Friday, 15 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Tuntaskan Pembebasan Lahan Bypass Jalur Dua, Gubernur Sumbar Apresiasi Kinerja Ali Mukhni

Kamis, 25 Februari 2016 - 12:20:58 WIB - 1291
Tuntaskan Pembebasan Lahan Bypass Jalur Dua, Gubernur Sumbar Apresiasi Kinerja Ali Mukhni


Padang Pariaman -- Keseriusan Bupati Ali Mukhni dalam mengemban amanah untuk percepatan membangun Padang Pariaman kembali mendapat pujian dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Ia mengaku salut karena Ali Mukhni segera turun langsung ke lapangan memimpin pembebasan lahan bersama stakeholders. Pembebasan lahan nhyaris tidak ada riak karena Ali Mukhni mampu memberikan pemahaman bagi masyarakat akan pentingnya peningkatan fasilitas umum.

"Alhamdulillah, bagus kerjanya Pak Ali Mukhni, dalam dua hari bisa selesaikan masalah tanah di jalur dua by pass. Mudah-mudahan agustus tahun ini, jalur BIM ke Teluk Bayur bisa selesai" kata Politisi PKS itu.

Menindaklanjuti perintah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno untuk pembebasan lahan jalan jalur dua di batas kota Padang menuju fly over sepanjang 1,4 km Bupati Ali Mukhni segera menindaklanjuti dengan konsolidasi bersama perangkat Kecamatan Nagari dan Tokoh Masyarakat. Hasilnya dalam hitungan jam maka target yang diberikan Gubernur bisa di laksanakan.

"Kita diberi tenggat waktu 1x24 jam oleh Bapak Gubernur untuk pembebasan lahan. Jika tidak maka pengerjaan jalan dua jalur batas kota padang by pass menuju fly over akan terhambat," kata Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, usai pertemuan bersama masyarakat di Batang Anai, Selasa kemarin.

Diketahui, jalan sepanjang 1,4 km tersebut merupakan milik negara, namun dipergunakan sebagian oleh masyarkat untuk mendirikan pondok berjualan, berladang, dan berkebun tanpa izin. Sehingga jika sewaktu-waktu negara akan mempergunakan untuk kepentingan umum, maka akan kembali sepenuhnya dikuasai negara tanpa ganti rugi.

"Izin Allah, pengerjaan jalan dua jalur sudah bisa dilaksanakan mulai hari ini (selasa), bisa dilihat dua unit eskavator telah beroperasi. Kita berterimakasih kepada masyarakat yang mendukung program pemerintah dalam pembangunan," kata pria kelahiran 16 September 1956 itu.

Pertemuan antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat Batang Anai berlangsung hangat dan akrab tidak ada terlihat perdebatan yang memicu konflik berkat kelihaian Ali Mukhni dalam melakukan pendekatan dan sosialisasi terhadap manfaat pembangunan jalur dua bypass tersebut.

Bupati yang menjabat untuk periode kedua itu berhasil menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran serta seluruh lapisan masyarakat untuk memacu pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat. Usai pertemuan tersebut, ditandai dengan makan nasi bungkus bersama masyarakat di sebuah pondok terbuka sebagai bentuk suka cita atas tercapainya hasil kesepakatan bersama, dan merupakan ciri khas budaya piaman dalam mencerminkan kebersamaan.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat Burhanudin, mengapresiasi Bupati Ali Mukhni yang telah berhasil menonjolkan sisi humanisnya dalam menghadapi persoalan lahan atau pengadaan tanah untuk kegiatan pembangunan. Akibat pendekatan tersebut, masyarakat secara sukarela tanpa paksaan mempersilahkan pemerintah melaksanakan pembangunan jalur 2 bypass tanpa adanya gangguan.

"Bapak Ali Mukhni piawai mengambil hati masyarakat karena itulah tak satupun persoalan pengadaan tanah yang terjadi di Padang Pariaman," ucap pria asal Sungai Pinang Batang Anai itu.

Ia juga mengaku merasakan pesatnya pembangunan dibawah kepemimpinan Ali Mukhni sejak pasca gempa 2009 yang lalu khususnya di Kecamatan Batang Anai. Diantaranya pembangunan asrama haji, kawasan industri, perhotelan, dan jalur kereta api Duku-BIM. "Beliau selalu memonitor pembangunan siang dan malam. Itulah tanda seorang pemimpin yang ikhlas," ujarnya.

Pertemuan dihadiri oleh Bupati Ali Mukhni, Sekda Jonpriadi, Kabag Pertanahan Aprizal, Kabag Humas Hendra Aswara, Muspika Batang Anai, Perangkat Nagari dan orong serta sejumlah tokoh masyarakat. (Humas/Warman)

Editor/Sumber: Warman/Humas Pemkab Padang Pariaman
Tag: padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Basarnas Pusat Gelar Rakor dan Latihan Potensi SAR di Mentawai

Basarnas Pusat Gelar Rakor dan Latihan Potensi SAR di Mentawai

MENTAWAI -- Direktur Bina Potensi Basarnas Pusat Marsekal Pertama TNI Faturakhman Indra Jaya, SE, MM, buka kegiatan...

Jonel Carcueva Taklukan Kelok 44 di Etape V Tour de Singkarak 2019

Jonel Carcueva Taklukan Kelok 44 di Etape V Tour de Singkarak 2019

PAYAKUMBUH -- Pembalap Filipina Jonel Carcueva, berhasil menaklukkan "rute pambantaian" etape V iven Sport...

Menakar Munculnya Calon Independen

Menakar Munculnya Calon Independen

Oleh: EKI BUTMAN Rivalitas politik jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Sumatera Barat antara partai...

Lakukan Sensus Penduduk Secara Online, BPS Padang Siap Turunkan Tim pada 15 Februari 2020

Lakukan Sensus Penduduk Secara Online, BPS Padang Siap Turunkan Tim pada 15 Februari 2020

PADANG -- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang akan siapkan petugas dari pengurus RT untuk melakukan sensus penduduk...

Polemik Pelarangan Cadar oleh Menteri Agama, Begini Respon Ustadz Abdul Somad

Polemik Pelarangan Cadar oleh Menteri Agama, Begini Respon Ustadz Abdul Somad

NASIONAL - Pernyataan Menteri Agama Fachrul Razi terkait niatnya mengkaji penggunaan niqab atau cadar bagi wanita yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media