Tuesday, 22 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Bupati Beri Santunan Korban Patah Tulang, Korban: Wak Ndak Bisa Tagak Lai Pak Bupati

Senin, 14 Maret 2016 - 23:56:30 WIB - 1336
Bupati Beri Santunan Korban Patah Tulang, Korban: Wak Ndak Bisa Tagak Lai Pak Bupati


PADANG PARIAMAN - Wajah penuh kebagiaan terpancar dari sorot mata Riko Saputra (20) akan kedatangan orang nomor satu di Padang pariaman di Rumahnya, Korong Bukik Gonggang Nagari Campago Kecamatan V Kp Dalam, Sabtu (12/3).

Riko, begitu akrab disapa, merupakan penderita patah pinggang akibat kecelakaan yang terjadi dua tahun silam. Tubuh nya yang kurus hanya bisa terbaring di tempat tidur tanpa bisa melakukan aktifitas seperti sedia kala. Akibatnya kulit tubuhnya terutama disekitar, pinggang, panggul dan punggung mengalami iritasi dan pengelupasan kulit yang sangat parah.

"Riko ndak bisa tagak lai Pak Bupati. Tidur pun susah karena perih akibat iritasi kulit," kata Riko sambil memegang tangan Bupati Ali Mukhni.

Spontan saja, ucapan Riko membawa suasana haru rombongan Bupati dan terlihat wajah kesedihan atas derita yang dialaminya.

Bupati Ali Mukhni mengatakan mendapat informasi dari masyarakat melalui telepon ketika sedang tugas dinas luar kota untuk koordinasi kelanjutan pembangunan asrama haji di Jakarta. Seketika itu, ia langsung menghubungi Wakil Bupati Suhatri Bur agar membezuk dan memberikan tindakan medis.

"Saya diberitahu tanggal 3 Maret ketika menghadap Anggota DPR RI John Kennedi Aziz, dan langsung meminta Pak Wabup dan dinas terkait tinjau ke lokasi." kata Bupati yang didampingi Kadis Kesehatan Aspinuddin.

Ia menyadari bantuan yang diberikan Pemerintah Daerah berupa biaya kesehatan belumlah cukup bagi Riko dan Keluarga. Oleh karena itu ia menghimbau para tokoh masyarakat ranah dan rantau juga turut "sato sakaki" untuk memberikan bantuan biaya pendidikan dan lapangan pekerjaan nantinya.

"Insya Allah, Pengobatan ananda Riko kita upayakan dengan biaya BPJS dan Baznas sebagai bentuk implementasi Program Padang Pariaman Sehat. Namun kita butuh juga bantuan moril dan materil dari dunsanak ranah dan rantau. Bisa dalam bentuk dana pendidikan maupun pekerjaan nantinya," kata Peraih Ksatria Bhakti Husada dari Presiden RI tahun 2015 itu.

Pada kesempatan itu Bupati Ali Mukhni juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah melaporkan kejadian baik secara langsung maupun media lainnya. Apalagi media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, BBM diyakini sangat efektif dalam penyebarluasan informasi di dunia maya dan diketahui orang banyak.

Untuk mengantisipasi jaminan kesehatan masyarakat, Ali Mukhni mengajak masyarakat agar taat membayar iuran BPJS sebelum jatuh tempo karena akan sangat berguna apabila terjadi masalah kesehatan seperti sakit, kecelakaan atau tindakan medis lainnya.

"Bayarlah iuran BPJS tepat waktu, jangan hanya ketika sakit saja baru sibuk urus sana-sini. Kepada ASN Padang Pariaman, saya juga apresiasi karena sukarela dalam pemotongan gaji untuk mendukung BAZNAS," kata Pencetus Program Padang Pariaman Sehat itu.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Dwiwarman mengatakan bahwa Riko tidak pernah terlantar dan tidak pernah ditelantarkan baik oleh Pemerintah Korong, Nagari dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan DPRD. Riko telah mendapat perhatian dan perawatan yang sangat serius dari pihak Puskesmas Kampung Dalam dan dukungan BAZNAS.

"Masyarakat Bukit Gonggang yang dirantau dan kampung halaman juga sering memberikan bantuan dan sumbangan. Jadi tidak benar kalau dia terlantar dan ditelantarkan. Maaf, ini hanya sekedar klarifikasi agar kita tidak selalu miring pada pemerintah," kata Politisi Partai PPP itu.

Camat V Koto Kampung Dalam mengatakan kedatangan Bupati Ali Mukhni dan Wakil Bupati Suhatri Bur merupakan bukti nyata kepedulian dan cepat tanggap Pemerintah Daerah kepada masyarakat. Derita yang dialami Riko akan ditangani oleh medis hingga sembuh dan pihak kecamatan serta nagari berkoordinasi dengan petugas kesehatan nantinya.

"Semoga kedatangan Bapak Bupati dan Wakil Bupati membawa berkah bagi Riko dan keluarga," kata mantan Sekcam Camat V Koto Timur itu. (Humas/warman)

Editor/Sumber: Warman
Tag: metro,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

PMI Provinsi Sumatera Barat Menggelar Musyawarah Ke-10

PMI Provinsi Sumatera Barat Menggelar Musyawarah Ke-10

PADANG -- Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Barat kembali akan mengadakan perhelatan besar,...

Pertama di Indonesia, Genius Umar Lantik Pengurus Forum Youth Center Kota Pariaman

Pertama di Indonesia, Genius Umar Lantik Pengurus Forum Youth Center Kota Pariaman

PARIAMAN -- Walikota Pariaman, Genius Umar, Lantik dan kukuhkan Pengurus Forum Youth Center Kota Pariaman, Pertama di...

HKGB ke - 67 tahun 2019, Polres Bersama Bhayangkari Mentawai Lakukan Anjangsana dan Bhakti Sosial

HKGB ke - 67 tahun 2019, Polres Bersama Bhayangkari Mentawai Lakukan Anjangsana dan Bhakti Sosial

MENTAWAI - Kapolres Kepulauan Mentawai didampingi istri selaku ketua Bhayangkari Ny Rakhma Dody Prawiranegara beserta...

Saat Hendak Mencuri, Pelaku Curanmor Dicokok Tim Jatanras Polres Bukittinggi

Saat Hendak Mencuri, Pelaku Curanmor Dicokok Tim Jatanras Polres Bukittinggi

BUKITTINGGI -- Tim Jatanras Polres Bukittinggi kembali berhasil menangkap satu orang pelaku pencurian kendaraan...

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Resmikan Kantor Baru Grab di Padang

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Resmikan Kantor Baru Grab di Padang

PADANG -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan Kantor Grab untuk area Padang di jalan By Pass depan Kantor...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media