Thursday, 17 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Pencanangan Kampung KB Berlangsung Sukses, Dandim 0308 Dukung Penuh Program Jokowi-Jk

Rabu, 16 Maret 2016 - 00:46:12 WIB - 1524
Pencanangan Kampung KB Berlangsung Sukses, Dandim 0308 Dukung Penuh Program Jokowi-Jk


LIPSUS - PADANG PARIAMAN - Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa Padang Pariaman serius mensukseskan program Jokowi-JK dalam pengendalian pertumbuhan penduduk. Adapun langkah pertama yang diambil dengan membentuk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah pada tahun 2013.

"BKKBD ini adalah yang pertama di Sumatera barat dan yang keempat di Indonesia," kata Alumni Universitas Negeri Padang itu.

Selanjutnya, kesuksesan pelaksanaan KB dapat melebihi target yang dibebankan BKKBN baik melalui vasektomi, Pil atau suntik. Oleh karena itulah Presiden RI ketika itu memberikan dua penghargaan tertinggi di bidang KB yaitu Penghargaan Satya Lencana Wira Karya kepada Bupati Ali Mukhni dan Manggala Karya Kencana kepada Dandim 0308 Pariaman Letkol. Arm. Nursamsudin.

"Kita bangga satu-satunya Dandim yang menerima penghargaan dari Presiden, hanya untuk Padang Pariaman," ujarnya.

Dikatakannya bahwa program KB bertujuan untuk mengatur tingkat kelahiran, bukan melarang masyarakat untuk memiliki anak. Jadi jangan sampai ada yang gagal paham mengenai program yang menjadi ikon di Padang Pariaman itu. Menurut data BPS, Pertumbuhan penduduk Padang Pariaman pada tahun 2015 sebesar 0,9 % merupakan salah satu terendah di Sumatera Barat.

"Contohnya, anak kita menikah tahun ini, lalu tahun depan punya anak. Lalu anak tersebut diberi kasih sayang, kemudian baru diprogram lagi lima tahun ke depan," kata Suami dari Hj. Rena Sofia itu.

Ia berharap adanya pengaturan dalam pertumbuhan penduduk itu akan lahir generasi yang cerdas, sehat dan bisa menjadi pemimpin masa depan.

Sementara Deputi Penelitian dan Pengembangan BKKBN Sanjoyo mengatakan Kampung KB adalah program yang digagas oleh Presiden Joko Widodo yang telah dicanangkan secara nasional di Cirebon Jawa Barat, yang kemudian diikuti oleh seluruh daerah Kabupaten dan Kota di Indonesia. Pemerintah Daerah harus merangkul tokoh agama, TNI, Polri dan kader desa untuk suksesnya program KB.

"Saya kira Padang Pariaman berhasil melibatkan stakeholders dan masyarakat untuk program KB sehingga patut ditiru daerah lain," kata Sanjoyo.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan dalam satu bulan Padang Pariaman berhasil menjadi dua kali tuan rumah kegiatan Pemerintah Pusat yaitu pencanangan PIN Polio dan pencanangan Kampung KB. Ia mengakui program KB berjalan dengan suskes di Kabupaten Padang Pariaman karena kepedulian dan komitmen Bupati bersama DPRD.

Ia menghimbau masyarakat agar membina keluarga yang produktif dengan mata pencaharian yang dapat menghidupi keluarga dengan layak.

"Sekarang tidak zamannya lagi, banyak anak banyak rezeki. Tapi keluarga yang terencana dan berkualitas," kata Mantan Bupati Pessel itu.

Tokoh masyarakat setempat, Tuangku Sati sangat apresiasi program KB yang dicanangkan pemerintah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

"Kami bangga nagari kami dipercaya sebagai daerah percontohan Kampung KB di Sumatera Barat," kata Tuangku Sati, tokoh agama setempat. Begitu juga dengan Dandim 0308 Pariaman Endro dan jajarannya menegaskan komitmennya mendukung penuh program KB di daerah Padang Pariaman. (Humas/Warman)


Wagub Sumbar Nasrul Abit disaksikan Bupati Ali Mukhni memukul gong tanda pencanangan Kampung KB di Pantai Arga, korong Mandahiling, Nagari Gasan Gadang, Selasa (15/3)


Wagub Sumbar Nasrul Abit, Bupati Ali Mukhni , Deputi Penelitian dan Pengembangan BKKBN Sanjoyo "Salam dua anak lebih baik" pada pencanangan Kampung KB di Pantai Arga, korong Mandahiling, Nagari Gasan Gadang, Selasa (15/3)

Editor/Sumber: Warman
Tag: kesehatan,metro,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Mandi Malam Antara Ilmiah dan Mitos

Mandi Malam Antara Ilmiah dan Mitos

KESEHATAN -- Banyak orang yang mempercayai terkait mitos mandi malam, meskipun belum ada fakta ilmiah mengenai hal...

Ciptakan Kota Tertib Ukur, Pemko Pariaman MoU dengan 10 instansi

Ciptakan Kota Tertib Ukur, Pemko Pariaman MoU dengan 10 instansi

PARIAMAN -- Walikota Pariaman, Genius Umar MoU sekaligus tandatangani komitmen kerja dalam pembentukan Daerah Tertib...

Hari Nusantara 2019 di Pariaman, Ini Kata KASAL RI

Hari Nusantara 2019 di Pariaman, Ini Kata KASAL RI

PARIAMAN -- Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, menyatakan siap mendukung penuh Peringatan Hari...

TNI Edukasi Masyarakat, Olah Biji Kopi Jadi Berkwalitas Tinggi

TNI Edukasi Masyarakat, Olah Biji Kopi Jadi Berkwalitas Tinggi

LIMAPULUH KOTA - TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) tidak hanya fokus pada pelaksanaan kegiatan fisik atau infrastruktur...

Diduga Depresi, Pensiunan TNI Ditemukan Tewas Gantung Diri di Agam

Diduga Depresi, Pensiunan TNI Ditemukan Tewas Gantung Diri di Agam

AGAM - Diduga depresi, pensiunan TNI ditemukan tewas gantung diri di Batu Karak, Jorong 1 Siguhung, Nagari Lubuk...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media