Sunday, 18 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Kapal Wisata Karam di Pantai Gandoriah Diduga Kelebihan Muatan

Senin, 30 Mei 2016 - 00:31:04 WIB - 2837
Kapal Wisata Karam di Pantai Gandoriah Diduga Kelebihan Muatan


PARIAMAN -- Sebuah kapal wisata hari ini tenggelam di perairan Pantai Gandoriah Kota Pariaman Ahad (29/5/2016). Kapal dengan nama Selat Bunga itu diduga kelebihan muatan saat melaut di tengah terjangan ombak tinggi sehingga karam.

"Kapal itu karena penumpang sekitar 14 orang, melebihi kapasitas, dan juga karena ada ombak tinggi sampai dua meter," kata AKBP Ricko Junaldy SI.K MM Kapolres Pariaman

AKBP Ricko Junaldy SI.K MM Kapolres Pariaman mengatakan, peristiwa naas itu terjadi pada Minggu siang pukul 11.20 WIB di sekitar Bibir Pantai Gandoriah. "Kejadian berawal dari sebuah hempasan ombak besar yang menghantam bagian belakang kapal, yang mengakibatkan masuknya air laut ke lambung kapal dan dengan perlahan menenggelamkan badan kapal wisata tersebut," sebut Ricko.

Kapal wisata yang dikemudikan oleh Bambang itu membawa sebanyak 14 penumpang di dalam kapal. Hanya dalam waktu 15 menit sebagian badan kapal mulai tenggelam sehingga membuat para penumpang panik. "Kejadian ini berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai, tapi sebelum tenggelam beberapa wisatawan sudah ada juga yang di evakuasi dan di bantu juga oleh masyarakat sekitar dengan langsung membantu para penumpang untuk diselamatkan," ulas Kapolres.

Ricko mengatakan salah seorang korban bernama Tia (16) asal Kota Padang langsung dilarikan ke Rumah Sakit setempat untuk mendapatkan perawatan. "Adapun nama 14 korban lainnya yang terdata berasal dari Kota yang sama yakninya, Musjasman (45), Elfira (39), Vinda (31), Rika (35). Kemudian Musda Fitriani (39), Hafidh (3), Disha (3), Niusma R.O (36), Hartita (5), Nofrianti (42), Aulia (7), Amid (35), Tia (16), dan Ipah (50)".

Akibat peristiwa tenggelamnya kapal wisata ini dan tingginya gelombang laut, pemerintah setempat menutup sementara waktu kunjungan ke Pulau Angso Duo.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Efendi Jamal, mengatakan puluhan wisatawan tersebut akan menuju Pulau Angso Duo. Namun kapal wisata ini sebelumnya telah dilarang untuk tidak berangkat dari titik kejadian tersebut.

"Kita menduga kapal tersebut juga kelebihan muatan karena adanya oknum tertentu dengan sengaja menjual tiket lebih murah dari harga semestinya sehingga penumpang berbondong-bondong menggunakan jasa kapal tersebut. Harga tiket ke Pulau Angso Duo seharusnya yang resmi adalah Rp40 ribu, namun diduga ada juga oknum tertentu yang menjual Rp30 untuk mencari keuntungan pribadi," jelasnya.

Efendi Jamalpun mengakui dari puluhan kapal wisata yang beroperasi di sekitar objek wisata Pantai gandoriah, belum semuanya memiliki izin resmi untuk mengangkut penumpang. "Kita juga telah meminta kepada dinas terkait lainya untuk bisa saling berkoordinasi perihal izin kapal sehingga tidak menimbulkan permasalahan kedepannya," tutup Jamal. (warman)

Editor/Sumber: Warman
Tag: pariaman,peristiwa

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Syahiran Meninggal Dunia,  Muhammadiyah Berduka Kehilangan Tokoh dan Anggota Keluarga

Syahiran Meninggal Dunia, Muhammadiyah Berduka Kehilangan Tokoh dan Anggota Keluarga

JAKARTA -- Kabar duka datang dari Bupati Pasaman Barat, Drs. H. Syahiran, MM meninggal dunia dalam usia 66 tahun di...

Danrem 032 Wibraja Hadiri Upacara HUT RI ke 74 di Mentawai, Bupati Bangga

Danrem 032 Wibraja Hadiri Upacara HUT RI ke 74 di Mentawai, Bupati Bangga

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara...

Ikhsanul Bahrein Kembali Terpilih Jadi Ketua BPC Gapensi Solok Selatan Untuk Periode 2019-2024

Ikhsanul Bahrein Kembali Terpilih Jadi Ketua BPC Gapensi Solok Selatan Untuk Periode 2019-2024

PADANG ARO -- Ikhsanul Bahrein, pimpinan perusahaan CV. Mutiara Selatan, didapuk menjadi Ketua BPC Gapensi Solok...

Pantai di Dusun Maosa Mentawai Mengalami Abrasi, Belasan Rumah Terancam Ambruk

Pantai di Dusun Maosa Mentawai Mengalami Abrasi, Belasan Rumah Terancam Ambruk

MENTAWAI - Akibat gelombang serta air pasang yang tinggi, pantai di Dusun Maosa Desa Matobe Kecamatan Sipora Selatan...

Perayaan 3,5 Abad Kota Padang Tanpa Anggota DPRD Padang

Perayaan 3,5 Abad Kota Padang Tanpa Anggota DPRD Padang

PADANG -- Hari Ulang Tahun (HUT) ke-350 Kota Padang yang jatuh pada Rabu besok, 7 Agustus 2019, tidak seperti tahun...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media