Monday, 20 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Upaya Penguatan Koperasi, Diskoperindag Padang Pariaman Gelar Rakor

Sabtu, 05 Maret 2016 - 20:11:29 WIB - 1461
Upaya Penguatan Koperasi, Diskoperindag Padang Pariaman Gelar Rakor


Padang Pariaman - Upaya melakukan penguatan Koperasi, Diskoperindag Padang Pariaman mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama pihak terkait yang dipimpin langsung Kabid Koperasi Diskoperindag Yulidarmen SE, kemarin.

Yulidarmen mengatakan Koperasi merupakan salah satu pilar ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai suatu lembaga ekonomi, Koperasi memiliki peran ganda yaitu sebagai badan usaha untuk mencari laba dan sebagai badan ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

"Untuk memperkuat dan memberdayakan Koperasi maka pemerintah membina dan membantu Koperasi supaya terus tumbuh dan berkembang. Salah satu bentuknya adalah dengan memberikan bantuan permodalan untuk dikelola Koperasi dalam menjalankan usahanya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban dan penerapan akuntabilitas maka pemanfaatan dana bantuan pemerintah tersebut tetap diperhatikan dan dibina oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam hal ini Dinas Koperindag ESDM," ulasnya.

Setiap tahun Bidang Koperasi Dinas Koperindag memiliki kegiatan Pengawasan dan Pemantauan pengelolaan Dana Pemerintahpada Koperasi. Yang pada tahun 2016 telah dilaksanakan rapt koordinasi pada tanggal 11 Februari 2016 bertempat di Aula Dinas Koperindag ESDM. Rapat tersebut dihadiri oleh 30 orang sebagai perwakilan dari Koperasi.

Dalam amanatnya Kepala Dinas Koperindag ESDM yang diwakili oleh Kabid Koperasi menyatakan agar seluruh Koperasi yang telah menerima perkuatan modal dari Pemerintah untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Dan memberikan laporan pengelolaan dana tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam hak ini Dinas Koperindag ESDM.

"Kegiatan ini bersifat evaluasi dan monitoring pemanfaatan dana pemerintah oleh Koperasi dan bagaimana perkembangannya pada masing-masing koperasi. Kemudian di lakukan pelatihan akuntansi perkoperasian bagi pengurus Koperasi dan LKM non Koperasi pada Tanggal 15 dan 16 Februari 2016 bertempat di Gedung Pertemuan Pondok Indah, Dinas Koperindag ESDM telah melaksanakan Pelatihan Akuntansi bagi Pengurus Koperasi dan LKM (Lembaga Keuangan mikro). Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta seagai perwakilan dari 20 Koperasi," sebut Yandri.

Disertai juga penyerahan alat pelatihan desain bordir oleh Kepala Dinas Koperindag ESDM, Rustam SE, MM dan menyerahkn secara simbolis perlengkapan pelatihan kepada perwakilan peserta. Pada Tanggal 29 Februarisampai dengan 2 Maret 2016 Dinas Koperindag melanjutkan pelatihan desain border untuk 15 perajin bordir yang berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman seperti Patamuan, Sintuk Toboh Gadang, Enam Lingkung dan Ulakan Tapakis.

Peserta merupakan perajin bordir yang telah berusaha tetap dan berkelanjutan. Pemilihan peserta ini dimaksudkan agar mereka mampu mmengembangkan usahanya secara mandiri danmenghasilkan produk kerajinan bordir yang berkuakitas sesuai perkembangan mode. (Rel/Warman)

Loading...
Editor/Sumber: warman
Tag: padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Diduga Pengedar, Dua Warga Koto Baru Pasbar Dicuduk Polisi

Diduga Pengedar, Dua Warga Koto Baru Pasbar Dicuduk Polisi

PASAMAN BARAT - Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman Barat ciduk dua tersangka penyalahguna narkoba jenis sabu di...

Terungkap, Inilah Hasil Audit BPK Soal Skandal Mega Korupsi Jiwasraya

Terungkap, Inilah Hasil Audit BPK Soal Skandal Mega Korupsi Jiwasraya

NASIONAL - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memaparkan hasil pendahuluan audit investigasi atas kasus gagal bayar PT...

Inilah Motif Pembunuhan Wanita Cantik dalam Rumah Kontrakan di Payakumbuh

Inilah Motif Pembunuhan Wanita Cantik dalam Rumah Kontrakan di Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Kasus pembunuhan seorang wanita cantik di rumah kontrakan di Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kecamatan...

Syahendra Wali Nagari Canduang Koto Laweh Canangkan Program Nagari Madani Nagari Santri

Syahendra Wali Nagari Canduang Koto Laweh Canangkan Program Nagari Madani Nagari Santri

AGAM -- Di akhir tahun 2019 tepatnya tanggal 31 Desember 2019 merupakan suatu kenangan tersendiri bagi Syahendra,...

Mulai Hari Ini Turun, Cek Harga Pertamax Cs di Sini

Mulai Hari Ini Turun, Cek Harga Pertamax Cs di Sini

NASIONAL - PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum jenis bensin dan solar di...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media