Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Ciptakan UMKM Handal, Dinkop UMKM Padang Adakan Pelatihan Desain Kemasan

Selasa, 24 Mei 2016 - 07:26:26 WIB - 1202
Ciptakan UMKM Handal, Dinkop UMKM Padang Adakan Pelatihan Desain Kemasan


PADANG -- Upaya Ciptakan UKM Handal, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang mengadakan pelatihan kemasan untuk pelaku usaha kecil menengah (UMKM) di Aula SMK 6 Padang, Senin, (23/5/2016).

Kegiatan pelatihan yang melibatkan sekitar 100 pelaku UMKM ini dalam dua kali angkatan yakni angkatan pertama pada 23 hingga 25 Mai 2016, dan angkatan Pertamadilaksanakan pada 26 sampai 28 Mai 2016, dimana para peserta ini merupakan para penggiat usaha dengan berbagai jenis usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Padang, Yunisman,SE,MM mengungkapkan, saat ini Dinas Koperasi dan UMKM Padang terus berkomitmen memperkuat UMKM melalui program-program pemberdayaan antara lain, mengucurkan dana untuk pembiayaan pinjaman modal usaha ke koperasi UMKM melalui KJKS BMT ataupun dengan menggaet perbankan. "Masalah kemasan harus ditampilkan semenarik mungkin sehingga mendatangkan nilai lebih dalam memasarkan produk," ungkap Yunisman.

Lebih lanjut, Yunisman mengatakan melalui pelatihan ini diharapkan dapat membantu para UMKM dalam berinovasi atau membuat ide-ide kemasan produknya menjadi jalan keluar agar produk UMKM dapat meningkatkan nilai tambah dengan biaya yang terjangkau dan mempunyai daya saing yang menghasilkan produktifitas yang unggul.

"Selain memperhatikan kemasan ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yakni perlunya UMKM mengetahui cara dan peraturan labeling yang meliputi informasi yang tercantum dalam kemasan, mengetahui pentingnya memilih merk serta cara pendaftarannya, mengetahui tentang barcode, fungsi, manfaat, cara membuat serta persyaratan pendaftarannya, dengan adanya para pelalu mengetahui hal-hal tersebut dapat meyakinkan pembeli bahwa produk yang mereka beli terjamin mutunya," jelasnya.

Terkait dengan MEA, Katanya, bagi pelaku UMKM kita tentu akan menghadapi persaingan yang lebih sengit lagi. Kenapa?, Karena pelaku UMKM dari Negara ASEAN saat ini telah mempelajari bahasa Indonesia, dimana ini semua dilakukan dalam rangka ekspansi di pasar ritel Indonesia tanpa kecuali kota Padang.

"Sehingga kita sebagai pelaku UMKM harus tahu Produk-produk apa yang dibutuhkan oleh konsumen Kota Padang, dan bagaimana kemudian semua kebutuhan tersebut dapat kita penuhi sendiri agar nantinya UMKM di kota Padang tidak kalah dengan produk-produk dari luar," kata Yunisman.

Katanya, UMKM perlu terus dikuatkan dari segi legalitas, kemasan, daya tarik produk, kualitas dan kemasan sehingga bisa bersaing di pasaran, inilah peran Dinkop bersama tim pendampingan UMKM untuk menfasilitasi apapun kebutuhan UMKM agar bisa tampil beda dan memilki daya tarik tersendiri di mata konsumen.

"Ini bagian dari goodwill Pemerintah Kota Padang kaitannya dengan ekonomi kerakyatan," ungkapnya. Yunisman, menghimbau agar para peserta pelatihan benar-benar memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber yang sudah berkompeten dan berpengalaman di bidangnya.

"Kalau ada yang belum jelas, tanyakan sejelas-jelasnya, agar yang disampaikan nanti dapat menjadi pengetahuan dan nilai tambah bagi anda semua," imbuhnya.

Selain itu dia juga mengapresiasi dengan akan dibangunnya Minang Mart, Minang Mart ini juga akan banyak membantu UMKM agar bisa memasarkan produknya, "Kita juga berkomitmen untuk melarang retail modern Alfamart dan indomart di Padang karena kita cinta dengan UMKM untuk melindungi mereka," tutupnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Yuk Ramaikan International Gowes Siti Nurbaya III 2019, Catat Tanggalnya

Yuk Ramaikan International Gowes Siti Nurbaya III 2019, Catat Tanggalnya

PADANG -- Pemko Padang kembali menggelar International Gowes Siti Nurbaya Adventure (IGSNA) III, Minggu, 27 Oktober...

Mantan Wakil Ketua DPRD Sumbar Naik Kelas, Haji GG: Terima Kasih atas Dukungan Masyarakat

Mantan Wakil Ketua DPRD Sumbar Naik Kelas, Haji GG: Terima Kasih atas Dukungan Masyarakat

JAKARTA -- Mantan Wakil Ketua Sumbar H. Guspardi Gaus "naik kelas" menduduki kursi DPR RI periode...

Baznas Kota Solok Bekerjasama dengan PDAM Berikan Subsidi Fasilitas Air Minum Untuk KK Miskin

Baznas Kota Solok Bekerjasama dengan PDAM Berikan Subsidi Fasilitas Air Minum Untuk KK Miskin

SOLOK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok bekerjasama dengan PDAM Kota Solok memberikan subsidi pada...

TMMD ke 106 Kodim 0306/50 Kota, TNI Laksanakan Pembangunan Fisik dan Penyuluhan Narkoba

TMMD ke 106 Kodim 0306/50 Kota, TNI Laksanakan Pembangunan Fisik dan Penyuluhan Narkoba

LIMAPULUH KOTA - Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari (DPMD/N) Kabupaten Lima Puluh Kota, Ahmad...

Wiranto Ditusuk Jadi Headline Media Asing dari AFP Hingga Straitstimes

Wiranto Ditusuk Jadi Headline Media Asing dari AFP Hingga Straitstimes

JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto diserang oleh pasangan suami istri saat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media