Saturday, 15 Aug 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Unes Berkoordinasi dengan BPSDM Kemendagri Gelar Bimtek Bagi Empat DPRD di Padang

Jumat, 30 Oktober 2015 - 19:52:36 WIB - 2946
Unes Berkoordinasi dengan BPSDM Kemendagri Gelar Bimtek Bagi Empat DPRD di Padang


Padang, MinangkabauNews -- Upaya mendukung optimalisasi fungsi DPRD Kabupaten/Kota, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ekasakti berkerjasama dengan BPSDM Kemendagri, menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi pimpinan, anggota dan sekretaris empat kab/kota DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Kota Payahkumbuh, Kota Padang Panjang dan Kabupaten Sijunjung di Hotel Pangeran Beach Padang, Jumat, (30/10).

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Ekasakti-AAI Padang Prof. Dr Andi Mustari Pide,SH berharap kegiatan bimtek ini tidak semata-mata menggugurkan hak anggota DPRD untuk mengikuti orientasi dan pendalaman tugas sesuai dengan Pasal 160 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, namun harus ditempatkan dalam konteks peningkatan kapasitas sebagai anggota DPRD.

Menurut Rektor, Dinamika penyelenggaran ketatanegaraan temasuk penyelenggaraan pemerintahan daerah berubah sangat cepat peraturan tidak hanya berubah melalui prosedur legislatif review saja tetapi juga karena keptutusan mahkamah konstitusi. Cepatnya perubahan peraturan perundang-undangan itu menuntut pemahaman serius anggota DPRD terhadap kondisi-kondisi aktual dan terkini terhadap peraturan yang terbarukan, inilah arti penting bimtek bagi pimpinan dan anggota DPRD.

Selain itu, Rektor juga menyampaikan Universitas Ekasakti secara prinsip selalu terbuka melakukan kerjasama dengan banyak lembaga manapun baik dalam maupun luar negeri. Diantara kerjasama itu adalah dengan Universiti Kebangsaan Malaysia melalui International Seminar on Global Education sejak tahun 2013 di Indonesia, 2014 di UKM Malaysia, 2015 kembali di Padang, insya Allah tahun depan di Bangkok Thailand. Dengan Komisi Yudisial bekerjasama untuk pemantauan peradilan dan pembekalan Etika Profesi, dengan Danrem Wirabraja di bidang Kewirausahaan, Bela Negara dan Pertanian, dengan DPRD 15 Kabupaten/Kota dan DPRD Provinsi Sumatera Barat, dengan Perusahaan Perkebunan di Solok Selatan, dengan Bursa Efek Indonesia, dan banyak lagi kerjasama berbagai bidang yang telah dilakukan.

Dr. Otong Rosadi,S.H.,M.Hum, narasumber Bimtek mengatakan yang jadi fokus bimtek kali ini adalah penguatan fungsi pembentukan peraturan daerah yang menjadi arah politik hukum baru dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Menurutnya, kedepan DPRD harus meningkatkan kemampuan penyusunan naskah akademik dan ranperda, optimalisasi fungsi badan pembentukan perda, dan dapat pula mengangkat tenaga ahli atau tim pakar yang membatu DPRD dalam pembentukan Perda dan fungsi lainnya.

Narasumber ini juga mengingatkan penyusunan ranperda harus berkesusaian dengan RPJMD daerah masing-masing, prioritas pembangunan provinsi Sumatera Barat dan tentu saja Nawacita pemerintahan sekarang ini.

Sementara itu, Dr. Suharizal,SH,MH Sekretaris Program Doktor S3 Ilmu Hukum Pascasarjana Unand mengatakan perlu ada penguatan dari tiga fungsi DPRD legislasi, anggaran dan pengawasan. Pertama legislasi terkait perda yang dihasilkan hendaklah inspriratif dan responsif, kedua fungsi anggaran dalam membentuk APBD yang efektif dan efisien maupun fungsi pengawasan dengan menerapkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Lanjutnya, perda perlu diinventarisasi kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan setelah itu perda yang ada dipilah mana yang perlu diganti dan mana yang perlu dibuat perda baru dan mendorong pihak pemerintah untuk lebih konsisten terhadap perda yang dibuat supaya tertib hukum dan demi kepastian hukum.

Tambahnya, DPRD itu bukan SKPD karena tidak memilki bawahan dari kepala SKPD hingga kelurahan maka DPRD perlu mengimbanginya dengan optimalisasi tiga fungsi DPRD dengan senantiasa mengupgrade pengetahuannya terhadap peraturan perundang-undangan. (009)

Editor/Sumber:
Tag: padang-panjang,padang-pariaman,pasaman-barat,sijunjung,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Abdi Yusran Unggul pada Pilwana Nagari Aia Manggih Pasaman

Abdi Yusran Unggul pada Pilwana Nagari Aia Manggih Pasaman

PASAMAN - Calon Walinagari Aia Manggih nomor urut 1 Abdi Yusran berhasil memperoleh suara terbanyak pada Pilwana...

Staf dan Karyawan Bank Nagari Terkena Corona Berjemaah, Ini yang Dilakukan Pemprov Sumbar

Staf dan Karyawan Bank Nagari Terkena Corona Berjemaah, Ini yang Dilakukan Pemprov Sumbar

PADANG -- Kasus karyawan positif corona di beberapa gedung perkantoran khususnya Bank BUMD membuat Pemerintah Provinsi...

Sumbar Tahun Ini Ada 700 Miliar Perputaran Uang Jual Beli Ternak

Sumbar Tahun Ini Ada 700 Miliar Perputaran Uang Jual Beli Ternak

PADANG -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengajak agar earga Sumbar tidak lupa selalu bersyukur pasalnya hingga saat...

Satu-satunya di Sumbar Pakai Travelator, Mesjid Raya Padang Pariaman Selenggarakan Salat Id Perdana

Satu-satunya di Sumbar Pakai Travelator, Mesjid Raya Padang Pariaman Selenggarakan Salat Id Perdana

PADANG PARIAMAN -- Meski bangunan secara keseluruhan baru siap di bawah 50 persen, untuk pertama kali Masjid Raya...

Kesepakatan Normalisasi Israel-UEA Bangkitkan Kemarahan Rakyat Palestina

Kesepakatan Normalisasi Israel-UEA Bangkitkan Kemarahan Rakyat Palestina

INTERNASIONAL - Veteran perunding Palestina menyebut kesepakatan normalisasi Uni Emirat Arab (UAE) dan Israel sebagai...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1