Monday, 16 Dec 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Aliansi Masyarakat Padang Gelar Demo di Kantor Baznas dan DPRD Padang

Jumat, 04 Desember 2015 - 14:05:12 WIB - 1892
Aliansi Masyarakat Padang Gelar Demo di Kantor Baznas dan DPRD Padang


Padang, MinangkabauNews -- Setelah molor dua jam dari yang direncanakan demo Aliansi Masyarakat Padang di Kantor
Baznas jalan Bypass Kilometer 12 Sei Sapih Padang, Jumat (4/12) pukul 09.00wib, akhirnya para pendemo berasal dari Padang Barat, Pauh dan Lubeg itu datang pukul 11.00wib dengan menggunakan bus dan mobil pick up.

Pantauan MinangkabauNews suasana demo tampak kondusif dengan pengawalan ketat dari puluhan polisi Polsek Kuranji yang telah berjaga sejak tadi pagi. Akibatnya kemacetan sepanjang dua kilometer tak terelakan di depan kantor Baznas hingga kantor Balaikota Padang.

Setelah lima belas menit berorasi, tiga orang perwakilan pendemo yaitu Anif Bakri, Nasir Koto dan Yurnalis diterima Wakil Ketua Bidang IV Siril Firdaus dan beberapa orang staf Baznas Padang.

Suasana sempat memanas ketika Anif Bakri selaku korlap pendemo mempertanyakan kenapa sembako yang dibagikan untuk masyarakat miskin itu tidak sampai pada dirinya dan warga miskin lainnya dan ia menangkap pembagian sembako hanya untuk kelompok tertentu. Sehubungan dengan hal itu, masyarakat kota Padang yg tergabung dalam forum itu meminta kepala baznas kota padang untuk membagikan paket sembako secara merata.

Syahbana salah seorang pendemo mengatakan kami ingin beras untuk masyarakat miskin itu, pembagian sembako terkesan hanya kelompok tertentu saja, ketika ditanyakan wartawan kelompok tertentu, dia enggan menyampaikan siapa kelompok tertentu itu.

Dia mengancam akan menyampaikan ini kepada anggota DPRD Padang dan segera menyegel gudang penyimpanan sembako Baznas Padang.

Hal serupa disuarakan oleh Syarkawi dari Aliansi mahasiswa, menurutnya, zakat yang dikumpulkan oleh Baznas seharusnya dibagikan secara merata dan tepat sasaran. Jangan sampai timbul kecurigaan di tengah-tengah masyarakat dikarenakan kinerja Baznas yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Karena masyarakat miskin Kota Padang banyak, bukan hanya petugas kebersihan saja yang bisa dikatakan sebagai penerima zakat (mustahik).

"Jangan salahkan jika warga menuntut keadilan. Masyarakat merasa terzolimi dengan pembagian bantuan yang terkesan tebang pilih. Bahkan, kami melihat ada indikasi politik dalam program Baznas kali ini. Untuk itu, kami berharap Baznas agar lebih mengedepankan transparansi," jelasnya.

Siril Firdaus menegaskankan seluruh penditribusian zakat itu sudah sesuai dengan aturan, tidak ada yang diselewengkan dan tidak ada kelompok tertentu yang menerima zakat itu, kebetulan momentum pembagian zakat bertepatan dengan HUT Kopri makanya Baznas memberikan sembako kepada 625 petugas kebersihan Kota Padang

"Baznas bekerja sama dengan korpri Kota Padang dalam menentukan atau meminta data mengenai siapa saja yang berhak menerima bantuan sembako tersebut," katanya.

Adapun yang menerima sembako adalah sebanyak 625 orang yang terdiri atas 370 petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), 232 dari Dinas Pasar yang berada di bagian K3, serta ada 23 orang petugas kebersihan di lingkungan Balaikota Padang.

Tidak puas berdemo di Baznas Padang, pendemo melanjutkan demo ke kantor DPRD, ibarat gayung bersambut mereka diterima ketua komisi IV, zulhardi Latif, Faisal nasir, Esa Mahesa, Elly Thrisyanti dan Rose.

Zulhardi Latif berjanji akan mengaudit segera Baznas dan siang ini mereka langsung mengadakan sidak ke Baznas Padang jalan Bypass Kilometer 12 Sei Sapih Padang (009)

Loading...
Editor/Sumber:
Tag: padang,pilkada,politik,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Solok Selatan Dihantam Banjir Bandang, Satu Balita Meninggal Dunia dan 1000 Rumah Terendam

Solok Selatan Dihantam Banjir Bandang, Satu Balita Meninggal Dunia dan 1000 Rumah Terendam

SOLOK SELATAN -- Banjir bandang kembali menerjang Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Kamis (12/12/2019) malam....

Satres Narkoba Polres Tanah Datar Kembali Ciduk Pelaku Diduga Pengedar Sabu

Satres Narkoba Polres Tanah Datar Kembali Ciduk Pelaku Diduga Pengedar Sabu

TANAH DATAR -- Sat Resnarkoba Polres Tanah Datar kembali ciduk seorang pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I jenis...

PDAM Rugi Tiap Bulan, DPRD Pasaman Minta Pelayanan dan Penagihan Ditingkatkan

PDAM Rugi Tiap Bulan, DPRD Pasaman Minta Pelayanan dan Penagihan Ditingkatkan

LUBUK SIKAPING - Komisi II DPRD Pasaman meminta manajemen Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Pasaman agar meningkatkan...

Pasca Tanah Longsor Air Putih, Lalu Lintas Sumbar Riau Kembali Normal

Pasca Tanah Longsor Air Putih, Lalu Lintas Sumbar Riau Kembali Normal

LIMA PULUH KOTA - Arus lalu lintas Sumbar Riau kembali normal dan dapat dilewati seperti biasa pasca tanah longsor...

Banjir Bandang di Solsel, Tim Kesehatan Gunakan Perahu Salurkan Bantuan Ke Daerah Terisolasi

Banjir Bandang di Solsel, Tim Kesehatan Gunakan Perahu Salurkan Bantuan Ke Daerah Terisolasi

SOLOK SELATAN -- Dinilai telah kondusif, tim kesehatan yang terdiri dari Dokter, Tenaga Medis dan Camat Sangir Batang...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media