Sunday, 15 Sep 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Makan

Wajah Baru Waroeng Incek Sinyo

Kamis, 28 Juli 2011 - 20:12:00 WIB - 1855
Wajah Baru Waroeng Incek Sinyo


Padang, MinangkabauNews -- Bagi penikmat kuliner oriental di Padang, tentunya sudah mengenal Ganti Nan lamo, warung ganti nan lamo hadir sejak tahun 1960 memuaskan masyarakat Kota Padang. Hari ini, Kamis (28/7)peresmian gedung baru milik keluarga sinyo di kawasan kampoeng Pondok, Padang, Sumatera Barat.

“Sekarang warung ganti nan lamo akan semakin memenuhi selera dengan diresmikannya gedung baru tersebut,yang sebelumnya hancur terkena gempa 30 September” kata Vera Fransiska, generasi ketiga keluarga Sinyo usai acara syukuran di gedung baru GNL kawasan Pondok, Padang, Sumatera Barat.

Ratusan warga pondok dan tepi pasang yang didominasi etnis cina, india dan minang melebur dalam kegembiraan hajatan yang digelar keluarga Incek Sinyo generasi ketiga.

Sejak 1960 sudah tiga generasi, eksisitensinya memberikan sajian nikmat bagi pecinta durian di kawasan pondok membuat warung ini semakin dikenal, apalagi telah dibangunnya kembali gedung baru sinyo yang sebelumnya terkena gempa 30 September 2009.

Sensasi Es Durian Sinyo
Belumlah puas rasany kalau belum mencicipi sajian yang bernuansa durian yang terlaetak di Hoscokroaminoto, kawasan Pondok, Padang, Sumatera Barat.

Kota Padang, Sumatera Barat, pun tak lepas dari serbuan durian. Durian pun diolah menjadi aneka makanan. Salah satunya adalah es durian. Di kawasan pecinan Padang, yaitu daerah Pondok, terdapat warung es durian yang sudah sangat terkenal.

Konon, orang yang tidak gemar durian pun akan jatuh cinta dengan es durian buatan warung tersebut. Karena penasaran, saya pun mampir ke warung es durian yang dimaksud. Es Durian Ganti Nan Lamo, begitulah nama warungnya.

Salah satunya adalah foto Incek Sinyo, pendiri dan pembuat resep es durian yang sangat tenar di Kota Padang itu. Ia memulai usahanya pada tahun 1960. Resep itu diwariskan secara turun-temurun. Jangan bayangkan durian utuh dengan batunya lalu dicampur dengan es. Mangkuk bakso akan menjadi wadah es durian. Durian diblender dan diolah menjadi seperti pasta durian. Teksturnya yang lembut terasa licin di lidah. Aroma durian yang kuat dan rasanya yang legit membuat orang yang mencicipinya akan ketagihan.

Ada beberapa menu es durian yang bisa Anda coba. Namun, pertama-tama, cicipi dulu Es Durian Tok atau es durian polos tanpa isian. Durian yang telah diolah menjadi seperti saus dituang di atas es serut lalu disiram dengan susu kental manis rasa cokelat. Cita rasa durian benar-benar menjadi dominan karena tanpa isian lainnya.

Sementara itu, Es Durian Campur sama seperti es durian polos, tetapi diberi tambahan cincau dan mutiara dari sagu. Anda juga bisa mencoba es krim durian. Kalau yang ini durian yang benar-benar diolah menjadi es krim. Namun, juaranya tentu saja es durian polos. Dinginnya es sangat apik berpadu dengan rasa durian yang kuat.

peleburan dua budya yakni budaya minang dan Cina memnuhi selera penikmat kuliner.begitu senangnya dengan kuliner ini, penikmat kuliner baklan ketagihan menikamatinya.

Editor/Sumber:
Tag: makan

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Warga Padang Keluhkan Kenaikan Tarif Baru Ojek Online

Warga Padang Keluhkan Kenaikan Tarif Baru Ojek Online

PADANG -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menetapkan kenaikan tarif baru ojek online (ojol) yang berlaku secara...

Padang Pariaman Raih Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Dari Menteri Hukum dan HAM RI

Padang Pariaman Raih Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Dari Menteri Hukum dan HAM RI

PADANG PARIAMAN - Kabupaten Padang Pariaman meraih penghargaan "Anubhawa Sasana Desa" oleh Menteri Hukum dan...

Peran Pers Antara Penyaji Informasi Dengan Pelayanan Publik

Peran Pers Antara Penyaji Informasi Dengan Pelayanan Publik

Oleh: Rio Irawan Pers sebagai penyaji informasi melalui media massa sesuai dengan fungsi dan tugas pokok UU No.40...

Ceramah Ustadz Abdul Somad Soal Hukum Nonton Film Korea, Begini Reaksi Fans K-Pop

Ceramah Ustadz Abdul Somad Soal Hukum Nonton Film Korea, Begini Reaksi Fans K-Pop

NASIONAL - Demam K-Pop tengah mewabah di Indonesia. Apapun yang berhubungan dengan K-Pop, mulai dari drama Korea, film...

Pembangunan 50 Unit Rumah Program DPKP Mentawai di Dusun Pukarayat Sudah 40 Persen

Pembangunan 50 Unit Rumah Program DPKP Mentawai di Dusun Pukarayat Sudah 40 Persen

MENTAWAI - Sebanyak 50 unit pembangunan Rumah yang terletak di pemukiman baru di Dusun Pukarayat Desa Tuapejat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media