Wednesday, 13 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Antena TV Menimpa Kabel Sutet, Pemuda Dibawahnya Tewas Seketika Tersengat Listrik di Pariaman

Selasa, 15 Maret 2016 - 23:47:03 WIB - 2934
Antena TV Menimpa Kabel Sutet, Pemuda Dibawahnya Tewas Seketika Tersengat Listrik di Pariaman


PARIAMAN - Disebabkan sebuah tiang antena TV UHF rebah menimpa kabel Sutet (Saluaran Umum Tegangan Tinggi) milik PLN seorang pemuda tewas tersengat listrik di Kelurahan Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (15/3).

Salah seorang saksi mata, Buyung (40) dilokasi kejadian menuturkan, bahwa korban tewas Roni (23) pada saat kejadian sedang bermain badminton dengan temannya di bawah kabel Sutet tiga jalur yang melintasi Kelurahan Kampung Perak.

"Pada saat bersamaan tetangga korban Sukri (25) sedang melakukan perbaikan tiang antena TV UHF yang sudah keropos, diluar dugaan dikarenakan tiupan angin tiang antena patah dan langsung menimpa kabel Sutet yang berada sekitar 5 meter dari antena. Roni yang berada dekat dengan tiang antena yang patah langsung tersambar arus listrik sedangkan Sukri terpental dari tempat posisinya memasang antena," sebut Buyung.

Ia menambahkan, kuatnya hantaran arus listrik dari kabel Sutet jalur tiga milik PLN ke patahan tiang antena TV yang menimpa kabel, mengakibatkan TV yang tersambung ke antena meledak dan terbakar.

Ali Imran Kepala UPTD Damkar Pariaman mengatakan, anggotanya sempat menerima telepon permintaan bantuan Damkar ke Kelurahan Kampung Perak namun setelah sampai di lokasi kejadian hanya menemukan sebuah TV yang terbakar.

"Pada pukul 16:30 kita sempat menerima telepon dari warga di TKP untuk mendatangkan mobil Damkar dan setelah sampai di lokasi tidak ada tanda-tanda kebakaran yang kita dapati, hanya sebuah TV yang meledak terbakar seperti terkena dampak kuat arus listrik," ujar Ali Imran.

AKP Masri Kapolsek Pariaman Tengah saat di lokasi kejadian mengatakan bahwa Roni dan Sukri akan menaikkan tiang antena TV yang sudah terpasang pada sebuah warung untuk nonton bareng pertandingan sepak bola nanti malam di salah satu stasiun TV.

"Karena terlalu tingginya tiang antena yang di pasanag, sehingga tiang penyangga di bawah tidak kuat menahan beban yang terlalu berat, sehingga penyangga bagian bawah tadi patah dan secara langsung tiang listrik yang menjulang keatas tadi rebah dan menghantam kabel Sutet milik PLN yang berada dekat dengan posisi antena dan pada saat bersamaan terjadilah ledakan," terang Masri.

Masri mengatakan, setelah kejadian pada pukul 16:40 WIB kedua korban langsung di larikan ke RSUD Pariaman, namun malang bagi Roni ia meninggal setelah masuk ke ruang IGD sedangkan Sukri masih di rawat di bangsal rumah sakit dalam kondisi kritis.

Beberapa menit setelah kejadian Wakil Walikota Pariaman Genius Umar langsung melayat ke rumah duka Roni yang bersebelahan dengan rumah Sukri di Tepi Air Kampung Perak.

Ia menghimbau agar masyarakat berhati-hati saat memasang tiang antena di dekat kabel listrik milik PLN, apalagi kabel yang tidak memiliki pembungkus plastik dan merupakan Sutet dan menyerahkan segala sesuatau pada ahlinya untuk menghindarai kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Antisipasi kedepannya kita sudah memerintahkan kepada pihak Damkar dan BPBD agar melakukan koordinasi dengah pihak PLN, supaya lebih bisa menggunakan tekhnologi bertingkat tinggi pada jalur arus listrik dan agar menggunakan kabel yang dibungkus plastik di tempat umum dan terbuka," tutup Genius. (warman)

Editor/Sumber: Warman
Tag: metro,pariaman,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

 Getah Karet di Dharmasraya Tidak Lagi Menetes, Ini Penyebabnya

Getah Karet di Dharmasraya Tidak Lagi Menetes, Ini Penyebabnya

DHARMASRAYA -- Para pekerja penyadap karet di daerah Koto Besar, Nagari Koto Besar, Kecamatan Koto Besar Kabupaten...

Kunjungi Jorong Koto, Wabub Tanah Datar Zuldafri Apresiasi Wirid Bulanan yang Digagas Warga

Kunjungi Jorong Koto, Wabub Tanah Datar Zuldafri Apresiasi Wirid Bulanan yang Digagas Warga

TANAH DATAR - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengapresiasi kegiatan wirid bulanan yang secara terus menerus...

Wali Nagari Diduga Selingkuh Dengan Perangkatnya, Istri Desak Pemkab Pessel Lakukan Penyelidikan

Wali Nagari Diduga Selingkuh Dengan Perangkatnya, Istri Desak Pemkab Pessel Lakukan Penyelidikan

PESISIR SELATAN -- Elisma Wati meminta Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk menyelidiki kasus perselingkuhan...

Cegah Osteoporosis, Jaga Kesehatan Tulang Sejak Dini

Cegah Osteoporosis, Jaga Kesehatan Tulang Sejak Dini

Oleh : Yulia Yunara KESEHATAN -- Tulang merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh manusia, namun sebagian...

Kapolres Pessel Gelar Coffee Morning Bersama Wartawan

Kapolres Pessel Gelar Coffee Morning Bersama Wartawan

PESISIR SELATAN -- Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Cepi Noval menggelar Coffee Morning bersama puluhan wartawan Media...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media