Monday, 26 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Wawako Emzalmi : Bundo Kanduang Harus Mampu Melestarikan Nilai Adat dan Budaya di Tengah Masyarakat

Kamis, 31 Maret 2016 - 18:21:25 WIB - 2058
Wawako Emzalmi : Bundo Kanduang Harus Mampu Melestarikan Nilai Adat dan Budaya di Tengah Masyarakat


PADANG -- Bundo Kanduang adalah sebuah organisasi yang terdiri dari kaum ibu yang diakui keberadaan dan peranannya di daerah Minangkabau. Organisasi yang berdampingan dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) ini, harus mampu melestarikan dan mewarisi nilai-nilai adat dan budaya minangkabau khususnya di Kota Padang.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi sewaktu membuka kegiatan Pembekalan Pengurus Bundo Kanduang kelurahan dan kecamatan se Kota Padang, di Gedung Genta Budaya Padang, Kamis (31/3).

"Bundo Kanduang ibarat ibu yang sejati dan sekaligus pemimpin. Untuk itu di dalam adat dan budaya minangkabau, ia harus memiliki sifat-sifat teladan dan memberikan contoh yang baik khususnya bagi kalangan anak-anak dan lingkungannya. Baik apakah cara berkatanya, perbuatannya, pakaiannya dan sebagainya," imbau Wawako.

Emzalmi berharap, melalui pembekalan ini semakin memberikan penguatan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para Bundo Kanduang di Kota Padang. Ini mengingat, perannya sangat sentral bagi kalangan anak-anak atau generasi muda, agar tidak mudah terbawa arus pergaulan yang negatif.

"Oleh karena itu, mari kita awasi anak-anak kita bagaimana pergaulannya, tutur katanya, pakaian dan semua tindak-tanduknya. Semoga para Bundo Kanduang bisa memiliki persepsi yang sama dan sama-sama satu tekad sesuai fungsi dan keberadaannya. Sebagaimana pemerintah juga berkewajiban dalam menjadikan masyarakat yang beradat, berbudaya dan beragama. Sesuai prinsip kita di minangkabau, adat basandi syara-syara basandi kitabullah," tukasnya.

Sementara Ny Harneli Mahyeldi selaku Penasehat Bundo Kanduang Kota Padang juga menyampaikan, peran Bundo Kanduang sangatlah penting dalam memberikan contoh yang benar terhadap pemahaman adat dan budaya di tengah kehidupan masyarakat.

"Seperti bagi para pengurus Bundo Kanduang, kita mengharapkan bisa mengontrol dan mengarahkannya dalam berpakaian, berbicara dan bersikap yang baik dalam lingkungan keluarganya," sebut Harneli.

Harneli mengatakan, ia berharap pembekalan tersebut menjadikan Bundo Kanduang lebih berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan adat dan budaya di tengah-tengah masyarakat.

"Contoh misalnya seperti ada tetangga yang mengundang kita acara baralek dengan memberikan gula-gula. Bundo Kanduang wajib memberi tahunya, bahwa dalam adat tidak membenarkan demikian karena harus menggunakan sirih. Itu salah satu contohnya, dan untuk itu kita harus melestarikan dan menghidupkan adat dan budaya minangkabau ini. Kalau bukan kita yang melestarikan siapa lagi," ujar istri Walikota Padang tersebut dengan semangat.

Setelah itu Sekretaris Bundo Kanduang Kota Padang, Ny Maiyulita menyebutkan tujuan utama kegiatan tersebut memberikan penguatan bagi pengurus Bundo Kanduang yang ada di kelurahan dan kecamatan se Kota Padang agar betul-betul memahami fungsi dan peranannya. Sebagaimana kegiatan tersebut merupakan program di tahun 2016, untuk peningkatan pemahaman bagi pengurus Bundo Kanduang berdasarkan fungsi dan peranannya. Sementara selaku nara sumber mendatangkan dari Perguruan Tinggi, Praktisi Adat dan Budaya serta dari Lembaga adat atau agama.

"Jadi para Bundo Kanduang saat ini bukan saja hanya terdaftar sebagai pengurus, tetapi harus mengetahui fungsi dan posisinya. Oleh sebab itu eorang Bundo Kanduang diharapkan harus bisa tampil dan mengawal khususnnya yang berkenaan dengan masalah adat dan budaya," terangnya.

Maiyulita melanjutkan, di samping itu melalui kegiatan pembekalan ini juga diharapkan dapat mengembalikan pola kehidupan masyarakat yang sesuai dengan tatanan adat dan budaya minangkabau.

"Jadi jika ada selama ini perilaku dan cara berpakaian yang menyimpang bagi masyarakat kita, disitulah peran kita meluruskannya," tutupnya. (David)

Editor/Sumber: david
Tag: padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Etda! Pendidikan di Padang Pariaman Ranking 2 Terbuncit

Etda! Pendidikan di Padang Pariaman Ranking 2 Terbuncit

PADANG PARIAMAN -- Tokoh Rantau Asal Kecamatan Sungai Limau Padang Pariaman Yusuf mengatakan, rangking atau peringkat...

Padang Masuk 12 Kota yang Disentil Jokowi, Begini Respon Plt Wali Kota Padang

Padang Masuk 12 Kota yang Disentil Jokowi, Begini Respon Plt Wali Kota Padang

PADANG -- Menyikapi Kota Padang Masuk daerah yang cukup tinggi angka Covid-19 di Indonesia, Plt Wali Kota Padang Hendri...

Total 183 Orang Sudah Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Solok

Total 183 Orang Sudah Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Solok

SOLOK SELATAN -- Sempat tenang selama beberapa hari dari hiruk pikuk wabah Corona Virus Deseasses (Covid-19), pada hari...

Brutal! Usai Jatuh Polisi Seret ke Mobil, Tendang dan Pukul dengan Tongkat 4 Relawan MDMC

Brutal! Usai Jatuh Polisi Seret ke Mobil, Tendang dan Pukul dengan Tongkat 4 Relawan MDMC

JAKARTA -- Relawan kesehatan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) menjadi korban pemukulan polisi saat...

Songong! Amerika Sebut Militer Rusia dan China Tidak Ada Apa-apanya Dibanding AS

Songong! Amerika Sebut Militer Rusia dan China Tidak Ada Apa-apanya Dibanding AS

INTERNASIONAL - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper memperingatkan bahwa China dan Rusia terus berusaha...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar