAKUMbu - Struktur kepengurusan Asosiasi Kota PSSI Payakumbuh dilantik dan dikukuhkan Sabtu (6/1/2018) di Aula Balai...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media