Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Solok

Antisipasi Bencana Gunung Api, BPBD Sumbar Gelar Simulasi Bencana

Minggu, 15 Mei 2016 - 21:41:02 WIB - 1583
Antisipasi Bencana Gunung Api, BPBD Sumbar Gelar Simulasi Bencana


SOLOK -- Antisipasi bencana gunung berapi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBB) Sumbar bersama Pemkab Solok menggelar simulasi bencana gunung api Talang di kaki gunung talang Batu Bajanjang selama dua hari Sabtu, (14/5)-Senin, (16/5)

Simulasi sengaja digelar di Batu Bajanjang, Kabupaten Solok karena berdekatan dengan Gunung Talang yang masih aktif dan diikuti Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat Zulfiatno, Bupati Solok Gusmal, Muspika Kabupaten Solok, BPBD Kabupaten Solok, dan para masyarakat yang tergabung dalam tim relawan penanggulangan bencana gunung api talang.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengaku pihaknya sedang membangun Sistem Penanggulangan Bencana tingkat provinsi. Simulasi ini dilakukan bukan setelah ada bencana melainkan sebelum bencana itu datang.

"Jadi kita harus siap dalam keadaan apapun bila benacana itu akan datang," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

Wakil Gubernur Sumatera Barat mengucapkan terimakasih kepada pihak penyelenggara kegiatan dan masyarakat yang telah melaksanakan pelatihan dan simulasi gunung api talang.

"Simulasi merupakan proses pembelajaran bagi masyarakat dan bagi para petugas penyelamat serta relawan, sehingga pada saat terjadi bencana alam kita telah sudah siap untuk menyelamatkan diri dan melakukan pertolongan pertama untuk para korban," ujarnya.

Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan dengan bencana baik itu bencana gunung meletus, bahkan bencana tsunami. Untuk itu kegiatan pelatihan dan simulasi bencana ini penting untuk terus dilaksanakan untuk meningkatkan kesiap siagaan kita ketika suatu waktu bencana itu datang.

Kepala BPBD Sumbar, Zulfiatno mengatakan Pelatihan dan simulasi ini bertujuan melatih para petugas, relawan, dan koordinasi setiap instansi pemerintah. Selain itu, membuat warga terlatih dan siap jika bencana yang tidak diharapkan tersebut terjadi.

Pelatihan dan Simulasi Gunung Api Talang ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat dibantu oleh BPBD Kabupaten Solok dan Pemerintah Kabupaten Solok, dilaksanakan selama 14-16 Mei 2016.

wali nagari batu bajanjang mengucapkan terimakasih atas ilmu dalam simulasi yang diberikan, dan berharap adanya jalan evakuasi untuk masyarakat sehingga memudahkan penyelamatan ketika terjadi bencana.

Bupati Solok Gusmal menambahkan kedepan akan kita sediakan jalur evakuasi untuk memudahkan masyarakat. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Nyaris Menang, Semen Padang FC Imbang dengan Tuan Rumah Bhayangkara FC

Nyaris Menang, Semen Padang FC Imbang dengan Tuan Rumah Bhayangkara FC

BOLA -- Misi Kabau Sirah mengobati kekalahan pada pekan k-26 Liga 1 2019 nyaris terwujud di Stadion PTIK Jakarta, Sabtu...

Ternyata Pengolahan Produk Makanan Berbahan Dasar Jagung Menguntungkan Petani

Ternyata Pengolahan Produk Makanan Berbahan Dasar Jagung Menguntungkan Petani

PASAMAN - Kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Andalas (Unand) Padang, melalui Lembaga...

Dasima, Nenek Renta Warga Pariaman Hidup Sebatang Kara di RTLH

Dasima, Nenek Renta Warga Pariaman Hidup Sebatang Kara di RTLH

PARIAMAN - Renta dan sebatang kara Dasima (86) nenek yang tinggal di Desa Sungai Rambai Dusun Sungai Rambai Utara...

Mastilizal Aye Diamanahkan Jadi Ketua BK DPRD Padang, Ini Katanya

Mastilizal Aye Diamanahkan Jadi Ketua BK DPRD Padang, Ini Katanya

PADANG -- Mastilizal Aye dari Fraksi Gerindra terpilih terpilih sebagai Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Padang untuk...

Diduga Pengedar Narkoba, Dua Warga Madina Sumut Diciduk Satres Narkoba Pasbar

Diduga Pengedar Narkoba, Dua Warga Madina Sumut Diciduk Satres Narkoba Pasbar

PASAMAN BARAT - Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), ciduk dua tersangka pengedar...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media