Friday, 24 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Warga Limau Manih Tepi Selo Wujudkan TK Swadaya Senilai Rp. 175 Juta

Senin, 30 Mei 2016 - 21:02:15 WIB - 1314
Warga Limau Manih Tepi Selo Wujudkan TK Swadaya Senilai Rp. 175 Juta


TANAH DATAR - Berawal dari rasa kasihan dan banyaknya anak yang tidak memulai pendidikannya dari Taman Kanak-Kanak warga Jorong Limau Manih Nagari Tepi Selo baik di Kampung maupun di perantauan berkeinginan untuk memiliki sebuah TK yang representatif.

Keinginan ini diwujudkan dengan dilakukanya peletakan batu pertama pembangunan gedung TK Al Barkah oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang pada saat itu masih menjabat sebagai Wakil Bupati Tanah Datar.

"Pembangunan Gedung TK ini murni dari swadaya dari masyarakat dan perantau Limau manih tepi selo," sebut Walijorong Idris Sardi kepadaawak media Minggu (28/5) disela-sela Goro pembangunan Gedung TK AL Barkah.

Ia mengungkapkan, Anak-anak warga di jorong Limau Manih ini jika hendak memasuki masa usia TK harus menempuh jarak 2,5 KM ke Pusat Nagari ,tentu ini manjadi satu kendala bagi orang tua sehingga banyak anak di Jorong ini memulai pendidikannya dari sekolah dasar.

"Padahal cukup banyak putra-putri asal Jorong ini yang telah memegang jabatan strategis di berbagai daerah di Indonesia,dan atas dasar itulah warga berkeinginan membangun TK tersebut," sebut Idris.

Ketua Pelaksana pembangunan Gedung TK Chaidir yang juga pengusaha di Jakarta melalui telepaon seluler menyebutkan ,Pembangunan Gedung TK ini diperkirakan akan menelan anggaran sebesar RP 175 juta.

"Gedung ini terdiri dari 3 lantai yang kita rencanakan dilantai dasar tempat belajar dan sarana prasarana TK dan dilantai 2 direncanakan tempat pelatihan dan kursus komputer bagi generasi muda Lintau tanpa dipungut biaya alias gratis karena biaya pendidikan seperti guru dan gedung seluruhnya ditanggung donatur ,dan ini kita lakukan sebagai bentuk kesatuan dari warga Lintau IX Koto," ungkapnya.

Sementara itu untuk lantai 3 tambah Chaidir ,diperuntukan sebagai tempat musyawarah kegiatan kepemudaan.

"Untuk TK kita telah mendapatkan bantuan berupa ATK dan lata peraga dari Dinas Pendidikan Sumbar ,sementara itu untuk peralatan Komputer yang perkirakan berjumlah 20 unit diharapkan perhatian dan bantuan dari Pemkab Tanah Datar Melalui media ini kami mengucapkan Terima Kasih kepada Ibu Asnita yang saat ini menjabat sebagai hakim di Pasaman Barat ,Erdison Mansyur ,Humas Pemkab Tanah Datar dan para donatur yang tidak dapat disebutkan satu persatu namanya di Media ini ,semoga bantuan tersebut dibalas oleh Allah SWT," Katanya.

Walinagari Tepi Selo M.Natsir Dt Sampalawan menyebutkan, pihaknya sangat mendukung program pembanguna gedung TK Albarqah ini.

"Kita sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif perantua dan warga jorong limau Manih ini,namun untuk tahun 2016 ini kita telah merencanakan pembangunan Polindes yang juga di Jorong ini, oleh karena anggaran pembangunan Nagari terbatas dan Nagari tepi selo terdiri dari 10 jorong tentu anggaran tersebut dibagi-bagi kesepuluh jorong yang ada di Nagari Tepi Selo, satu hal yang penting Kenagarian Tepi Selo juga mendukung pembangunan gedung TK ini dengan cara dan upaya lainnya," Ungkapnya.

Setidaknya ratusan orang warga Limau manih turun bergoro dijalanan dan digedung TK yang dipimpin oleh Walinagari Tepi Selo "Alahmdullilah kesadaran warga untuk membersihkan banda dan lingkungan sangat besar disamping pembangunan Gedung TK ini," tutupnya.(romeo)

Loading...
Editor/Sumber: Romeo
Tag: pendidikan,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Mari Elka Pangestu, Srikandi ke Dua Indonesia yang Jadi Direktur Bank Dunia

Mari Elka Pangestu, Srikandi ke Dua Indonesia yang Jadi Direktur Bank Dunia

INTERNASIONAL - Mari Elka Pangestu telah ditunjuk Presiden Bank Dunia David Malpass untuk menjadi Direktur Pelaksana,...

Heboh Kemunculan Sunda Empire, Begini Respon Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Heboh Kemunculan Sunda Empire, Begini Respon Gubernur Jabar Ridwan Kamil

BANDUNG - Raja dan ratu Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah sudah berhasil ditangkap aparat kepolisian....

Demi Generasi Muda, Disdikbud dan Polres Pasaman Sepakati MoU

Demi Generasi Muda, Disdikbud dan Polres Pasaman Sepakati MoU

LUBUK SIKAPING - Polres Pasaman menyelenggarakan kegiatan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Dinas Pendidikan...

Sound Of Borobudur Akan Mengguncang Malam Puncak Pamalayu

Sound Of Borobudur Akan Mengguncang Malam Puncak Pamalayu

DHARMASRAYA -- Musisi dan penyanyi legendaris nasional, bakal manggung di Dharmasraya. Mereka buat pertama kalinya akan...

RRI Bukittinggi 74 Tahun Mengudara Mengadakan Dialog Langsung di Gunung Omeh Koto Tinggi

RRI Bukittinggi 74 Tahun Mengudara Mengadakan Dialog Langsung di Gunung Omeh Koto Tinggi

Bukittinggi - Keberadaan RRI Bukittinggi mengudara, Selasa, (14/1), tepat 74 tahun, untuk tidak bias di masyarakat...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media