Monday, 14 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Politik

20 Kontroversi Marzuki Alie versi LIMA

Minggu, 07 Agustus 2011 - 18:52:41 WIB - 394
20 Kontroversi Marzuki Alie versi LIMA


Jakarta (Bali Post) - Lingkar Madani untuk Indonesia mencatat ada 20 pernyataan kontrovesi yang dikeluarkan ketua DPR Marzuki Ali.

"Marzuki Alie ini seperti tak habis-habisnya diselimuti kontroversi. Konsistensi pernyataannya terus dipertanyakan masyarakat," ujar Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti kepada pers di Jakarta, Sabtu (6/8) kemarin.

Ray menggambarkan, saat berada di Istana Presiden, Rabu (3/8) lalu, Marzuki menegaskan bahwa soal wacana pembubaran KPK dan pemberian maaf kepada koruptor sudah tutup buku dan ia tak berkenan berkomentar lagi. Namun, Ray menambahkan, seusai berbuka puasa bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediamannya, Jumat (5/8), Marzuki menegaskan bahwa menurut SBY, dirinya tidak bersalah dan hanya ada kalimatnya yang dipotong.

"Marzuki seolah menerima legitimasi dari SBY atas pernyataannya. Dia mengaku tutup buku, tetapi kembali bicara. Tampaknya, kita sulit berharap dari beliau. Sudah banyak yang mengingatkannya, bahkan LIMA mencatat 20 kontroversi Marzuki," kata Ray.

Selain itu, ia menambahkan, pernyataan tersebut bisa bermakna bahwa Marzuki menggunakan momentum pertemuan dengan Presiden SBY untuk menjustifikasi pandangannya. Klaim Marzuki itu, menurut dia, bisa berdampak buruk bagi SBY karena presiden terkesan sepaham dengan Marzuki.

"Yang diperlukan bagaimana publik yang marah bisa diyakinkan, bukan malah meminta pembenaran dari SBY. Marzuki seharusnya memberikan pertanggungjawaban kepada publik, bukan dari SBY yang notabene Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat," tambah Ray.

Ia khawatir, Presiden Yudhoyono nantinya justru semakin direpotkan dengan pernyataan Marzuki itu. Bisa jadi, publik pun menunggu konfirmasi langsung dari SBY. "Bisa timbul asumsi, Pak SBY berada di belakang pelemahan KPK," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan anggota Koalisi Masyarakat Sipil yang juga dosen Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Bambang Widodo Umar. Bambang menilai, pernyataan terbaru Marzuki adalah bukti bahwa ia politisi yang inkonsisten dengan pernyataan dan sikapnya.

"Kalau kemudian dia mau menutup wacana itu dan tak berkomentar lagi, maka dia benar dan konsisten. Tapi, kalau sekarang seperti ini, ya, jelas dia tak konsisten," katanya.

Bambang memandang Marzuki sedang mencari pembenaran atau apologi atas pernyataan kontroversialnya. "Ini namanya apologi, karena dia berusaha mencari pembenaran normatifnya. Janganlah bersifat seperti itu, jadilah seorang negarawan yang benar," kritik Bambang.

Dengan pernyataan terbaru Marzuki, Bambang menilai, seharusnya ada klarifikasi yang jelas tentang kebenaran pernyataan Marzuki, yang secara jelas bertentangan dengan sikap yang selama ini didengungkan presiden bahwa dirinya adalah panglima terdepan untuk memberantas korupsi.

Kalau seandainya apa yang dikatakan Marzuki benar, Presiden juga sudah kontradiksi dengan tekadnya sendiri. Walau menggunakan kata ''kalau'' tetap saja masyarakat akan menangkap adanya niat untuk membubarkan KPK itu, kata Bambang

Editor/Sumber:
Tag: politik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Untuk Tanah Datar Lebih Baik, DPC Demokrat Membuka Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati

Untuk Tanah Datar Lebih Baik, DPC Demokrat Membuka Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati

TANAH DATAR - DPC Demokrat Tanah datar membuka penjaringan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar...

Gempa Hari Ini, BMKG Catat Dua Gempa di Dua Wilayah Berbeda, Pasbar dan Mentawai

Gempa Hari Ini, BMKG Catat Dua Gempa di Dua Wilayah Berbeda, Pasbar dan Mentawai

MENTAWAI -- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,7 mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Selasa,...

Inilah Strategi Warganet Melawan Radikalisme

Inilah Strategi Warganet Melawan Radikalisme

Oleh : Alfin Riki -- Perang melawan radikalisme dan terorisme memang tidak pernah ada habisnya. Satu persatu pelaku...

Diduga Korban Pembunuhan, DW Ditemukan Bersimbah Darah di Perumahan PT. Agro Wiratama Pasbar

Diduga Korban Pembunuhan, DW Ditemukan Bersimbah Darah di Perumahan PT. Agro Wiratama Pasbar

PASAMAN BARAT - Sesosok mayat wanita dewasa ditemukan bersimbah darah di dalam rumah perumahan lahan 2 PT. Agro...

Gempa Dini Hari Ini - BMKG Catat Gempa M 3,2 Goyang Pariaman, Kedalaman 27 Km

Gempa Dini Hari Ini - BMKG Catat Gempa M 3,2 Goyang Pariaman, Kedalaman 27 Km

PARIAMAN -- Gempa berkekuatan magnitudo (M) 3,2 terjadi di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Pusat gempa berada di darat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media