Saturday, 15 Aug 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

10 Finalis Putra-putri Bahari Kota Promosikan Sektor Kabaharian di Gelaran Padang Fiesta

Selasa, 03 November 2015 - 13:05:15 WIB - 2
10 Finalis Putra-putri Bahari Kota Promosikan Sektor Kabaharian di Gelaran Padang Fiesta


Padang, MinangkabauNews -- Sepuluh pasang Grand Finalis Putra-Putri Bahari Kota Padang 2015 tampil memukau di pentas pemilihan jawara yang bakal menjadi duta-duta kelautan dari ibukota Provinsi Sumatera Barat. Malam Grand Final yang digelar di Arena Padang Fiesta, Pelataran Parkir GOR H. Agus Salim Padang, Senin (2/11) ini dibuka Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo.

Walikota Mahyeldi mengapresiasi pemilihan Putra-putri Bahari yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang tersebut. Menurutnya, sebagai daerah yang memiliki potensi kebaharian yang cukup besar sangat diperlukan duta-duta yang mampu mempromosikannya. Sekaligus, memberikan pemahaman kepada masyarakat Kota Padang sendiri tentang pentingnya menjaga dan memanfaatkan kekayaan bahari yang dimiliki.

Menurutnya, Kota Padang memeliki puluhan pulau besar kecil dan juga kekayaan laut yang ada terkandung di dalamnya dan secara keseluruhan belum teroptimalkan secara maksimal, maka itu diharapkan kepada putra putri bahari bisa mempomosikan potensi laut Kota Padang dengan mencerdaskan masyarakat melalui kampanye jaga lingkungan bawah laut dan menguasai peraturan perundang-undangan kelautan terkini.

"Potensi bahari yang kita miliki perlu dijaga dan dipromosikan. Untuk itu perlu ada duta-duta yang telah dibekali dengan pengetahuan tentang potensi kelautan yang kita miliki. Pemilihan putra-putri bahari ini merupakan salah satu upaya guna menghadirkan duta-duta tersebut," ujar Mahyeldi dalam sambutannya.

Ia menambahkan, potensi kelautan di Kota Padang selain dari aspek perikanannya, tapi juga keindahan pantai dan pulau-pulau kecilnya menjadi obyek wisata yang menawan.

"Pengembangan obyek wisata yang berada di kawasan pantai serta pulau-pulau memang tengah menjadi fokus kita untuk pembangunan ke depan," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Yosmeri memuji inisiatif Pemerintah Kota Padang dalam penyelenggaraan pemilihan putra-putri bahari ini. Menurutnya, Pemerintah Kota Padang lebih responsif dalam pengembangan potensi kelautan termasuk dalam hal untuk mempromosikannya melalui duta-duta cerdas yang dipilih malam ini.

"Pemerintah Provinsi baru berinisiatif untuk menggelar acara pemilihan seperti ini, tetapi Kota Padang telah lebih dulu mengadakannya. Bahkan sudah sejak tahun 2013 lalu," kata Yosmeri.

Ia menjanjikan memberi dukungan bagi putra-putri yang terpilih menjadi pemenang nantinya untuk melenggang di tingkat nasional. "Pemerintah provinsi akan memberikan dukungan untuk putra-putri terbaik bila bersaing di tingkat nasional nantinya,"sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang, Zalbadri menjelaskan, kegiatan pemilihan Putra-Putri Bahari ini mendapat respon yang antusias dari generasi muda. Terbukti banyaknya peserta seleksi sejak awal."Ada sekitar seratusan pendaftar yang akhirnya terpilih sepuluh pasang yang masuk grand final," ujarnya.

Zalbadri menambahkan, untuk yang terpilih nantinya akan menjadi pendamping tamu kehormatan di bidang kelautan, menjadi nara sumber dan sebagai utusan-utusan dari Kota Padang di bidang kebaharian. "Mereka akan terus dibekali dengan pengetahuan tentang kebaharian," tukuknya. (der)

Editor/Sumber:
Tag: padang,pemprov,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Inilah Alasan Kenapa Aplikasi TikTok Dilarang di Amerika

Inilah Alasan Kenapa Aplikasi TikTok Dilarang di Amerika

INTERNASIONAL - Presiden Amerika Serikat Donald Trump resmi mengeluarkan perintah eksekutif yang melarang TikTok...

Gelar Sertijab, Inilah Pesan Penting Kapolres Mentawai AKBP Dody Prawiranegara

Gelar Sertijab, Inilah Pesan Penting Kapolres Mentawai AKBP Dody Prawiranegara

MENTAWAI -- Polres Kepulauan Mentawai Gelar Upacara Sertijab, Purnabakti dan pemberian Penyerahan Trophy kepada Polsek...

Pemko Payakumbuh Lakukan Pengurangan Retribusi ke Pedagang, Dahler: Sembilan Bulan

Pemko Payakumbuh Lakukan Pengurangan Retribusi ke Pedagang, Dahler: Sembilan Bulan

PAYAKUMBUH - Sebagai salahsatu kota di Provinsi Sumatra Barat (sumbar), Kota Payakumbuh merupakan kota perlintasan...

Tambah Satu Kasus dari Kasus Impor, Pesisir Selatan Resmi Jadi Zona Kuning

Tambah Satu Kasus dari Kasus Impor, Pesisir Selatan Resmi Jadi Zona Kuning

PESISIR SELATAN -- Pemerintah Provinsi Sumbar mencatat satu tambahan kasus baru pasien positif COVID-19 di Pesisir...

Bakal Perang, Ribuan Aksi Mata-mata oleh Amerika di Natuna Utara Ketahuan Militer China

Bakal Perang, Ribuan Aksi Mata-mata oleh Amerika di Natuna Utara Ketahuan Militer China

INTERNASIONAL - Makin memanasnya hubungan China dan Amerika Serikat (AS) ternyata tak hanya dalam beberapa bulan...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1