Sunday, 18 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Walikota Pariaman Perintahkan Seluruh SKPD Tindak Pungli dan Premanisme di Obyek Wisata

Selasa, 07 Juni 2016 - 17:21:38 WIB - 1301
Walikota Pariaman Perintahkan Seluruh SKPD Tindak Pungli dan Premanisme di Obyek Wisata


PARIAMAN -- Menyikapi keluhan masyarakat maraknya pungli dan premanisme di obyek wisata Pariaman, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman memerintahkan seluruh SKPD terkait agar menindak tegas pungli dan premanisme yang kerap meresahkan masyarakat kemudian menata kembali kawasan wisata di Kota Tabuik itu, karena dapat memperburuk dan merusak citra pariwisata sehingga wisatawan enggan untuk berkunjung.

"Hal-hal yang merugikan nama baik kepariwisataan itu harus dihilangkan sehingga wisatawan dan masyarakat merasa tertarik mengunjungi lokasi wisata yang menjadi dambaan mereka," Walikota Pariaman Mukhlis Rahman.

Banyaknya pungli dan parkir liar itu, menurut dia, merupakan salah satu penyebab wisatawan malas mengunjungi tempat-tempat wisata di Pariaman. "Praktik tidak terpuji dan ilegal ini (parkir liar dan premanisme,red), harus diamankan dan tidak dibenarkan lagi beroperasi, karena jelas merugikan masyarakat mau pun wisatawan," tegasnya.

Karena itu, penilaian miring seperti itu harus dihapus dengan menciptakan suasana bagus, aman, dan tertib agar wisatawan merasa senang berada di lokasi wisata.

"Mari kita ciptakan agar para wisatawan, baik lokal mau pun asing merasa senang kalau mereka berada di tempat tertentu yang penuh dengan pemandangan menarik dan sejuk, serta dapat memberikan ketenangan," ujarnya.

Lanjutnya, Kota pariaman memiliki peotesi pariwisata yang luar biasa seperti Pantai Gandoriah, Pantai pasir lohong yang disulap menjadi taman anas malik, pantai cermin, Pantai kata dan pantai Sunur. Pulau angso duo dan penangkaran penyu sebagai ikon yang sangat terkenal juga menjadi tempat yang asik dan nyaman.

Sebagai kawasan yang baru berkembang tentu masih banyak kekurangan dan kelemahan yang perlu dibenahi kedepan baik sarana prasarana, Pelaku wisata termasuk SDM Aparatur yang berintegritas dalam mengkoordinir pelayanan wisatawan dilapangan.

"Saya minta SKPD terkait agar benahi tempat wisata, tidak ada lagi parkir dikelola oleh preman dan memakai celana pendek, identitas pengelola parkir harus jelas dan tarifnya sesuaikan dengan aturan," Ungkap Mukhlis dengan nada kesal saat rapat bersama SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

Terkait keselamatan dan kenyamanan wisatawan ke Pulau, Walikota Pariaman juga menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi dan Informasi agar bersinergik serta bekerja dengan SOP yang telah ditetapkan, tidak dibenarkan ada kapal lain selain kapal resmi, dan melakukan pengawasan rutin terhadap aktivitas pelayanan pariwisata dilapangan.

"Pelayanan Kapal Ke pulau hanya satu pintu, beri petunjuk arah pembelian tiket resmi dan kontrol naik turun penumpang kapal sesuai dengan aturan keselamatan penumpang, kita punya Pol PP jika ada oknum yang bekerja tidak sesuai dengan aturan bisa ditindak," Tuturnya.

Menanggapi instruksi Walikota Pariaman tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Efendi Jamal mengatakan akan menertibkan kawasan wisata dengan bersinergik dengan Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo dan Kasat Pol PP untuk kenyamanan dan ketertiban pengunjung wisata.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Pariaman, Yota Balad, juga akan menidaklanjuti instruksi wako tersebut, dan akan selalu melakukan koordinasi bersama SKPD terkait, termasuk pihak Kamla yakni Pol Air, dan TNI.

"Sebelumnya kita sudah melakukan pemeriksaan kelengkapan dan keamanan serta kelayakan seluruh kapal wisata bersama SatPol air, Sat Pol PP dan TNI AL, kita melakukan pemeriksaan izin, kelengkapan sarana dan prasarana serta kelayakan dari 30 kapal yang ada, saya sudah menandatangani berita acara pernyataan dari pengusaha kapal untuk melengkapi peralatan keselamatan sesuai dengan ketentuan, pada saat ini sudah ada 6 kapal yang layak sesuai standar resmi, mudah-mudahan menjelang lebaran akan bertambah," Ucap mantan Kasat Pol PP Kota Pariaman ini. (H/W)

Editor/Sumber: Warman
Tag: pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Syahiran Meninggal Dunia,  Muhammadiyah Berduka Kehilangan Tokoh dan Anggota Keluarga

Syahiran Meninggal Dunia, Muhammadiyah Berduka Kehilangan Tokoh dan Anggota Keluarga

JAKARTA -- Kabar duka datang dari Bupati Pasaman Barat, Drs. H. Syahiran, MM meninggal dunia dalam usia 66 tahun di...

Gubernur : Ulama Seperti Suluh Dalam Bangunan ABS-SBK

Gubernur : Ulama Seperti Suluh Dalam Bangunan ABS-SBK

BUKITTINGGI -- Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno menegaskan betapa pentingnya peran ulama, kiai, dan tokoh agama dalam...

Warga Pariaman Dihebohkan dengan Temuan Pohon Pisang Bertandan Dua dan Berjantung Empat

Warga Pariaman Dihebohkan dengan Temuan Pohon Pisang Bertandan Dua dan Berjantung Empat

PARIAMAN -- Sebuah kejadian langka yang menjadi perhatian warga terjadi di Dusun Sungkai Desa Kampung Baru Padusunan...

Buya Syamsul Bahri Khatib: Idul Adha 1440 H sebagai Momentum Merajut Ukhuwah

Buya Syamsul Bahri Khatib: Idul Adha 1440 H sebagai Momentum Merajut Ukhuwah

PADANG -- Mantan Ketum MUI Sumbar, Prof. Buya Syamsul Bahri Khatib mengungkapkan umat Islam menjadikan Hari Raya Idul...

Setelah Surati Presiden RI, Poktan ANRP Akan Turun ke Lahan HGU PT. Anam Koto

Setelah Surati Presiden RI, Poktan ANRP Akan Turun ke Lahan HGU PT. Anam Koto

PASAMAN BARAT - Kelompok Tani Anak Nagari Rantau Pasaman (Poktan ANRP), Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media