Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Ada Lomba Masak Gulai Kepala Ikan di Festival Pesona Gandoriah 2016

Kamis, 26 Mei 2016 - 12:54:29 WIB - 945
Ada Lomba Masak Gulai Kepala Ikan di Festival Pesona Gandoriah 2016


PARIAMAN - Kota Pariaman, Sumatera Barat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata siap menggelar iven Festival Pesona Gandoriah tanggal 28 Mei hingga 1 Juni 2016 di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar pada acara jumpa pers Festival Pesona Gandoriah di ruang rapat aula Balaikota Pariaman, Rabu (25/5).

Jumpa pers dipimpin langsung oleh Wawako Pariaman dan didampingi oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman beserta jajaran, Kabag Humas, serta wartawan di lingkungan Pemerintah kota Pariaman.

"Pemerintah Kota pariaman sudah siap menggelar Iven Festival Pesona Gandoriah yang akan dimulai tanggal 28 Mei sampai 1 Juni 2016 mendatang, iven dengan 9 item lomba ini merupakan wisata kreatifitas yang menggali atraksi budaya yang ada di Kota Pariaman. Berbagai persiapan lomba dan persiapan keamanan telah kita koordinasikan dengan pihak-pihak terkait," ungkap Wawako.

"Kota Pariaman konsisten dengan visi misinya menjadikan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata pantai dan bahari, sehingga Festival Pesona Gandoriah, Tabuik, dan Triathlon telah diagendakan sebagai iven nasional oleh Kementerian Pariwisata," sambungnya.

Festival Pesona Gandoriah tahun ini merupakan iven kedua yang dilaksanakan, setelah sebelumnya sukses digelar dengan nama Festival Pesisir pada tahun 2015 lalu.

Festival Pesona Gandoriah akan menggelar 9 item lomba antara lain lomba memasak kepala ikan pada tanggal 28 Mei 2016. Lomba lagu minang pada tanggal yang sama serta lomba surfing. Keesokan harinya 29 Mei 2016 diadakan lomba selaju sampan. Festival layang-layang internasional pada tanggal 30 Mei 2016, festival ini akan diikuti oleh 6 negara, 7 daerah di luar sumatera dan 20 peserta local, disamping itu juga akan diadakan workshop layang-layang.

Genius juga mengatakan, selain mendongkrak pariwisata daerah, Festival Gandoriah juga memiliki berbagai tujuan diantaranya, peningkatan wawasan edukasi, pengenalan berbagai kuliner daerah ke tingkat nasional dan membantu pengembangan kreatifitas para pemuda.

"Salah satu tujuan dari kegiatan yang kita adakan dalam festifal gandoriah ini adalah untuk mewaspadai dan mencegah terjadinya generasi muda yang berperilaku tidak normal dan melanggar nilai sosial, dengan adanya Festival Gandoriah para remaja lebih bisa mengeksplorasi diri mereka ke arah yang lebih baik," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pariaman, Efendi Jamal menjelaskan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan termasuk berkoordinasi dengan instansi terkait lainya seperti Polisi, TNI, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan (Dinkes), serta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat.(H/W)

Editor/Sumber: Warman
Tag: pariaman,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pemerintah Larang Minyak Curah 1 Januari 2020 Karena Tidak Sehat dan Hygienis, Ini kata Pedagang

Pemerintah Larang Minyak Curah 1 Januari 2020 Karena Tidak Sehat dan Hygienis, Ini kata Pedagang

PADANG --Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menghapus peredaran minyak curah mulai 1 Januari 2020 karena dianggap...

Solusi Cegah Stunting, Empat Nagari di Pasaman Barat Ikuti Safari Gemarikan

Solusi Cegah Stunting, Empat Nagari di Pasaman Barat Ikuti Safari Gemarikan

PASAMAN BARAT - Sebanyak 200 orang peserta yang berasal dari Empat Nagari prioritas penanganan stunting yang ada di...

Ribuan Siswa di Pasaman Terima Kartu Identitas Anak

Ribuan Siswa di Pasaman Terima Kartu Identitas Anak

PASAMAN - Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis resmi serahkan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi ribuan siswa di Pasaman....

Entaskan Kemiskinan, Apris Salurkan Bantuan kepada 560 WRSE

Entaskan Kemiskinan, Apris Salurkan Bantuan kepada 560 WRSE

PADANG -- Sebanyak 560 Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) sejumlah kelurahan di Padang mendapatkan bantuan pokok...

Tradisi Makan Bajamba adalah Identitasnya Orang Minangkabau

Tradisi Makan Bajamba adalah Identitasnya Orang Minangkabau

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media