Tuesday, 14 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Politik

Marzuki Siap Mundur sebagai Ketua DPR

Selasa, 02 Agustus 2011 - 19:29:57 WIB - 1237
Marzuki Siap Mundur sebagai Ketua DPR


Padang, MinangkabauNews -- Ketua DPR-RI Marzuki Alie mengungkapkan siap turun kapan pun dari posisinya sebagai Ketua DPR-RI, jika pernyataannya terkait pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maupun pemaafan bagi koruptor dianggap melanggar etika. Ia juga mempersilakan jika dirinya dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK) DPR.

"Saya siap untuk turun kapan pun. Kita hidup tidak usah takut. Kalau hidup kita biasa naik, biasa turun, itu biasa saja. Yang jelas, saya tidak basa-basi, tidak takut dan siap mempertanggungjawabkan pernyataan itu," kata Marzuki Alie, Senin (1/8) kemarin.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini meminta semua pihak untuk bisa memahami tentang pernyataannya, bahwa wacana yang disampaikan itu untuk kepentingan bangsa dan negara, bukan kepentingan kelompok tertentu maupun kepentingan partainya. Pembubaran KPK, menurutnya, sebagai sebuah wacana, namun melalui suatu syarat yaitu jika terbukti tidak ada orang yang kredibel memimpin KPK.

Gagasannya tersebut, menurut Marzuki, seharusnya dihormati. "Ini gagasan. Marzuki Alie tidak punya kewenangan untuk membubarkan KPK, Marzuki Alie tidak bisa memaafkan koruptor. Ada klausul andaikata tidak kredibel. Jadi judul berita di media itu sangat menyesatkan. Saya ini punya komitmen besar dalam pemberantasan korupsi. Kalau tidak, silakan tanyakan pada Ketua KPK Busyro Muqoddas," tegasnya.

Ia menegaskan kontroversi pernyataannya tidak akan pernah membuatnya takut melempar ide kontroversial. Bahkan, ia siap terus diprotes pihak yang berbeda pandangan dengannya sampai pemilu 2014. "Kalau rakyat biasa yang bicara secemerlang apa pun gagasan itu tidak banyak yang merespons. Tetapi, karena saya sebagai pimpinan DPR maka langsung diadili," kata Marzuki.

Seharusnya, perbedaan pendapat yang ada bisa dijadikan sebuah bahan untuk didiskusikan, bukan malah diadili. Karena itu, ia khawatir kalau pejabat berbeda pendapat lalu diadili, maka ke depan pejabat tidak akan berani menyampaikan ide selain hal normal sesuai dengan aturan. ''Itulah yang saya prihatin, para penggagas demokrasi manakala kita berbeda pendapat diadili, dihukum, bukan diajak diskusi,'' ujarnya.

Sementara mengenai pemaafan bagi koruptor, diakui Marzuki, kalau ide tersebut melanggar hukum. Namun sebagai ide, lagi-lagi Marzuki meminta tidak langsung dihakimi. Pasalnya, banyak aset dari korupsi yang perlu di-recovery. Ada dari BLBI sampai Century, apa ada uang kita kembali? Apa ada solusi supaya tidak seperti itu terus? Itu memang usulan melanggar hukum, tetapi perlu dipikirkan. "Karena intinya uang itu kembali dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat," kata Marzuki.

Kepada pengritiknya, Marzuki meminta jangan hanya bisa mengkritik, tetapi tidak mau memberi solusi dalam menuntaskan masalah korupsi.

Menolak Mosi

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menolak rencana mosi tidak percaya yang akan diajukan sejumlah anggota DPR. "Tidak perlu langkah itu, itu terlalu jauh. Pak Marzuki punya hak untuk menyampaikan pandangan apa pun. Meskipun saya tidak setuju, saya menghormati pendapat itu," kata Priyo.

Marzuki, menurut Penasihat Fraksi Partai Golkar ini, memiliki hak berbicara sama seperti warga negara lainnya. Sebagai tokoh nasional dan petinggi PD boleh saja Pak Marzuki berpendapat. Yang tidak boleh yaitu mengatasnamakan DPR.

Wacana mosi tidak percaya atas kepemimpinan Marzuki Alie sebagai Ketua DPR disuarakan anggota DPR dari Fraksi Partai Hanura Syarifuddin Suding yang mengaku kecewa dengan usulan pembubaran KPK. Dia juga mendesak Partai Demokrat mengganti Marzuki dengan kader yang lain. ''Saya kira terbuka ruang untuk mosi tidak percaya dan saya akan menggalang mosi tidak percaya,'' kata Wakil Ketua Fraksi Partai Hanura DPR ini.

Editor/Sumber:
Tag: politik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

UPDATE Covid-19 3 Juli di Sumbar: Kasus Positif Tambah 10, Hampir Seluruhnya Warga Padang

UPDATE Covid-19 3 Juli di Sumbar: Kasus Positif Tambah 10, Hampir Seluruhnya Warga Padang

PADANG -- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar hari ini (3/7) mengumumkan adanya penambahan...

Mesir Borong Raja Perang Darat T-90MS Rusia, Israel Meradang

Mesir Borong Raja Perang Darat T-90MS Rusia, Israel Meradang

INTERNASIONAL - Mesir memborong ratusan tank tempur andalan milik Rusia, dalam catatan perjanjiannya disebutkan tank...

Jelang Sekolah Tatap Muka di Sawahlunto, Guru-Guru SMA dan SMP Lakukan Swab Test Massal

Jelang Sekolah Tatap Muka di Sawahlunto, Guru-Guru SMA dan SMP Lakukan Swab Test Massal

SAWAHLUNTO -- Jelang sekolah tatap muka, Sekda Kota Sawahlunto dr. Ambun Kadri mengatakan Pemko Sawahlunto akan lakukan...

Gara-gara Ini Bupati Kutai Timur Ismunandar Diciduk KPK

Gara-gara Ini Bupati Kutai Timur Ismunandar Diciduk KPK

JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur Ismunandar melalui...

Gempa M 4,6 Guncang Mentawai Sore Ini

Gempa M 4,6 Guncang Mentawai Sore Ini

MENTAWAI -- Gempa bumi bermagnitudo 4,6 menggetarkan Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Minggu sore,...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu