minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Makan

Ibu Rumah Tangga ini Sulap Itiak Lado Hijau Menjadi Nasi Goreng Cebe Hijau

Rabu, 11 Mei 2016 - 22:53:57 WIB - 949
Ibu Rumah Tangga ini Sulap Itiak Lado Hijau Menjadi Nasi Goreng Cebe Hijau

MAKAN - Berkat kebaikan hati seorang teman, beberapa waktu lalu ia membawakan kami sekeluarga kuliner khas Kota Bukittinggi Sumatera Barat, "Itiak Lado Hijau" (Bebek cabe hijau). Jujur, ini pertama kalinya saya mencoba penganan yang bagi pecinta bebek sendiri adalah salah satu sorga dunia tentunya.

Sayangnya, saya tidak termasuk kedalam kategori pecinta bebek. Namun, kali ini saya menantang diri saya untuk dapat menghabiskan satu potong bebek ukuran sedang dan berhasil! Bukan bermaksud lebay, sebenarnya ini terjadi bukan karena kebetulan, tetapi didukung oleh racikan bumbu yang pas, yang membuat si bebek tidak amis sama sekali. Hanya saja mulut dan tangan harus menjadi panas, karena cabe hijau yang melekat selama proses memakannya.

Tantangan belum usai, karena masih ada dua potong bebek ukuran sedang yang menanti untuk disantap. Sedihnya orang serumah ternyata juga belum punya cukup nyali untuk mencicipinya. Alhasil saya harus memutar otak agar bebek ini tidak mubazir. Saya simpan si bebek semalaman di kulkas dan esoknya terlintas untuk mengolahnya menjadi bahan utama nasi goreng cabe hijau.

Bumbu cabenya ada, daging bebeknya juga ada, tinggal tambahkan nasi dan bahan pelengkap lainnya. Daging bebeknya disuir terlebih dahulu. Ternyata dua potong bebek ukuran sedang tadi menghasilkan daging suir penuh satu mangkok ukuran sedang pula. Hmm.. untuk ukuran dua porsi nasi goreng sepertinya terlalu berlebihan jika harus dimasukkan semua daging suir tersebut. Akhirnya, saya putuskan untuk menggoreng seluruh daging bebek suir tersebut sampai menghasilkan tekstur yang agak kering namun tidak alot. Penampakannya jadi mirip abon, sehingga saya berpikir ini juga bisa disimpan seperti abon dan dimakan sebagai teman nasi. Amisnya pasti jauh lebih berkurang dan lebih awet juga jika disimpan dengan baik.

Si itiak lado hijau kini telah berubah wujud menjadi nasi goreng "Itiak Lado Hijau" dan "Itiak Suir Goreng". Namun cara tersebut cukup ampuh untuk membuat si bebek memiliki berbagai varian yang membantu saya tetap dapat menikmatinya meskipun bukan pecinta bebek sejati.

Seperti dulu hal nya saya tidak begitu menyukai melon, dengan mengubah wujudnya menjadi jus melon, lambat laun saya pun menyukai melon utuh. Bahkan ketika saya tidak menyukai jengkol pun, saya mencoba memakannya dengan dipotong kecil-kecil terlebih dahulu dan dimasukkan kedalam nasi yang dibikin bulatan sampai akhirnya saya dapat menikmati apa saja varian jengkol he..he..he.

Tulisan ini hanya sekedar tips untuk tidak cepat mengatakan tidak suka terhadap jenis makanan tertentu. Namun, jika benar-benar tidak menyukai tidak perlu dipaksakan.

Kalaupun ada yang melihat fenomena antara irit dan pelit juga tidak ada masalah. Setidaknya nilai penting dari tantangan itiak lado hijau ini adalah bagaimana saya berupaya menghargai apa yang ada dihadapan saya, yang artinya juga saya berupaya menghargai teman yang telah membawakan itiak lado hijau ini spesial buat saya. (Betti D. Irawan)

*) Penulis adalah seorang ibu rumah tangga, Kitchen lover dan mahasiswa

Tulisan Anda ingin ditayangkan di Minangkabaunews? kirimkan saja ke email redaksi.minangkabaunews@gmail.com

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Betti D. Irawan
Tag: makan,perempuan,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kereta Gantung di Padang Panjang Masih Menunggu Investor

Kereta Gantung di Padang Panjang Masih Menunggu Investor

PADANG PANJANG - Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang pada tahun 2017 lalu telah merencanakan Cable Car (Kereta...

Tahun 2040, Islam Diprediksi Bakal Jadi Agama Terbesar Kedua di AS

Tahun 2040, Islam Diprediksi Bakal Jadi Agama Terbesar Kedua di AS

INTERNASIONAL - Perdebatan politik di Amerika Serikat akhir-akhir ini kerap menyinggung mengenai imigrasi Muslim....

 Bungkam Everton, Manchester United Kembali ke Posisi Dua

Bungkam Everton, Manchester United Kembali ke Posisi Dua

BOLA - Manchester United (MU) kembali ke posisi kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris, walaupun mungkin hanya...

Lahirkan Generasi Bangsa Cerdas di 50 Kota, Bupati Irfendi Arbi Motivasi Pelajar

Lahirkan Generasi Bangsa Cerdas di 50 Kota, Bupati Irfendi Arbi Motivasi Pelajar

LIMA PULUH KOTA - Guna melahirkan generasi bangsa yang cerdas, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi memberikan motivasi...

Desas-desus Jose Mourinho Bakal Mundur Sebagai Manajer Manchester United

Desas-desus Jose Mourinho Bakal Mundur Sebagai Manajer Manchester United

BOLA - Desas-desus Jose Mourinho bakal mundur sebagai manajer Manchester United (MU) mulai terdengar di dinding-dinding...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media