Friday, 24 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Kebakaran Hanguskan Dua Unit Rumah Semi Permanen di Kayu Tanam

Jumat, 11 Maret 2016 - 21:59:22 WIB - 1902
Kebakaran Hanguskan Dua Unit Rumah Semi Permanen di Kayu Tanam


PADANG PARIAMAN - Peristiwa kebakaran kembali terjadi, kali ini dua unit rumah dan kedai ludes di lalap sijago merah di Korong Titian Panjang, Nagari Kayu Tanam, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis (10/3).

Kebakaran yang diduga akibat hubungan arus pendek tersebut terjadi sekitar pukul 07.45 waktu setempat, di saat warga tengah rehat dan bersantai di dalam rumah. Menurut Karni pemilik rumah, kebakaran berlangsung cepat dan tiba-tiba sehingga 2 unit rumah yang terbuat dari kayu tersebut menjadi santapan api tanpa ampun.

"Rumah ini sebanyak 2 unit dan kedua rumah memiliki 2 kedai juga untuk berjualan pinyaram, rumah yang terbakar arah ke Utara merupakan milik orang tua saya sendiri Ansiyah, di tempati oleh 7 orang sanak keluaraga, sedangkan yang arah Selatan milik paman di tempati oleh seorang anaknya, ia sendiri sedang merantau ke Pekanbaru," ucap Karni pada wartawan Jumat (11/3).

Ia menceritakan berdasarkan keterangan dari orang tuanya, bahwa pada pukul 07.30 Ansiyah sempat mendengar suara bergerisik dari atas plafon rumah arah kamar anak perempuan. Namun tidak terlalu di gubris, karena ibunya sibuk saja beraktivitas membuat olahan pinyaram yang akan di jual besok, tidak berapa lama berselang Ansiyah mencium ada aroma seperti ada yang terbakar, di saat inilah insting nya mulai muncul dan ia memeriksa sekitar rumah. Ansiyah terperanjat kaget ketika menengok ke atas plafon kamar putrinya, api telah berkobar di atas atap, kemudian ia berteriak dan minta tolong.

"Kita telah berupaya melakukan pertolongan bersama warga, namun api begitu cepat menyambar rumah yang di sebelahnya, mungkin karena kedua unit rumuh ini terbuat dari kayu dan triplek di tambah lagi hembusan angin dan musim kering. Dan sangat disayangkan beberapa kali kita menghubungi kontak Pemadam Kebakaran tidak pernah aktif, meskipun 30 menit kemudian 8 unit mobil Damkar dari Pariaman, Padang Pariaman, Padang Panjang datang membantu, namun semuanya sudah terlambat karena yang tersisa hanya baranya saja, dengan kerugian mencapai Rp500 juta," ulas Karni.

Sementara di lokasi kejadian salah seorang tokoh masyarakat TK. Bagindo Syafrizal mengatakan, dengan seringnya terjadi kebakaran di Padang Pariaman semenjak tiga bulan terakhir, ia berharap pihak UPT Damkar untuk bisa membuat posko di setiap wilayah yang ada dengan tujuan mengurangi dampak resiko dari peristiwa kebakaran.

"Kalau bisa di setiap Kecamatan ada satu Posko unit kebakaran, namun jika belum terpenuhi cukup di setiap wilayah saja hanya ad 4 lokasi seperti, Sungai Limau, Padang Sago, Sicincin dan Lubuk Alung, ini bertujuan agar dampak yang ditimbulkan oleh kebakaran tidak begitu besar, dikarenakan ketika kebakaran mulai terjadi, hanya selang beberapa menit stelah mendapat laporan mobil Damkar langsung tiba di lokasi kejadian/TKP," tutup Sayafrizal. (Warman)

Loading...
Editor/Sumber: Warman
Tag: padang-pariaman,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pameran Artefak Kuno di Puncak Festival Pamalayu

Pameran Artefak Kuno di Puncak Festival Pamalayu

DHARMASRAYA - Obor temaram mengitari komplek candi Padang Roco, di Jorong Sungai Lansek, Nagari Siguntur, Kecamatan...

Mantapkan Sinergitas antar Instansi, ASN, Kodim 0305/Pasaman dan Polres Gelar Senam Bersama

Mantapkan Sinergitas antar Instansi, ASN, Kodim 0305/Pasaman dan Polres Gelar Senam Bersama

PASAMAN - Ratusan Personel Kodim 0305/ Pasaman, Polres dan ASN Kabupaten Pasaman melaksanakan olah raga senam bersama...

Bawaslu Pasaman Himbau ASN Agar jaga Netralitas

Bawaslu Pasaman Himbau ASN Agar jaga Netralitas

PASAMAN - Bawaslu sudah sudah menyurati Bupati Pasaman untuk diteruskan kepada kepada jajarannya khususnya ASN...

Diduga Main HP, Driver Ojol di Padang Tabrak Angkot dari Belakang

Diduga Main HP, Driver Ojol di Padang Tabrak Angkot dari Belakang

PADANG - Seorang pengemudi ojek online (Ojol) menabrak angkot yang sedang menurunkan penumpang di depan Kantor Dinas...

Diduga Pengedar Narkoba, Seorang Warga Solok Diciduk Polisi

Diduga Pengedar Narkoba, Seorang Warga Solok Diciduk Polisi

SOLOK -- Jajaran Satuan Narkoba, Polres Solok ciduk seorang pria penyalahgunaan narkoba berinisial S (40), warga Jorong...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media