Monday, 26 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

ABK Asal Padang Disandera Milisi Abu Sayyaf, Walikota Minta Pemerintah Indonesia Harus Bersikap

Rabu, 30 Maret 2016 - 17:29:27 WIB - 1169
ABK Asal Padang Disandera Milisi Abu Sayyaf, Walikota Minta Pemerintah Indonesia Harus Bersikap


PADANG -- Salah seorang dari 10 Anak Buah Kapal (ABK) asal Padang disandera kelompok milisi Abu Sayyaf Filipina. Wendi Rahka Dian (27) merupakan warga jalan M. Hatta, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Padang. Dia juga putra sulung dari Aidil, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo berharap Wendi Rahka Dian dapat segera bebas dari penyanderaan. "Kita mendoakan Wendi selamat dan Pemerintah Indonesia menyikapi dengan baik, tepat dan arif," sebut Walikota usai membuka Musrenbang tingkat Kota Padang di Hotel Bumi Minang, Rabu (30/3/2016).

Seperti diketahui, milisi Abu Sayyaf membajak dua kapal yang mengangkut batu bara dalam perjalanan dari Sungai Puting, Kalimantan Selatan, menuju Batangas, Filipina. Kapal tersebut mengangkut 10 awak kapal berkewarganegaraan Indonesia. Diperkirakan, kapal dibajak pada 26 Maret lalu. Kelompok milisi Abu Sayyaf meminta uang tebusan sebesar 50 juta Peso atau senilai Rp 14,4 milyar.

"Berdasarkan pengalaman, Pemerintah Indonesia selalu sukses dalam kejadian seperti ini. Kita selalu piawai dan bisa melakukan pendekatan sehingga tidak jatuh korban," sebut Walikota Padang.

Hingga saat ini, kedua orangtua Wendi Rahka Dian masih harap cemas menunggu nasib anaknya. Apalagi kabarnya saat ini anaknya beserta sembilan awak kapal lain dibawa ke suatu pulau menunggu uang tebusan.

"Mudah-mudahan keluarga dalam ketenangan dan kesabaran. Kita akan coba komunikasikan dengan pihak terkait untuk upaya itu. Semoga semuanya lancar dan baik," harap Mahyeldi.

Wendi Rahka Dian terakhir kali berkomunikasi dengan orangtuanya pada Rabu (23/3) lalu. Usai shalat Maghrib, Wendi berkomunikasi dengan kedua orangtua dan adik-adiknya. "Wendi sempat bercanda dengan adik-adiknya," kata Asmizal, ibu Wendi.

Wendi merupakan tamatan SMP 10 Padang. Setelah itu Wendi melanjutkan sekolah ke SMA 9. Wendi lalu melanjutkan pendidikan ke sekolah perkapalan di Jakarta selama 3 bulan. Setelah tamat, Wendi bekerja di kapal.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Menlu) RI Arrmanatha Nasir menyebut bahwa saat ini pihaknya tengah berkonsentrasi untuk menyelesaikan kasus ini. Termasuk berkoordinasi secara langsung dengan Menlu Filipina Jose Rene Dimataga Almendras. "Prioritas kami saat ini adalah keselamatan 10 WNI yang disandera," katanya seperti dikutip dari salah satu media nasional.

Di sisi lain, Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Ryamizard Ryacudu menjelaskan pihaknya saat ini terus melakukan koordinasi dengan pihak Menhan Filipina. Sebab, saat ini posisi tahanan berada di wilayah kedaulatan Filipina. Sehingga TNI tidak bisa masuk begitu saja. (Charlie/Mursalim)

Editor/Sumber: Charlie
Tag: padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

TNI Kuat Bersama Rakyat, Danramil 03 Pulau Sipora Terus Berbagi Sembako dan Uang Tunai

TNI Kuat Bersama Rakyat, Danramil 03 Pulau Sipora Terus Berbagi Sembako dan Uang Tunai

MENTAWAI - Danramil 03 Pulau Sipora serahkan sembako dengan uang tunai kepada rakyat miskin dan mitra karib jaring...

Bupati Sebut Masyarakat Kabupaten Solok Enggan Patuhi Protokol Kesehatan

Bupati Sebut Masyarakat Kabupaten Solok Enggan Patuhi Protokol Kesehatan

KABUPATEN SOLOK - Bupati Solok Gusmal, Selasa (6/10) dihadapan Tim Sosialisasi Perda No. 6 Tahun 2020 tentang AKB,...

Tingkatkan Skill Generasi Muda, Bumnag Koto Nan Tigo Bangun Tempat Industri

Tingkatkan Skill Generasi Muda, Bumnag Koto Nan Tigo Bangun Tempat Industri

PASAMAN -- Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) Koto Nan Tigo Nagari Bahagia Padang Galugua sukses menciptakan...

1.130 Guru  Solok Selatan Telah Menjalani Tes Swab

1.130 Guru Solok Selatan Telah Menjalani Tes Swab

SOLOK SELATAN -- Dinas Kesehatan Solok Selatan mencatat, dua hari pelaksanaan uji sampel Swab terhadap tenaga pendidik...

TNI dan Warga Kompak Kerjakan Bedah RTLH TMMD Ke-109 Kodim 0311/Pessel

TNI dan Warga Kompak Kerjakan Bedah RTLH TMMD Ke-109 Kodim 0311/Pessel

PESISIR SELATAN -- Meskipun hari libur prajurit Satgas TMMD ke-109 Kodim 0311/Pessel tetap semangat menyelesaikan rehab...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar