Sunday, 18 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Kota Pariaman Canangkan TNI-KB Kesehatan

Selasa, 31 Mei 2016 - 23:32:30 WIB - 680
Kota Pariaman Canangkan TNI-KB Kesehatan


PARIAMAN -- Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mencanangkan pelaksanaan percepatan pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (PKKB) melalui bakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Pariaman, di Aula Balaikota Pariaman, Selasa (31/5/2016).

Menurut Mukhlis Rahman, salah satu upaya yang telah dan terus dilakukan dalam rangka mengendalikan pertumbuhan penduduk adalah melalui program pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Pariaman. Program ini secara nyata bisa memberikan pengaruh positif sekaligus memberikan kontribusi bagi masyarakat, terutama keluarga prasejahtera.

Mukhlis Rahman juga menyampaikan, pencanangan KB di Kota Pariaman selama ini cukup sukses di Kota Padang. Itu tak terlepas dari peran TNI yang membantu secara maksimal bersinergi dengan Pemko Padang menyukseskan program tersebut.

Kegiatan ini merupakan forum yang sangat strategis untuk merumuskan segala kesiapan Pemerintah Kota Pariaman dan TNI, dalam meningkatkan program Keluarga Berencana (KB), untuk itu kepada para peserta saya harapkan kiranya dapat memberikan kontribusi pemikiran atau ide yang konstruktif dan inovatif melihat kondisi dari masyarakat kita saat ini.

Mukhlis Rahman lebih lanjut mengatakan agar kita bersama dapat mendorong partisipasi keikutsertaan semua pasangan usia subur untuk memperoleh akses yang luas terhadap pelayanan kontrasepsi terutama bagi kalangan pria agar menjadi akseptor KB, walaupun di Kota Pariaman saat ini untuk tingkat Akseptor pria yang digaungi oleh Kodim 0308 Pariaman, merupakan tertinggi di tingkat Provinsi Sumatera Barat, ujar Mukhlis Rahman.

"Kita bangun Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga melalui pengembangan program Bina Keluarga Balita dan meningkatkan ekonomi keluarga melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, demi suksesnya program Keluarga Berencana di Kota Pariaman," tukas Muhkhlis Rahman usai Rapat evaluasi Rencana Kerja Program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dam Pemberdayaan Perempuan serta Pencanangan Bulan Bhakti TNI KB Kesehatan tingkat Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman, selasa (31/5).

Saat ini terjadi ledakan penduduk di Indonesia, dan untuk menahan ledakan penduduk itu, pemerintah mengeluarkan program yang dikenal dengan istilah Keluarga Berencana. Yang mana program ini cukup efektif dalam mengurangi laju pertumbuhan penduduk, tutupnya.

Dalam sambutan Kepala Dinas BP2KB Kota Pariaman Definal, mengatakan acara ini diikuti 150 peserta yang berasal dari SKPD, PKK, Kepala Puskesmas dan petugas lini lapangan, Kepala Desa dan Lurah serta Babinsa dari Kodim 0308 Pariaman. Sampai akhir desember 2015 peserta KB baru di Kota Pariaman sebesar 1664 Akseptor, Keluarga yang tidak ingin anak lagi atau anak ditunda sebesar 2033 peserta. Keberhasilan yang telah kita raih saat ini adalah pencanangan Kampung KB di Desa Naras, dan Penilaian PKK KB Kesehatan bidang Posyandu di Desa Koto Marapak tingkat Nasional, jelasnya.

Selanjutnya dalam expose Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh. Endro Nurbantoro mengatakan, "Kerjasama yang dilakukan oleh Kodim 0308 Pariaman dengan pemerintah Kota Pariaman telah berlangsung cukup lama, dan kita selalu mendukung program yang dibuat oleh Pemko Pariaman. KB ini bertujuan untuk menuju kesejahteraan keluarga dan ketahanan keluarga, sehingga tercipta ekonomi yang lebih baik," tukasnya.

"Dengan perencanaan yang baik dimulai dari diri kita sendiri, merencanakan dengan matang langkah-langkah yang akan kita ambil, maka kita dapat menjelaskan kepada masyarakat untuk dapat mengikuti program KB ini. dan hal ini telah kita buktikan dengan 3 tahun berturut-turut meraih predikat pertama di tingkat Sumatera Barat," tuturnya.

Hadir dalam acara ini perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat Imran, BP2KB Provinsi Sumbar Putria Helmi, Forkopimda, Staf Ahli Yandraferi, Kepala SKPD, Kabag, Camat beserta peserta acara ini yang hadir. (H/W)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Bahas TPAS, Wakil Walikota Pariaman Temui Warga Tungkal Selatan

Bahas TPAS, Wakil Walikota Pariaman Temui Warga Tungkal Selatan

PARIAMAN - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin menghadiri pertemuan dengan warga Desa Tungkal Selatan, pada...

DKP Optimis Pengangkatan Bangkai Kapal di Muara Padang Tuntas 12 Agustus, Ini Kata Wali Kota Padang

DKP Optimis Pengangkatan Bangkai Kapal di Muara Padang Tuntas 12 Agustus, Ini Kata Wali Kota Padang

...

35 Anggota Paskibraka Kabupaten Pasaman Dikukuhkan, Bupati Pesankan Ini

35 Anggota Paskibraka Kabupaten Pasaman Dikukuhkan, Bupati Pesankan Ini

PASAMAN - Sebanyak 35 orang anggota Paskibraka dikukuhkan Bupati Pasaman Yusuf Lubis, di Gedung Syamsiar Thaib Lubuk...

Gubernur : Ulama Seperti Suluh Dalam Bangunan ABS-SBK

Gubernur : Ulama Seperti Suluh Dalam Bangunan ABS-SBK

BUKITTINGGI -- Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno menegaskan betapa pentingnya peran ulama, kiai, dan tokoh agama dalam...

Upacara Kemerdeka RI ke-74 di Pauh Duo Dihadiri Muspida dan Muspika Kecamatan

Upacara Kemerdeka RI ke-74 di Pauh Duo Dihadiri Muspida dan Muspika Kecamatan

PADANG ARO -- Upacara kemerdekaan RI ke-74 di Kecamatan Pauh Duo berjalan dengan khidmat. Upacara yang dilangsungkan di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media