Sunday, 18 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Optimalkan Pengawasan Pilkada Serentak, Panwas Padang Pariaman Gandeng PWI

Senin, 07 Desember 2015 - 11:16:13 WIB - 1150
Optimalkan Pengawasan Pilkada Serentak, Panwas Padang Pariaman Gandeng PWI


Padang Pariaman, MinangkabauNews -- Persatuan Wartawan Indonesia dan Panwaslu Padang Pariaman sepakat melakukan pengawasan pada pemilihan calon bupati dan wakil bupati Padang Pariaman dan pilgub gubernur dan wakil gubernur Sumbar yang akan berlangsung 9 Desember.

Selain PWI, pada kesempatan ini dengan sejumlah organisasi kepemudaan yang bernaung di bawah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), penyuluh agama yang bernaung di bawah Majelis Ulama Indonesia (MUI), para ninik mamak yang bernaung di bawah Lembaga Kerapata Adat Alam Minangkabau (LKAAM) serta dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah perguruan tinggi. juga mendapat tawaran yang sama dari Panwaslu.

Ketua Panwaslih Syaiful Al Islami mengatakan, kerja sama ini dilakukan dalam rangka menciptakan pemilu bersih. Kedua organisasi yang diajak kerja sama itu diharapkan dapat membantu dalam melakukan pengawasan.

"Harapannya, jika ada pelanggaran di lapangan bisa langsung dilaporkan ke kami, sehingga bisa langsung ditindak," ujar Syaiful ketika sosialisasi pada Jumat (4/12) lalu di sebuah hotel di Pariaman..

Ketua PWI Padang Pariaman, Ikhlas Bakri mengatakan agar seluruh anggota PWI Padang bisa benar-benar dapat melakukan pengawasan terhadap jalannya pesta demokrasi yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

"Tanpa adanya panwaslupun media akan selalu mengontrol dan mengawal penyelenggaraan pemilu," kata Ikhlas.

Ketua PWI Padang Pariaman Ikhlas Bakri menegaskan bahwa fungsi dan peran pers sebagai alat kontrol dan sebagai pemberi informasi kepada masyarakat luas serta keindependenan dengan tidak memihak kemanapun sudah digariskan dalan Undang-undang Pokok Pers 40 tahun 1999, terasuk dalam penyelenggaraan Pilkada.

Bupati Padang Pariaman yang diwakili Kepala Kesbangpol Yusmanda berharap kerjasama dan dukungan semua pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada, termasuk pasangan calon serta masyarakat demi terujudnya Pilkada badunsanak di Padang Pariaman tanpa ada persoalan sedikitpun.

"Dalam prosesi pelaksanaan Pilkada sejak tahapan pertama sampai pelantikan nanti harapan kami dan kita semua, semoga tidak ada kaca yang pecah, asap yang mengepul apalagi sampai darah yang menetes," katanya berumpama.

Khusus bagi aparatur sipil negara (ASN) yang dulunya bernama pegawai negeri sipil diingatkan Yusmanda agar jangan terlibat dukungan terhadap pasangan calon tertentu. "Jika masih ada yang nekad, berarti yang bersangkutan mencari mati," tegasnya.

Megantisipasi gesekan dan agar tidak terjadinya persoalan yang mengganggu keamanan, Kapolres Kota Pariaman yang diwakili Kasat Reskrim Hidup Mulia dan Kapolres Padang Pariaman yang diwakili Kasat Intel Ridwan menyatakan kesiapannya untuk itu. Ratusan personel yang terdiri dari aparat kepolisian, TNI dan Satpol Pamong Praja sudah disiagakan.

Turut menyampaikan materi pada kesempatan itu Ketua KPU Vifner yang menyebutkan bahwa target partisipasi pemilih sebesar 80 persen nanti bisa diujudkan jika semua pihak saling dukung. Khusus logistik, pelaksanaannya sudah mendekati sempurna. (009)

Editor/Sumber:
Tag: padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

500 Napi di Sumbar Dapat Remisi Hari Kemerdekaan RI

500 Napi di Sumbar Dapat Remisi Hari Kemerdekaan RI

...

Pembangunan Jembatan Mapaddegat - Home Stay Mentawai Akan Segera Dimulai

Pembangunan Jembatan Mapaddegat - Home Stay Mentawai Akan Segera Dimulai

MENTAWAI - Pembangunan jembatan Mapaddegat - Home Stay yang terkontrak, 7 Mei hingga 17 Desember 2019 pengerjaannya...

Bangunan Pustu di Dusun Pukarayat Desa Tuapejat Mentawai Rusak Parah

Bangunan Pustu di Dusun Pukarayat Desa Tuapejat Mentawai Rusak Parah

MENTAWAI - Bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Dusun Pukarayat Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara yang terletak...

Hari Raya Idul Adha Dua Ribu Umat Islam Salat Ied di Lapangan Khatib Sulaiman

Hari Raya Idul Adha Dua Ribu Umat Islam Salat Ied di Lapangan Khatib Sulaiman

...

Akibat Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah di Solsel Terancam Gagal Panen

Akibat Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah di Solsel Terancam Gagal Panen

PADANG ARO -- Lebih kurang 100 hektare sawah masyarakat di Padang tangah, Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media