Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Kunker Komisi IV DPRD Padang Pariaman, "Ternyata Pantai Padang Pariaman Tak Kalah Elok dengan Losari

Selasa, 15 Desember 2015 - 23:18:19 WIB - 2063
Kunker Komisi IV DPRD Padang Pariaman, "Ternyata Pantai Padang Pariaman Tak Kalah Elok dengan Losari


Makasar -- Memasuki hari kedua, Kunjungan Kerja (Kunker) anggota DPRD Padang Pariaman Selasa (15/12) menyaksikan lansung keindahan Pantai Losari yang berada hanya dalam hitugan beberapa puluh meter saja dari tempat menginap.

Makassar lebih beruntung memiliki pantai yang disertai teluk. Sehingga pada kawasan pantai tidak ada lagi hempasan ombak. Dengan kondisi air yang tenang, pengunjung lebih santai menikmati bermain di laut dengan beragam pilihan.
Bangunan-bangunan bertingkat di sepanjang pantai juga menambah keindahan negeri Anging Mamiri (angin yang behembos perlahan) ini. Bangunan hotel, apartemen, perkantoran swasta dan yang lainnya. Dari kejauhan tampak terminal peti kemas yang merupakan tempat bongkar muat berbagai barang dari dan ke kawasan Indonesia Timur.

Selain itu, adalagi mesjid yang tak kalah bagusnya berdiri kokoh di atas laut, di mana pondasinya ditancapkan ke dasar laut. Pesona keindahan alam pantai Gandoriah di Padang Pariaman pantai Losari.

Kawasan Wisata Alam Bantimurung

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke kawasan wisata alam Bantimurung yang terletak di Kabupaten Maros, tetangga Kota Makassar. Tepatnya ke Desa Bantimurung, Kecamatan Bantimurung. Ke Bantimurung ditempuh dalam perjalanan sekitar 60 menit.

Rombongan anggota dewan disambut beberapa remaja yang menawarkan jasa pemotretan dan penjual aksesoris khas setempat berupa gantungan kunci dan hiasan terbuat dari kupu-kupu yang telah diawetkan.

Dua orang remaja yang setia mendampingi rombongan, Adi dan Ibrahim menjelaskan, Bantimurung berarti air yang bergemuruh. Maklum, kawasan wisata ini adalah kawasan wisata air terjun yang berkombinasi dengan goa dan pemandian di telaga, serta kawasan kupu-kupu dengan populasi yang tinggi.

Kupu-kupu di sini karena populasinya tinggi, yang sudah mati kemudian diawetkan dan dijadikan souvenir khas di sana. "Populasinya yang tertinggi biasanya terjadi setiap bulan Mei," kata Adi menjelaskan. Oleh karena itu, Pemkab Maros pun membangun tugu kupu-kupu dalam kawasan ini.

Dalam kawasan beberapa hektar ini terdapat dua telaga untuk tempat pemandian. Telaga Jamalak dan Bidadari. Mitos penduduk setempat menyebutkan, bila anak-anak yang mandi di telaga ini diyakini dapat mencegah kenakalan. Bila orag dewasa yang mandi, diyakini akan awet muda.

Dua goa, Goa Mimpi dan Goa Batu melengkapi kawasan wisata alam ini. Dinamai goa mimpi karena dulunya ditemukan lewat mimpi seorang penduduk di sana dengan panjang sekitar 800m. Goa Batu, karena memang terdapat dalam kawasan batu-batu cadas yang keras dan kuat, panjangnya sekitar 100m.

Wisata ini juga dilengkapi dengan permainan flying fox, terbang dari arah bukit ke tanah dengan berpegangan kepada tali sling. Setelah gerbang masuk, sebelum menuju kawasan wisata alam, terdapat pula wisata buatan waterboom berupa permainan air dan pemandian.

Diakui Adi dan Ibrahim, dengan adanya kawasan wisata ini sangat membantu perekonomian masyarakat setempat lewat berbagai jenis usaha. Jasa penyewaan payung bila hujan, penewaan tikar, pengrajin kupu-kupu hingga jasa pemotretan.

Tiga presiden terakhir Indonesia, Joko Widodo, Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati, kata Adi pernah mengunjungi tempat ini.

Rombongan Komisi IV DPRD Padang Pariaman diikuti Jon Hendri (Ketua), Jempol (Wakil Ketua), Dwi Warman (Sekretaris), M Defriadi Dt Rky Basa, Bastian Desa Putra, Alfa Edison, Basir, Hasan Basri, Dasril Yani Pasha (Anggota). Suarni Murad (Sekwan), Akhirudin (Staf Ahli/SKPD Pendamping), Syaiful Bahri (Dinkes, SKPD Pendamping), Wahirman, Jhon Driman, Henni (Setwan/Pendamping). (Ikhlas)

Editor/Sumber:
Tag: padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Kesal, Warga Blokir Jalan Limau Sundai-Pelangai Gadang Pessel

Kesal, Warga Blokir Jalan Limau Sundai-Pelangai Gadang Pessel

PESISIR SELATAN --Warga Limau Sundai, Kenagarian Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan...

Operasi Zebra Singgalang, Kapolres Agam: Jumlah Tilang Meningkat Dari Tahun Lalu

Operasi Zebra Singgalang, Kapolres Agam: Jumlah Tilang Meningkat Dari Tahun Lalu

AGAM - Jumlah tilang meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya di wilayah hukum Polres Agam dalam rangka Operasi Zebra...

Pemko Payakumbuh Canangkan Zona Integritas, Teguhkan Komitmen Anti Korupsi dan Bersih Melayani

Pemko Payakumbuh Canangkan Zona Integritas, Teguhkan Komitmen Anti Korupsi dan Bersih Melayani

LIPUTAN KHUSUS PEMKO PAYAKUMBUH -- Pemerintah Kota Payakumbuh mulai meneguhkan niat melakukan penolakan terhadap...

Reinier, ST, MM, Pimpin OL Pers Solok Kota Ke Dewan Pers

Reinier, ST, MM, Pimpin OL Pers Solok Kota Ke Dewan Pers

JAKARTA -- Reinier, ST, MM, Wakil Walikota Solok, Selasa (05/11/2019), didaulat untuk memimpin rombongan Observasi...

Bupati Pasaman Lepas 9 Atlet Korpri Pasaman Mengikuti PORNAS Korpri Ke-XV di Bangka Belitung

Bupati Pasaman Lepas 9 Atlet Korpri Pasaman Mengikuti PORNAS Korpri Ke-XV di Bangka Belitung

PASAMAN - Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis melepas kontingen atlet Korpri Kabupaten Pasaman untuk mengikuti Pekan Olah...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media