Monday, 16 Dec 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

LBH Padang Serukan Warga Sumbar tidak Terjebak Hasutan Kata Provinsi Dajjal

Senin, 07 Desember 2015 - 15:45:06 WIB - 2142
LBH Padang Serukan Warga Sumbar tidak Terjebak Hasutan Kata Provinsi Dajjal


Padang - Era Purnama Sari, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumbar tidak terjebak dengan hasutan kata "dajjal" yang diucapkan pengusaha minyak Riza Chalid.

Menurut Era, ucapan Riza Chalid tersebut secara tidak langsung mengindikasikan masifnya perampasan lahan di Sumbar.

"Mereka (korporasi) sudah memetakan dengan jelas mana saja daerah yang bisa dieksploitasi dan daerah mana yang susah dieksploitasi. Wajar mereka bilang seperti itu. Sebab belum ada regulasi yang jelas soal tanah ulayat di Sumbar, ini menyulitkan mereka masuk," ujar Era Purnama Sari di Padang, Senin (7/12/2015).

Menurut dia, kalaupun ada regulasi dari pemerintah pusat, tetap saja peraturan daerah (perda) dan peraturan gubernur (pergub) dinilai belum mampu mengakomodasi sengketa lahan yang meningkat dari tahun ke tahun. Dari data yang dimiliki LBH Padang, perampasan lahan bukan saja dilakukan oleh korporasi. Aktor yang juga sering muncul adalah pemerintah.

"Sudah saatnya kita rapatkan dan kuatkan barisan, bahu membahu melindungi tanah ulayat dari usaha-usaha yang hanya menguntungkan segelintir orang," lanjut Era.

Dilansir dari liputa6, Terkait kata "dajjal" yang diucapkan pengusaha minyak, dia mengatakan, "Itu warning dan peringatan untuk kita, agar lebih memperkuat diri dari upaya-upaya eksploitasi alam."

Pada rekaman pembicaraan antara M Riza Chalid dengan Ketua DPR Setya Novanto dan bos Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, pengusaha minyak itu menyebut Sumbar sebagai provinsi dajjal.

Kata-kata itu disampaikan Riza Chalid saat berbicara dengan Maroef. Saat itu, Maroef mengungkapkan masalah lahan di Papua yang kemudian disamakan seperti di Padang oleh Riza Chalid. Persoalan yang mereka maksud terkait susahnya merampas lahan dan mengeksploitasi sumber daya alam di kedua provinsi tersebut.

Pernyataan itu kontan membuat Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia (IPPMI) yang berada di Jakarta berang. Mereka menyebar rilis tertulis dan bereaksi mengutuk ucapan Riza Chalid itu.

"Dalam rekaman percakapan antara Setya Novanto, Riza Chalid, dan Maroef Sjamsoeddin, Riza telah menghina Sumatera Barat dengan menyebut kata "provinsi dajjal"," tulis Ketua IPPMI Muhammad Rafik dalam rilisnya ke berbagai media massa.

Dengan mengatasnamakan perwakilan masyarakat Minang, IPPMI menuding Riza telah melukai perasaan orang Minang dengan kata dajjal. IPPMI mendesak Riza meminta maaf dan mencabut perkataannya. Jika tidak direspon selama 4x24 jam, mereka akan menempuh jalur hukum.

"Jika tak ada tindak lanjut, Kamis (10 Desember 2015) atau Jumat (11 Desember 2015), kami akan lapor ke Mabes Polri," tulis Rafik, ketua ormas yang mendukung investasi besar-besaran di Kota Padang pada 2013. (lp6)

Loading...
Editor/Sumber:
Tag: hukum,indonesia,kriminal,nasional,padang,politik,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Tangani Kebakaran Hutan, Polsek Mandau Gelar Rakor Penanggulangan Karhutla

Tangani Kebakaran Hutan, Polsek Mandau Gelar Rakor Penanggulangan Karhutla

BENGKALIS - Bertempat di Aula Polsek Mandau, Senin (9/12) sekira pukul 10.15 WIB hingga selesai, Polsek Mandau menaja...

Pertama di Kota Pariaman, PABBSI Adakan Kejuraan Body Contest

Pertama di Kota Pariaman, PABBSI Adakan Kejuraan Body Contest

PARIAMAN - Untuk pertama kalinya Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) Kota Pariaman mengadakan...

Hilang Kendali, Terpental, Diseruduk Kijang, Pengendara Beat Tewas di Tempat

Hilang Kendali, Terpental, Diseruduk Kijang, Pengendara Beat Tewas di Tempat

SOLOK -- Jalur jalan Solok via Singkarak kembali makan korban, tepatnya di Km. 6 Jorong Koto Tuo Nagari Tanjung...

Polres Pasaman Amankan 72 Paket Ganja Kering

Polres Pasaman Amankan 72 Paket Ganja Kering

PASAMAN - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat berhasil mengamankan 72 paket besar ganja...

Inilah Harapan Yandri Susanto Terkait Suksesi Pimpinan PWPM Sumbar 2018-2022

Inilah Harapan Yandri Susanto Terkait Suksesi Pimpinan PWPM Sumbar 2018-2022

JAKARTA -- Menyikapi Musywil XVI PWPM Sumbar ke-16 di Kabupaten Pesisir Selatan, pada tanggal 19-22 Desember 2019,...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media