Sunday, 18 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Kahmi dan PWI Gelar Diskusi Evaluasi Kesiapan KPU

Senin, 07 Desember 2015 - 11:22:49 WIB - 934
Kahmi dan PWI Gelar Diskusi Evaluasi Kesiapan KPU


Padang Pariaman, MinangkabauNews -- Tak ingin hanya menjadi penonton dalam arena Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Padang Pariaman, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) menggandeng PWI menggelar hajatan Evaluasi Kesiapan KPU dan Masyarakat menghadapi Pilkada serentak 9 Desember mendatang dalam sebuah paket fokus grup diskusi (FGD) di ruang pertemuan rumah akan Pauh Pariaman Jumat (4/12) malam.

FGD yang dihadiri puluhan wartawan, personel Kahmi dan HMI serta personel badan eksekutif mahasiswa (BEM) sejumlah perguruan tinggi ini dimoderatori oleh Rahmat Tuangku Sulaiman, mantan anggota KPU Padang Pariaman yang juga Ketua Harian Presidium Majelis Daerah Kahmi.

Ketua KPU Vifner menyampaikan, apa yang menjadi tugas dan kewenangan lembaga yang dipimpinya sudah berupaya maksimal dan berjalan di atas rel yang sudah digariskan sebagaimana diatur dalam UU nomor 8 tahun 2915 yang merupakan perubahan atas UU No 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota.

Diawali dengan pemilih yang tertera dalam daftar pemilih tetap (DPT), kemudian dilanjutkan ke daftar pemilih tambahan (DPTB), dengan jumlah sedikit membuat KPU Padang Pariaman dinyatakan sebagai pelaksana prosesi daftar pemilih terbaik di Sumbar.

Selanjutnya dalam hal pembiayaan yang totalnya 17 milyar rupiah, jika dibanding dengan sejumlah daerah lain dengan jumlah penduduk dan luas daerah tidak begitu jauh berbeda tapi di sana jumlahnya jauh lebih besar. "Ini membuktikan keefisiensian KPU Padang Pariaman," jelasnya. Sementara persoalan logistik sudah hampir rampung dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Sukri Umar, mantan anggota panitia seleksi anggota KPU Padag Pariaman yang berasal dari unsur media dalam diskusi tersebut menilai, banyak terobosan dan aturan baru dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini, yang sudah dipastikan tidak akan menguntungkan semua pihak. Di antara pihak yang tidak beruntung adalah awak media.

Jika pada Pemilu sebelumnya, peserta pemilu dibolehkan memasang iklan dan pariwara pencitraan, kni dengan aturan baru hal tersebut diakomodir oleh KPU tapi dengan dana yang terbatas. Persoalan politik uang dalam Pemilu juga menjadi bahasan dalam diskusi tersebut. Karena pembuktian secara lansung sulit didapat, persoala sengketa ini selalu berakhir tanpa keputusan di persidangan.

Di antara sejumlah persoalan tersebut, peserta diskusi merekomendasikan sejumlah hal. Pembatasan pemasangan iklan dan pariwara oleh peserta pemilu yang terhalang aturan, jika memungkinkan akan dilakukan gugatan kepada pihak terkait.

Persoalan politik uang yang sulit dibuktikan secara faktual, peserta FGD menyimpulkan untuk meminimalisir terjadinya, yang palig pas menyosialisasikan adalah penyuluh agama, seperti ustad dan tuangku yang memberikan tausyian di mesjid-mesjid serta mushala, termasuk soal mecapai target 80 persen kehadiran pemilih di TPS.

"Islam mewajibkan masyarakat memilih pemimpin. Pemimpin adalah lapisan ketiga yang harus diikuti, setelah Allah dan Rasul sebagaimana yang ditegaskan Allah dalam surat Al Anfal," kata Ikhlas, peserta diskusi. Di samping itu, dari riwayat yang ia terima, tuangku merupakan orang pertama nanti yang masuk sorga.

"Tapi karena dalam forum ini ada tiga orang tuangku, saya tidak tau tuangku mana yang akan masuk sorga duluan," kata Ikhlas yang disambut tawa peserta. Mereka adalah Rahmat Tuangku Sulaiman, Amirudin Tuangku Majolelo sekretaris MUI dan Damanhuri Tuangku Mudo sekretaris PWI. (ikhlas)

Editor/Sumber:
Tag: padang-pariaman

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

FAM P2B Tolak Agus Harpen Bulyandi Sebagai Ketua DPRD Kota Pariaman

FAM P2B Tolak Agus Harpen Bulyandi Sebagai Ketua DPRD Kota Pariaman

PARIAMAN - Peserta aksi damai dari FAM P2B sampaikan asprasi ke kantor DPC Gerindara Pariaman kelurahan Jawi-Jawi II...

Tak Mampu Penuhi Target, Ketua DPC Hanura Limapuluh Kota Pilih Mundur

Tak Mampu Penuhi Target, Ketua DPC Hanura Limapuluh Kota Pilih Mundur

LIMAPULUH KOTA - Tak mampu memenuhi target perolehan suara dan jumlah kursi di DPRD pada pemilu 17 April 2019 lalu,...

Polres Mentawai Ciduk Pelaku Pencurian, Pelaku Sempat Anianya Korban

Polres Mentawai Ciduk Pelaku Pencurian, Pelaku Sempat Anianya Korban

MENTAWAI - Polisi Resort (Polres) Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui jajaran Satreskrim akhirnya berhasil meringkus...

Aisyiyah Terpilih Jadi Utusan Padang Panjang Lomba Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Nasional

Aisyiyah Terpilih Jadi Utusan Padang Panjang Lomba Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Nasional

PADANG PANJANG -- Panti asuhan Pimpinan Daerah Aisyiyah Padang Panjang terpilih mewakili Kota Padang Panjang di lomba...

Pasukan Inti Pengibar Bendera di Tanggerang Selatan Meninggal Dunia, Inilah Catatan Penting KPAI

Pasukan Inti Pengibar Bendera di Tanggerang Selatan Meninggal Dunia, Inilah Catatan Penting KPAI

JAKARTA -- Komisioner KPAI Jasra Putra takziyah menyambangi rumah duka almarhumah Aurellia Quratu Aini di Taman Royal...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media