Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Sore Nanti Kemenag Kota Pariaman Adakan Rukyatul Hilal Perdana

Minggu, 05 Juni 2016 - 13:12:34 WIB - 717
Sore Nanti Kemenag Kota Pariaman Adakan Rukyatul Hilal Perdana


PARIAMAN -- Hari ini Ahad, (5/6/2016) pukul 17.30-18.00 wib Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pariaman melalui Badan Hisap Rukyat (BHR) berkerjasam dengan Pemkab Padang Pariaman akan mengelar rukyatul hilal perdana untuk memastikan masuknya 1 Ramadhan 1437 H di Pantai Gandoriah.

Kepala Kementerian Agama Kota Pariaman, Helmi, M.Ag mengatakan, rukyatul hilal akan dilaksanakan Ahad (5/6/2016) sore di Pantai Gandoriah Pariaman. Disamping sebagai kawasan Wisata yang terkenal di Sumatera Barat juga dipergunakan sebagai tempat rukyatul hilal untuk menentukan masuknya Bulan suci Ramadhan 1437 H. Pantai gandoriah sangat tepat digunakan untuk melihat bulan, kalau cuaca cerah sering digunakan oleh para wisatawan untuk melihat sunset menjelang magrib.

"Pelaksanaan rukyatul hilal akan berlangsung di Pantai Gandoriah. Rencananya pemantauan hilal dilakukan sekitar pukul 17.00 Wib Kamis sore hingga memasuki waktu azan Magrib," kata Helmi.

Dia menjelaskan, pengamatan hilal dilakukan sebagai salah satu syarat untuk menentukan awal masuknya bulan suci Ramadhan.

Rukyatul hilal nantinya, kata Helmi akan melibatkan sejumlah instansi serta ormas islam di Kota Pariaman
"Dengan waktu bersamaan, pemerintah pusat juga akan menggelar sidang ishbat untuk menentukan satu syawal 1436 Hijriah," katanya Wahyudi menjelaskan.

Menurut Kepala Kementerian Agama Kota Pariaman, Helmi, M.Ag, rukyatul hilal belum pernah dilakukan selama ini di Kota Pariaman, ini yang pertama kali dilakukan dengan kerjasama Pemerintah Kota Pariaman dengan Badan Hisab Rukyat (BHR).

"Badan Hisab Rukyat telah memiliki peralatan teodolit dan teleskop untuk melihat munculnya pergantian bulan dari Sakban ke Ramadhan, dan kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu, 29 Saban 1437H/ 5 Juni 2016 pada jam 17.30-18.00," tutur Helmi yang sekaligus Dai kondang di Kota Pariaman.

Hasil Rukyatul hilal ini menurut Helmi, akan dilaporkan ke Badan Hisap Rukyat Pusat, sebagai bahan pertimbangan dalam rapat Sidang Istbat penetapan 1 Ramadhan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman juga mengatakan Masyarakat Kota Pariaman harus arif menyikapi apabila terjadi perbedaan dalam memulai pelaksanaan puasa, kapan masuknya bulan suci ramadhan tidak perlu dipertentangkan, kembali pada keyakinan kita masing-masing.

"Saya minta masyarakat tidak mempolemikan apabila terjadi perbedaan berpuasa dan berhari raya, kita kembalikan kepada keyakinan kita masing-masing, yang harus kita tegur dan nasehati adalah orang yang tidak berpuasa," Ungkap Mukhlis.

Sekedar diketahui Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1437 H jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016. Berdasarkan Maklumat Nomor: 01/MLM/1.0/E/2016 tentang penetapan hasil hisab ramadhan, syawal dan Zulhijah 1437 H dibacakan langsung oleh ketua PP. Muhammadiyah Prof.Dr.H.Yunahar Ilyas di kantor Jl. Cik Ditiro Yogyakarta, Senin (18/4/2016). (H/W)

Editor/Sumber: Warman
Tag: pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Hari Raya Idul Adha Dua Ribu Umat Islam Salat Ied di Lapangan Khatib Sulaiman

Hari Raya Idul Adha Dua Ribu Umat Islam Salat Ied di Lapangan Khatib Sulaiman

...

Besok Pagi, Pemko Solok Gelar Shalat Ied di Lapangan Merdeka, Pemkab Solok di GOR Batu Tupang

Besok Pagi, Pemko Solok Gelar Shalat Ied di Lapangan Merdeka, Pemkab Solok di GOR Batu Tupang

SOLOK -- Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat menjadwalkan menggelar Shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan di...

Peringati HUT RI ke 74, Bupati Pasaman Renungan Suci di TMP Syuhada

Peringati HUT RI ke 74, Bupati Pasaman Renungan Suci di TMP Syuhada

PASAMAN -- Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis dan Wakil Bupati H....

Pantai di Dusun Maosa Mentawai Mengalami Abrasi, Belasan Rumah Terancam Ambruk

Pantai di Dusun Maosa Mentawai Mengalami Abrasi, Belasan Rumah Terancam Ambruk

MENTAWAI - Akibat gelombang serta air pasang yang tinggi, pantai di Dusun Maosa Desa Matobe Kecamatan Sipora Selatan...

Ujian Kompetensi Wartawan di Pessel Siap Dihelat, Catat Tanggalnya

Ujian Kompetensi Wartawan di Pessel Siap Dihelat, Catat Tanggalnya

PESISIR SELATAN -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media