Monday, 26 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

DDS Kirim Sejumlah Dai dan Relawan ke Daerah Rawan Bencana di Mentawai

Kamis, 31 Maret 2016 - 19:02:29 WIB - 947
DDS Kirim Sejumlah Dai dan Relawan ke Daerah Rawan Bencana di Mentawai


MENTAWAI -- Tak gentar dengan isu bencana tsunami yang rentan menyerang daerah Kepulauan Mentawai, Tim dakwah dan Relawan Kesehatan Dompet Dhuafa Singgalang istiqamah berangkat pada Selasa (22/3) untuk mengadakan sejumlah kegiatan di Dusun Tubeket, Desa Makolok, Kec. Pagai Selatan, Kep. Mentawai.

Keberangkatan Tim dakwah, Corps Dai Dompet Dhuafa Singgalang (Cordofa), Ust. Imam Mashroni, Ust. Muh. Hasan Tutupoho dan Ustadz Genry Nuswantoro, didampingi oleh Volunter Super, dr. Fadhil Ramadhiansyah, Relawan Kesehatan; Ibaadi Indra (Perawat), dan Nana Hastuti, Apt (Apoteker).

Kedatangan tim di Dusun Tubeket merupakan lanjutan dari Program Bina Sahabat Pedalaman yang telah dilaksanakan pada akhir tahun 2015 lalu. Program ini berupa pendampingan bagi warga Dusun Tubeket yang 100% berpenduduk muslim namun masih minim akan ilmu islam.

"Agenda kegiatan yang dilaksnakan kali ini antara lain adalah pelaksanaan tabligh akbar, penyaluran paket Alquran dan Iqra kebutuhan belajar warga, dan juga Aksi Layanan Sehat (ALS)," tutur Ust. Hasan sekembali dari daerah yang minim sarana komunikasi itu, pada Selasa (28/3).

Adapun rincian kegiatannya, lapor Ust. Hasan, telah berlangsung semenjak Jumat (18/3) hingga Sabtu (26/3), diantaranya dengan pelaksanaan dakwah lewat agenda Shalat Jumat sebagai peningkatan keimanan warga yang dilaksanakan di Masjid Nurul Huda Dusun tubeket.

"Keesokan harinya kami melaksanakan gotong royong di Sekolah MIS Dusun TUbeket bersama siswa-siswi, tokoh pemuda, juga dihadiri Kepala dusun tubeket, Ujang Samofoh, Ustad Lokal sekaligus Pengurus MIS, Firman Samofoh, Ramlis Samofoh,dan Radiman, Tokoh Pemudah, serta tetua adat, Samid Saogo, Ahmad Jais, dan Nasrul," papar Ust. Hasan.

Hari berikutnya, warga diajak untuk mempersiapkan tabligh akbar yang direncanakan terselenggara pada Sabtu (26/3), dan pada Kamis (24/3), warga Dusun Tubeket dimanjakan dengan kehadiran Aksi Layanan Kesehatan (ALS) untuk membantu keluhan kesehatan warga setempat.

"Aksi layanan sehatan Cuma-Cuma yang di laksanakan oleh dompet dhuafa singgalang sangat membantu sekali masyarakat yang ada di dusun tubeket. Warga dusun tubeket sangat berterimakasih kepada Dompet Dhuafa Singgalang yang rela meluangkan waktu untuk dapat melayani kami," tutur Kepala Dusun Tubeket, Ujang Samofoh.

Begitupun dihari berikutnya, peyerahan bantuan Alquran dan Iqra dari mitra, PT. PLN Cab. Padang, dan donatur lainnya, yang dilaksanakan secara simbolis pada Jumat (25/3) menuai haru warga Tubeket.

"Pemberian bantuan Al-Quran Cuma- Cuma dari Dompet Dhuafa Singgalang kepada warga dusun tubeket memberikan dampak yang positif sekali, ini dapat membantu mereka untuk mendidik anak- anak mereka kedepannya," timpal Ust. Firman Samofoh.

"Pada kegiatan puncak, Tabligh Akbar keesokan harinya pada Sabtu (26/3), turut berjalan lancar dan menumbuhkan apresiasi masyarakat setempat. Tabligh Akbar dengan Materi "Selalu mejaga Hati dalam lisan, perbuatan tingkah laku sehari- hari" yang dibawakan Ust. Genry Nuswantoro sekaligus launching kegiatan Dai Pedalam dompet dhuafa mendapat tangapan positif dari penguru BSSI dan Semua Pemerintah yang ada di kecamatan Pagai selatan. Ketua BSSI dengan senang hati menerima dai yang di kirim oleh Dompet Dhuafa untuk berdakwah di Dusun Tubeket," pungkas Ust. Hasan.

Kelancaran agenda Dakwah Program Bina Sahabat Dusun Pedalaman ini tentunya tidak lepas dari dukungan semua donatur yang telah menginfakan sebagian hartanya demi kepentingan umat. Dompet Dhuafa Singgalang sangat berterimakasih atas kepercayaan dan amanah yang telah dititipkan mitra dan donatur, semoga kami dapat berkarya lebih baik dan membuat ide-ide program pemberdayaan yang membantu kelangsungan hidup umat. (nisa)

Editor/Sumber: Nisa
Tag: padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Update 13 Oktober: 4 Orang Suspeck dan 1 Orang Sembuh di Kabupaten Solok

Update 13 Oktober: 4 Orang Suspeck dan 1 Orang Sembuh di Kabupaten Solok

KABUPATEN SOLOK -- Satgas Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok, Selasa (13/10) di Arosuka melaporkan...

Nikmati Keindahan Dilan Dansatgas TMMD Ke-109 Kodim 0311/Pessel Datang Dengan Berjalan Kaki

Nikmati Keindahan Dilan Dansatgas TMMD Ke-109 Kodim 0311/Pessel Datang Dengan Berjalan Kaki

PESISIR SELATAN -- Kampung Dilan yang berada di ketinggian kurang lebih 1500 mdpl nampaknya tak menyurutkan niat untuk...

Gawat! Amerika Jual Senjata Canggih Mematikan ke Taiwan, China Meradang

Gawat! Amerika Jual Senjata Canggih Mematikan ke Taiwan, China Meradang

INTERNASIONAL - Pemerintah China berjanji akan memberi respons terkait keputusan Amerika Serikat (AS) menjual senjata...

Gawat! Kota Padang Masuk dalam 12 Daerah dengan Kasus Covid-19 Aktif di Atas 1.000

Gawat! Kota Padang Masuk dalam 12 Daerah dengan Kasus Covid-19 Aktif di Atas 1.000

PADANG - Satgas Covid-19 menemukan sebanyak 12 kabupaten/kota di Indonesia mencatatkan jumlah kasus aktif lebih dari...

Mantul! Setelah 38 Tahun Akhirnya MTQ Nasional Datang ke Sumbar Juga

Mantul! Setelah 38 Tahun Akhirnya MTQ Nasional Datang ke Sumbar Juga

PADANG -- Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Hendri mengungkapkan Setelah 38 tahun berlalu sejak tahun 1983,...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar