Thursday, 27 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Kab. Solok

Buk Bet Beri Sosialisasi Empat Pilar dan Sapa Santri Ponpes Darul Tauhid di Kabupaten Solok

Kamis, 12 Mei 2016 - 09:23:48 WIB - 2097
Buk Bet Beri Sosialisasi Empat Pilar dan Sapa Santri Ponpes Darul Tauhid di Kabupaten Solok


SOLOK -- Anggota DPR RI, asal Provinsi Sumatera Barat Fraksi Partai Golkar Betti Shadiq Pasadiqoe,SE, AK,MM menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pondok Pesantren Darul Tauhid, Selayo, Kabupaten Solok, Sumbar, Kamis, (28/4/2016) lalu.

Sosialisasi empat pilar MPR ini dihadiri puluhan santri pesantren Darut Tauhid, tokoh masyarakat dan pengurus pesantren.

Anggota DPR RI, asal Provinsi Sumatera Barat Fraksi Partai Golkar Betti Shadiq Pasadiqoe menjelaskan, rasa kebangsaan tidak dapat dinyatakan adanya tanpa dibuktikan oleh patriotisme dan cinta tanah air. Cinta tanah air tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip agama, bahkan inklusif di dalam ajaran Al Qur-an dan praktek Nabi Muhammad SAW. Kehidupan di pondok pesantren sesungguhnya sudah menerapkan nilai-nilai empat pilar itu.

Empat Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut adalah Pancasila sebagai landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa; Undang-Undang Dasar Negara Republik tahun 1945 sebagai landasan konstitusional; Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus yang harus dijunjung tinggi serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai kekayaan bangsa dan modal untuk bersatu.

Adapun tujuan yang lebih esensial dari kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di daerah pemilihan, di Dapil Provinsi Sumbar ini adalah supaya lebih memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya membangun komunikasi antara masyarakat dengan wakilnya dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dia berharap semoga, kegiatan dengar pendapat dengan masyarakat yang diselenggarakan tersebut menjadi umpan balik bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Disamping itu pula, diharapkan masyarakat Provinsi Sumbar dapat memberikan masukan atau saran yang optimal mengenai empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika, sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa nasionalisme/ cinta tanah air yang sepenuh hati.

Katanya, Pondok pesantren sudah dengan sendirinya mengimplementasikan Empat Pilar MPR RI. Sebab, nilai-nilai empat pilar sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pondok pesantren.

"Sosialisasi Empat Pilar di lingkungan pesantren hanya untuk menyegarkan kembali agar kita hidup dan menghidupi Indonesia, karena inilah negara kita," tandasnya.

Betti Shadiq Pasadiqoe juga mengaku senang berada di lingkungan pondok pesantren karena pondok pesantren merupakan gudangnya ulama dan tokoh intelek. "Saya sangat senang ada disini dan bertatap muka langsung dengan warga pesantren dan para guru," ujar Buk Bet panggilan akrabnya.

Terakhir, Dia menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Pondok Darul Tauhid yang telah sudi menerima kedatangannya. Dukungan terhadap program ini adalah bentuk cinta terhadap bangsa.

"Saya secara pribadi menyampaikan apresiasi dan hormat kepada orang orang yang telah mendidik generasi muda untuk memiliki karakter positif seperti di pondok pesantren ini," pungkasnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Satu Unit Rumah di Pariaman Hangus Dilalap Sijago Merah, Kerugian Ditaksir Rp 300 Juta

Satu Unit Rumah di Pariaman Hangus Dilalap Sijago Merah, Kerugian Ditaksir Rp 300 Juta

PARIAMAN - Satu unit rumah permanen rata dengan tanah akibat dilalap sijago merah di Desa Kampung Kandang Kecamatan...

Gelar Musda Luar Biasa, Koni Kota Sawahlunto Sepakati Hal Ini

Gelar Musda Luar Biasa, Koni Kota Sawahlunto Sepakati Hal Ini

SAWAHLUNTO - Rabu 12 juni 2019 Koni Sawahlunto melaksanakan Musyawarah Luar Biasa di ruang Cemara Hotel Ombilin kota...

Diguyur Hujan Sejak Beberapa Minggu Terakhir, Jalan Nasional di Mentawai Longsor

Diguyur Hujan Sejak Beberapa Minggu Terakhir, Jalan Nasional di Mentawai Longsor

MENTAWAI - Curah hujan berintensitas tinggi yang terjadi beberapa minggu terakhir di Kabupaten Kepulauan Mentawai,...

Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-73, Polres Mentawai Gelar Operasi Bibir Sumbing

Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-73, Polres Mentawai Gelar Operasi Bibir Sumbing

MENTAWAI - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke - 73, Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai lakukan aksi...

Longsor Terjadi di Jorong Bantiang Agam, Akibat Curah Hujan Yang Tinggi

Longsor Terjadi di Jorong Bantiang Agam, Akibat Curah Hujan Yang Tinggi

AGAM - Curah hujan yang cukup tinggi di sebagian wilayah Kabupaten Agam, Sumatra Barat, (Sumbar), mengakibatkan terjadi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media