Thursday, 27 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Gubernur Sumbar Resmikan Jembatan Rajo Mantari dan Kantor KAN Tigo Jangko Tanah Datar

Sabtu, 05 Maret 2016 - 19:39:11 WIB - 1556
Gubernur Sumbar Resmikan Jembatan Rajo Mantari dan Kantor KAN Tigo Jangko Tanah Datar


Tanah Datar - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melakukan kunjungan kerja serta meresmikan Jembatan Rajo Mantari dan Kantor KAN Tigo Jangko, serta peresmian RTH Pagaruyung dan Puskesmas Rawat Inap di Nagari Tigo Jangko Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (05/03).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim, Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Syafrudin, Kepala Biro Humas Irwan, Bupati Kabupaten Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi beserta Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Ketua Dprd Kabupaten Tanah Datar Irman, Forkopimda Kabupaten Tanah Datar, Mantan Bupati Tanah Datar Martinus Riyadi, Para Perantau dari Jakarta, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai Kabupaten Tanah Datar.

Dalam sambutan, Ketua KAN Tigo Jangko mengatakan "peristiwa peresmian ini merupakan sejarah bagi nagari kami, karena ada 3 alasa, pertama selama ini jembatan disini hanya jembatan gantung padahal daerah kami merupakan salah satu penghasil karet terbesar di Kabupaten Tanah Datar, dan dengan adanya jembatan baru ini semoga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, kedua berdasarkan kesepakatan Niniak Mamak, Alim Ulama dan Cadiak Pandai jembatan ini kita beri nama jembatan nama jembatan Rajo Mantari, yang merupakan namap pahlawan yang membangun nagari kami yang dikenang sepanjang masa, hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui dan mengingat pahlawan kami, ketiga kami bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat telah di membangun Kantor KAN Tigo Jangko". Katannya.

Pembangunan jembatan ini merupakan kerja sama dan partisipasi masyarkat dan perantau minang.

Wali Nagari Tigo Jangko mengatakan "perencanan pembangunan jembatan ini sudah ada sejak tahun 1990, namun terkendala dengan pembebasan lahan, tetapi kami terus berusaha dan bersama sama dengan masyarakat, hasilnya masyarakat bersama perantau mengumpulkan dana sebesar 250 juta untuk pembebasan lahan sehingga dapat dimulailah pembangunan tahun di tahun 2011".

Pembangunan Jembatan Rajo Mantari ini murni dibiayai oleh APBD Kabupate Tanah Datar dan dibantu oleh masyarakat serta perantau, yang menghabiskan anggaran sebesar 13,5 M. Pembangunan jembatan sepanjang 60 meter ini dibangun di Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo sejak tahun 2011- 2015 dan merupakan jembatan yang menghubungkan kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar dengan Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung, ucap Bupati Tanah Datar.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan masyarakat serta perantau yang telah berperan dalam pembangunan jembatan.

Gubernur mengatakan "ini merupakan contoh yang bagus dan patut kita tiru, dan akan saya sebarkan ini ke berbagai tempat bahwasanya pembangunan itu harus didukung oleh masyarakat kampung halaman bahkan para perantau, dengan demikian masalah sosial selesai dan masalah pembebasan lahan dapat selesai.

"Selama 5 tahun menjabat, baru kali ini saya meresmikan jembatan yang dibangun dari APBD Pemerintah Kabupaten dan masyarakat, hal ini patut kita beri apresiasi dan dijadikan contoh", tambah Irwan Prayitno.

Gubernur berharap dengan adanya jembatan Rajo Mantari ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terakhir Gubernur Sumatera Barat mengatakan "mari kita pelihara dan menjaga apa yang telah dibangun ini, jangan sampai dirusak oleh tangan yang tidak bertanggung jawab," katanya. (hm)

Editor/Sumber: Indra Maison/Humas Pemprov Sumbar
Tag: metro,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Diduga Sudah Meresahkan, Empat Pasang Remaja Diamankan Satpol PP Padang Dari Bawah Jembatan Lubeg

Diduga Sudah Meresahkan, Empat Pasang Remaja Diamankan Satpol PP Padang Dari Bawah Jembatan Lubeg

PADANG - Delapan orang remaja diamankan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP) Kota Padang dari rumah warga...

Lompong Sagu, Kuliner Ranah Minang yang Tak Boleh Dilewatkan

Lompong Sagu, Kuliner Ranah Minang yang Tak Boleh Dilewatkan

...

Terus Menyatu dengan Masyarakat, Polres Solok Selatan Gelar Berbagai Kegiatan dan Pertandingan

Terus Menyatu dengan Masyarakat, Polres Solok Selatan Gelar Berbagai Kegiatan dan Pertandingan

SOLOK SELATAN - Polres Solok Selatan terus menyatu dengan masyarakat, kali ini aparat penegak hukum itu lebih banyak...

Dalam Rangkaian Hut Bhayangkara ke-73, Polsek Pasaman Gelar Donor Darah

Dalam Rangkaian Hut Bhayangkara ke-73, Polsek Pasaman Gelar Donor Darah

PASAMAN BARAT - Dalam rangka rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke 73, Polisi Sektor (Polsek) Pasaman, Kabupaten...

UMSB akan Jalin Kerjasama dengan Pemko Padang Panjang dalam Pengembangan FKIP

UMSB akan Jalin Kerjasama dengan Pemko Padang Panjang dalam Pengembangan FKIP

PADANG -- Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran siap berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dalam...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media