Wednesday, 03 Jun 2020
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Pencanangan PIN Polio 2016, Dinas Kesehatan Targetkan 100% Mencapai Sasaran

Rabu, 09 Maret 2016 - 15:06:47 WIB - 2111
Pencanangan PIN Polio 2016, Dinas Kesehatan Targetkan 100% Mencapai Sasaran


Lipsus - Pariaman - Wakil Walikota Pariaman Genius Umar membuka pencanangan PIN Polio 2016 di Puskesmas Kampung Gadang Desa Padusunan Kecamatan Pariaman Timur pada Selasa (8/9).

Pencanangan imunisasi PIN Polio 2016 di hadiri juga oleh tamu kehormatan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi/mewakili kemudian Kapolsek Pariaman/mewakili, Ka.Kan. Kemenag/mewakili, Ketua PKK dan GOW, Camat, Kepala Desa/lurah, tokoh agama dan masyarakat serta para ibu-ibu yang membawa balitanya untuk mengikuti vaksin Polio.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Drs. Bakhtiar M.kes mengatakan untuk tahun 2016 sasaran anak dan balita yang akan di vaksin harus mencapai target 100%.

"Sasaran PIN Polio menurut Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) pusat ada sebannyak 8.136 orang anak, sedangkan sasaran untuk Kota Pariaman sendiri ada sejumlah 7.151 anak dan balita yang harus di vaksin dengan 145 Posyandu di setiap Desa/Kelurahan. Semuanya di targetkan 100% harus tercapai, karena kita telah bekerjasama dan melibatkan berbagai pihak untuk mensukseskan kegiatan ini mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Tenaga Kesehatan hingga masyarakat itu sendiri," sebut Bakhtiar pada wartawan di lokasi pencanangan PIN Polio 2016 di Puskesmas Kampung Gadang Padusunan pada Selasa (8/3).

Ia juga mengatakan, Dinas Kesehatan optimis akan tercapainya target tersebut karena sesuai dengan target WHO Eradiksi PIN Polio untuk anak 0-59 tahun harus tercapai, sehingga nantinya pada tahun 2020 penyakit Polio telah berhasil dihapuskan dari seluruh dunia.

"Hari ini bersama tim kita langsung turun kelapangan saling bekerjasama dan bahu membahu mendatangi setiap rumah yang mempunyai anak dan balita untuk mendorong mereka supaya mengikuti kegiatan dan program PIN Polio ini dari tgl 8 s/d 15 Maret dengan mendatangi Pos Pelayanan terdekat yang ada di setiap Desa/Kelurahan," ulas nya.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan dengan berbagai sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat yang dibantu oleh aparat Desa/kelurahan, kader posyandu, ibu-ibu PKK dan tenaga kesehatan setempat maka target 100% akan terpenuhi.

Ia mengakui bahwa di dua tahun terakhir pada 2014 lalu Pariaman menduduki peringkat ke-19 dalam keberhasilan melaksanakan PIN Polio. Namun berkat usaha dan kerja keras serta didukung oleh berbagai pihak termasuk MUI maka di tahun selanjutnya 2015 peringkat tersebut mampu menanjak drastis ke peringkat teratas nomor satu di Sumbar.

Menurut Genius Umar, rendahnya penacapaian target imunisasi PIN Polio pada dua tahun lalu disebabkan karena masih rendahnya pengetahuan masyarakat akan imunisasi yang menganggap vaksin Polio tersebut haram karena terbuat dari minyak babi dan kera. Namun berkat kerjasama dengan para tokoh masyarakat dan agama serta menggandeng MUI untuk melakukan sosialisasi dan memberikan penjelasan kepada orang tua baik melalui radio, media cetak, ceramah dan lain sebagainya, sehingga di tahun 2015 pencapaian sasaran Polio menjadi optimal melampaui target yang telah ditetapkan.

"Alhamdulillah hasil kerja keras dan kerjasama yang melibatkan berbagai komponen masyarakat dan tokoh agama maka di tahun 2015 pencapaian target sasaran PIN Polio bisa mencapai 96,14% melebihi target yang dibebankan Pemprov Sumbar yaitu 95 % dari jumlah sasaran.

Bahkan daerah Kabupaten/Kota yang dulunya di atas kita, sekarang datang ke Pariaman menanyakan dan belajar tentang pola bagaimana meningkatkan pencapain target dan sasaran PIN Polio tersebut. Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, maka di tahun 2016 ini Pemko melalui Dinas Kesehatan Pariaman sangat percaya sekali akan mampu mencapai target hingga 100% dari jumlah sasaran anak dan balita yang di vaksin." tegas Alumni IPDN tersebut mengakhiri. (Warman)


Wakil Walikota dan istri Foto bersama dengan pejabat Dinas Kesehatan dan Puskesmas Padusunan usai pembukaan Pencanangan PIN Polio 2016


Usai membuka pencanangan PIN Polio 2016, Wakil Walikota dan sitri di dampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Satri Yarlina SKM, M Kes, meninjau fasilitas kesehatan dan peralatan yang dimiliki Puskesmas Kampung Gadang Padusunan


Wakil Walikota Genius Umar di dampingi istri Lusi Arnel dan Kepala Dinas Kesehatan Pariaman Bakhtiar memberikan vasksin secara simbolis pada salah seorang balita di lokasi pencanangan


Wakil Walikota Pariaman melepas balon ke udara tanda dimulainya pencanagan PIN Polio 8-15 Maret 2016


Kader posyandu menimbang berat badan balita sebelum di berikan vaksin Polio di lokasi pencanangan Puskesmas Kampung Gadang Padusunan


Para kader posyandu membantu ibu-ibu yang membawa balitanya mengisi daftar registrasi menunggu giliran untuk mendapatkan vaksin Polio di lokasi pencanangan

Editor/Sumber: Warman
Tag: kesehatan,padang,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Lima Senjata Canggih Bisa Ini Bisa Selamatkan Jepang dari Serangan Nuklir Korea Utara

Lima Senjata Canggih Bisa Ini Bisa Selamatkan Jepang dari Serangan Nuklir Korea Utara

INTERNASIONAL - Sejarah mencatat bahwa Jepang adalah salah satu negara yang pernah jadi korban serangan senjata nuklir....

Menuju Normal Baru, Dharmasraya Kembali Lakukan Rapid Test Massal

Menuju Normal Baru, Dharmasraya Kembali Lakukan Rapid Test Massal

DHARMASRAYA -- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bersama Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 kembali melakukan...

Kapolres Kota Pariaman Tinjau Kesiapan Masyarakat Jelang New Normal

Kapolres Kota Pariaman Tinjau Kesiapan Masyarakat Jelang New Normal

PARIAMAN - Kapolres Kota Pariaman beserta Instansi terkait melaksanakan kegiatan pengecekan dan himbauan terhadap...

Hari Pertama Masuk Kantor ASN Bukittinggi di Masa Normal Baru

Hari Pertama Masuk Kantor ASN Bukittinggi di Masa Normal Baru

...

Kabar Baik 1 Juni: Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Bertambah 2

Kabar Baik 1 Juni: Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Bertambah 2

PADANG -- Jumlah pasien sembuh Coronavirus Disease (Covid-19) di Sumatera Barat bertambah dua orang, Senin, ...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu