Sunday, 18 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Polantas Pariaman Sosialisasi Tertib Lalu Lintas Pada Pelajar

Jumat, 05 Februari 2016 - 22:46:38 WIB - 1934
Polantas Pariaman Sosialisasi Tertib Lalu Lintas Pada Pelajar


Pariaman -- Personel Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Pariaman, Provinsi Sumatera Barat melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas di sejumlah sekolah sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan di jalan raya.

"Kasus kecelakaan di jalan raya masih didominasi usia pelajar, kami harapkan melalui sosialisasi ini mampu memberikan pemahaman kepada generasi muda akan pentingnya menaati aturan berlalu lintas," kata Kasatlantas AKP Afrino Chaniago pada Kamis (4/2).

Ia menerangkan, sosialisasi ke sekolah-sekolah akan terus digencarkan mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah tingkat atas di Kota Pariaman

Kanit Dityasa Satlantas Polres Pariaman Aiptu Rusli mengatakan, sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang tertib berlalu lintas.

"Sosialisasi kesekolah ini telah dimulai sejak tahun 2015 lalu bekerjasama dengan Pemko dan Dinas Pendidikan, salah satu faktor nya adalah karena banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh para pelajar sekolah, baik dari tingkat SD, SMP/Mts, hingga SMA/MA, jadi untuk antisipasi keselamatan mereka ketika di jalan raya dan supaya tertib berlalulintas maka kita adakanlah sosialisasi kesekolah," papar Rusli kepada berita MinangkabauNews.

Kemudian dia juga menyebutkan, atraksi balap liar di jalan raya yang dilakukan oleh para remaja, yang seolah mereka tidak mengindahkan aturan serta mengganggu hak pengguna jalan pengendara yang lain, merupakan juga faktor intensnya razia dilakukan Satlantas Pariaman.

"Selama operasi yang kita lakukan telah terjaring sebanyak 37 unit kendaraan bermotor yang dipakai pelajar tanpa kelengkapan surat berkendara di lokasi balap liar tersebut. Karena jika hanya melakukan razia stationer yaitu hanya berdiri saja dilokasi pos Lantas maka pengendara yang lain menjadikannya tontonan, jadi operasi hunting sistim yang kita lakukan ini sangat berdampak lebih luas menajring pengendara yang lain yang melanggar lalu lintas," ulas Rusli.

Ia juga menyebutkan dalam kurun waktu 2015 ada sebanyak 1500 kendaraan yang telah terjaring, pada umumnya di dominasi oleh pelajar, dengan pelanggaran kelengkapan berkendara serta surat kendaraan. Meskipun mereka pelajar lanjut nya, tidak ada tolerasnsi tetap dilakukan penindakan dan di proses sidang epengadilan.

"Jika tidak bisa melengkapi surat kendaraan karena usia maka kita akan minta pada orang tua mereka untuk bertanggung jawab, dan sekarang manfaat nya mulai terlihat semua pelajar pada umumnya sudah tertib berlalu lintas," tambah Rusli.

Rusli menyebutkan dari 1500 kendaraan yang ditindak, 75% di antaranya sudah di sidang di pengadilan yang di pergilirkan secara bertahap setiap hari Jumat. Selain itu dalam upacara bendara setiap Senin juga di lakukan himbaun oleh Sat Binmas selaku pembina upacara.

Kepala SMPN 3 Pariaman Nuremi SPd mengucapkan terima kasih atas dilakukannya sosialisasi tertib lalu lintas langsung kesekolah. "Tentunya kita sangat bersukur dengan diadakannya kegiatan ini, manfaatnya juga besar kita rasakan di antaranya para pelajar sudah mengerti tentang aturan berlalu lintas, dan keselamatan mereka bisa terjaga. Para orag tua dan guru juga merasa nyaman ketika anaknya berangkat dan pulang dari sekolah," tutup Nur. (Warman)

Editor/Sumber: -
Tag: pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Bupati Pasaman Resmikan Program Balada di RSUD Lubuk Sikaping

Bupati Pasaman Resmikan Program Balada di RSUD Lubuk Sikaping

LUBUK SIKAPING - Inovasi baru, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah...

Gempa Hari Ini - BMKG Catat Gempa M 3,3 Goyang Pariaman Pagi Ini, Kedalaman 14 Km

Gempa Hari Ini - BMKG Catat Gempa M 3,3 Goyang Pariaman Pagi Ini, Kedalaman 14 Km

PARIAMAN -- Gempa bumi dengan magnitudo 3,3 mengguncang Kota Pariaman, Sumatera Barat. Gempa ini tidak menimbulkan...

Elisabet, Anak yang Terseret Ombak di Mentawai Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

Elisabet, Anak yang Terseret Ombak di Mentawai Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

MENTAWAI - Badan Sar Nasional (Basarnas) Kabupaten Kepulauan Mentawai lalukan pencarian terhadap warga hayut di pantai...

Saat Wisuda Periode ke II Angkatan ke VIII Tahun 2019, IAIN Batusangkar Gelar Fuad Fair

Saat Wisuda Periode ke II Angkatan ke VIII Tahun 2019, IAIN Batusangkar Gelar Fuad Fair

TANAH DATAR - Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar mengelar berbagai acara saat wisuda periode ke II...

HUT Kemerdekaan RI, Masyarakat Sungayang Gelar Upacara Bendera Diatas Bukit Kasumbo

HUT Kemerdekaan RI, Masyarakat Sungayang Gelar Upacara Bendera Diatas Bukit Kasumbo

TANAH DATAR -- Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan memeriahkan kemerdekaan negara Indonesia, Pasukan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media