Sunday, 18 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Dubalang Siap Tangkal Aliran Sesat, Eks Gafatar Diberi Pembinaan

Selasa, 26 Januari 2016 - 17:21:00 WIB - 1461
Dubalang Siap Tangkal Aliran Sesat, Eks Gafatar Diberi Pembinaan


Pariaman -- Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat mengadakan pertemuan membahas Gafatar, paham radikalisme dan aliran sesat di Auditorium Balaikota Pariaman, Selasa (26/01/2016). Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat sebagai dubalang siap menangkap aliran sesat dan siap membina eks pengikut Gafatar. Dengan tema "Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Menangkal Paham Radikalisme Dan Anti Pancasila".

Dihadiri oleh, Walikota/Wakil Walikota, Kapolres, Kepala Kejari, Kepala Pengadilan, Kepala Kementrian Agama, Kasdim, DPRD, SKPD, MUI, Lurah/Kepala Desa, Ormas kepemudaan dan Masyarakat dengan peserta mencapai 200 orang.

Walikota Pariaman mengakui memang ada sebanyak 35 orang kelompok Gafatar yang telah pindah/hijrah keluar daerah, hanya ada 4 orang saja yang masih tinggal dalam Kota.

"Sebagaimana keputusan MUI Gafatar adalah organisasi terlarang dan telah dibubarkan, terkait pemulangan mereka nantinya oleh Pemerintah ke tempat asal, tentunya akan kita lakukan pembinaan karena pada urgensinya aliran ini adalah sesat yang nantinya akan kembali juga ke masyarakat, kemudian tugas selanjutnya adalah memonitor serta mengawasi setiap aliran terlarang dan paham radikalisme yang muncul di tengah-tengah masyarakat," papar Mukhlis.

Sebagaimana pertemuan yang di gagas Kapolres lanjut nya, Pemko akan mengintensifkan kembali wajib lapor Kepala Desa/Lurah 1x24 jam atas warganya yang datang maupun pergi serta yang tidak memiliki identitas, kemudian memperkuat keamanan tingkat Desa hingga Dusun serta saling bekerjasama antara seluruh pihak aparat keamanan dan pemerintahan.

"Tahun ini kita juga akan mengangkat yang namanya Dubalang sebanyak 2 orang disetiap tingkatan Dusun, mereka juga berguna untuk mengantsipasi kejahatan dan paham radikalisme serta Pekat dan Narkoba. Sebagaimana yang kita lihat jumlah aparat keamanan kita tidak seberapa bila dibandingkan dengan beban kerja nya dan jumlah penduduk yang ada maka tidak akan bisa menjangkau secara keseluruhan, jadi Dubalang berfungsi sebagai perpanjangan tangan dari pihak Kepolisian dan Satpol PP yang akan bekerjasama satu sama lain," ulas Wako.

Mukhlis melanjutkan, sesuai dengan SOP para pengikut Gafatar akan dikarantina selama 5 hari sebelum dikembalikan ke masyarakat dan bagaiamana prosedurnya, akan dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian, terkait dengan pengikut Gafatar yang masih ada tiggal di Pariaman akan terus dilakaukan pemantauan dan pembinaan karena mereka masih bagian dari penduduk dan warga indonesia.

Kapolres Pariaman AKBP Riko Junaldy mengatakan, belum ada daftar nama anggota Gafatar yang diterima dan akan dikembaikan ke Kota Pariaman, namun pihak Kepolisian masih tetap melakukan monitoring dan pemantauan, serta bekerjasama dengan seluruh pihak terkait untuk mengawasi aliran terlarang dan paham radikalisme yang muncul di tengah-tengah masyarakat. (warman)

Sukai/Like Fanpage Facebook Minangkabaunews

Follow Twitter @Minangkabaunews

Follow Google+ Minangkabaunews

Editor/Sumber: -
Tag: pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Gara-gara Tulisan Ini, Aparat Gabungan Copot Paksa Stiker Angkot di Padang

Gara-gara Tulisan Ini, Aparat Gabungan Copot Paksa Stiker Angkot di Padang

PADANG -- Aparat gabungan mencopot paksa angkot yang memakai stiker bertuliskan "Bitch", Selasa lalu...

ASB Bekali Tim PB di Mentawai dan Pessel dengan Program Pengurangan Resiko Bencana

ASB Bekali Tim PB di Mentawai dan Pessel dengan Program Pengurangan Resiko Bencana

MENTAWAI - Lembaga kemanusian asal Jerman Arbeiter Samariter Bund (ASB) menggelar serah terima program Kapasitas...

Padang Pariaman Punya PSC 119 Papa Tangkas Gada, Apa Itu?

Padang Pariaman Punya PSC 119 Papa Tangkas Gada, Apa Itu?

PADANG PARIAMAN - Sejak beberapa waktu terakhir slogan PSC Papa Tangkas Gada begitu menggema di Padangpariaman, namun...

Polres Kota Bukittinggi Gelar Rakor Antisipasi Karhutla

Polres Kota Bukittinggi Gelar Rakor Antisipasi Karhutla

BUKITTINGGI - Dalam rangka menindaklanjuti arahan dan perintah Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada saat Rakornas...

Bekuk PSIS Semarang, Semen Padang FC Raih Kemenangan Perdana di Liga 1 2019

Bekuk PSIS Semarang, Semen Padang FC Raih Kemenangan Perdana di Liga 1 2019

BOLA - Kabau Sirah Semen Padang FC berhasil meraih kemenangan perdana di Liga 1 Shopee 2019 setelah menang tipis 1-0...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media