Sunday, 20 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Kota Pariaman jadi yang Pertama Tanda Tangani SIKP di Sumatera Barat

Selasa, 17 Mei 2016 - 22:08:46 WIB - 799
Kota Pariaman jadi yang Pertama Tanda Tangani SIKP di Sumatera Barat


PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatra Barat pertama lakukan MoU dengan Kanwil Direktorat Perbendaharaan Negara Provinsi Sumbar menyangkut Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) di ruang rapat Walikota Pariaman, Selasa (17/5).

"Kota Pariaman merupakan daerah pertama di Sumbar yang menjalin kerjasama dengan Kanwil Direktorat Perbendaharaan Provinsi Sumbar," sebut Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sumbar Supriyo.

ia melanjutkan, berdasarkan pemeriksaan BPK tahun 2013 banyak ditemukan kredit KUR yang salah sasaran dan bunga yang tidak sesuai dengan semestinya, kita harapkan dengan adanya data tunggal dari SIKP ini akan meminimalisir permasalahan-permasalahan pengembalian kredit UMKM.
Bunga kredit UMKM ini sambung nya, sangat kecil sebesar 9% setelah mendapat subsidi dari pemerintah sebesar 10%.

"Bunga kredit yang akan dikucurkan pemerintah sebesar 19% dan disubsidi oleh pemerintah sebesar 10%, jadi masyarakat hanya dibebankan bunga sebesar 9%, dan kredit yang akan disalurkan mencapai 100 triliyun untuk tahun 2016 ini," jelasnya.

Pemerintah Kota Pariaman melalui Diskoperindag akan mengupload data UMKM ke dalam SIKP. Dari data tersebut UMKM yang terdaftar memiliki peluang mendapatkan kredit sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Walikota Pariaman Muklis Rahman sangat menyambut baik program SIKP ini karena dapat mengatasi Permasalahan pada UMKM yang ada di Kota Pariaman.

"Selama ini sudah banyak kita salurkan bantuan kredit kepada UMKM, tetapi selalu ada masalah dalam pengembaliannya. Masyarakat berusaha dengan segala cara untuk mendapatkan kredit, namun bermasalah ketika pengembaliannya," Ujar Muklils Rahman.

Permasalahan lainnya adalah lanjut Mukhlis, tentang data yang mana Sering muncul data UMKM baru ketika ada program bantuan kredit, kita harapkan dengan adanya SIKP ini data UMKM lebih valid dan akurat," Lanjutnya.

Jumlah UMKM yang sudah didata oleh Diskoperindag sebanyak 3.959 UMKM dan lebih banyak bergerak dibidang perdagangan dan industry kecil. Jumlah kredit yang akan didapat berkisar antara 10 juta hingga 500 juta sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. (H/W)

Editor/Sumber: Warman
Tag: pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kabut Asap Makin Berbahaya, Pemko Solok Liburkan Peserta Didik

Kabut Asap Makin Berbahaya, Pemko Solok Liburkan Peserta Didik

SOLOK - Kabut asap di Solok dianggap berbahaya pada kesehatan masyarakat, pemerintah Kota Solok memilih meliburkan...

TdS Tahun 2019, Kota Padang Panjang Dilewati Tiga Kali

TdS Tahun 2019, Kota Padang Panjang Dilewati Tiga Kali

PADANG PANJANG - Tour de Singkarak (TdS) merupakan program tahunan yang diselenggarakan di Sumatera Barat (Sumbar). Di...

Hari Ini Kualitas Udara Sumbar Kembali Buruk

Hari Ini Kualitas Udara Sumbar Kembali Buruk

...

50 Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Ranah Minang

50 Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Ranah Minang

PADANG -- Sebanyak 50 orang perantau Minangkabau selamat sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pukul 20.50...

Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik UNP Gelar Workshop Scientific Writing

Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik UNP Gelar Workshop Scientific Writing

PADANG -- Sedikitnya sebanyak 102 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa S2 dan S3 mulai dari Angkatan 2013-2019 Program...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media