minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Sosial

IKA SM-3T Sumatera Barat Adakan Bakti Sosial Perdana

Minggu, 26 Juni 2016 - 20:27:46 WIB - 1591
IKA SM-3T Sumatera Barat Adakan Bakti Sosial Perdana

PADANG - Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) merupakan program pemerintah di bawah naungan kemendikbud dan kemenristek. Program SM-3T pertama kali didirikan pada tanggal 19 oktober 2011 hingga kini, program ini bertujuan untuk pemerataan pendidikan diseluruh NKRI mulai dari Aceh, Kalimantan, Maluku, NTT hingga Papua khususnya wilayah terdepan, terluar, tertinggal.

Hingga tahun ini ada sekitar lebih kurang seribu orang peserta putra/putri terbaik sumatera barat terhimpun dalam Ikatan SM-3T Sumatera Barat mengabdi diluar Sumatera Barat seperti Aceh, Kalimantan, Sulawesi, NTT dan Papua untuk mempercepat pemerataan pendidikan di indonesia.

Membangun nagari sudah menjadi sebuah kewajiban kita bersama, sebagai makhluk sosial yakni, menjaga lingkungan, menertibkan, menolong, dan saling membantu masyarakat dalam lapisan sosial ini, apalagi kita semua adalah pelopor atau sosok generasi muda berprestasi dimasyarakat, hal ini perlu di tegaskan mengenai jiwa tolong menolong yang mesti kita junjung tinggi, dengan menjaga lingkungan serta membantu kinerja nagari/desa sama dengan kita menjaga budaya kebersamaan khususnya di Ranah Minangkabau.

Ikatan SM-3T Sumatera Barat Minggu 26 Juni 2016. Melaksanakan bakti sosial masyarakat sebagai bukti nyata bakti kepada nagari sekaligus memperingati hari lahir Masyarakat SM-3T Indonesia bersama anak anak di Surau/MDA Nurul Iman Kenagarian Bukit Tandang, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Nasmi Elda Syafrina S.Pd,.Gr seorang Guru Garis Depan (GGD I) alumni SM-3T Angkatan pertama Universitas Negeri Padang dari Ikatan SM-3T Sumatera Barat yang sedang mengabdi sebagai guru PNS di Kabupaten Lanny Jaya, Propinsi Papua turun gunung ke sumatera barat.

Selaku ketua Panitia bakti sosial menghimbau kepada seluruh anggota dan pengurus Ikatan SM-3T Sumatera Barat mesti sadar diri akan pekerjaan sosial ini, karena sudah menjadi sebuah prinship bagi kita sekalian untuk memajukan nagari kita yang tercinta disumatera barat, berfikir untuk memajukan nagari bukan hanya pada pemikiran ataupun yang bersifat teori akan tetapi marilah kita implementasikan dengan wujud praktik kepada masyarakat yakni melakukan bakti sosial salah satunya, ini adalah kewajiban kita bersama, demi majunya nagari kita ini, serta membantu pemerintah daerah/nagari, dengan tujuan bersama-sama membangun nagari kita yang kita sayangi ini.

Dilain termpat Ketua Ikatan SM-3T Sumatera Barat (Islami Fatwa S.Pd.,ST.) Menghimbau kepada seluruh keluarga besar IKA SM-3T Sumatera Barat untuk menguatkan dan bekerjasama menjaga lingkungan dari berbagai hal, seperti mengontrol kondisi lingkungan dari pengaruh luar serta pengaruh yang bisa merusak moral anak muda yang kian mengkwatirkan belakangan ini, bakti sosial adalah sebuah makna pengabdian kepada masyarakat, sebuah langkah obyektif dan nyata yang berkaitan dengan tanggung jawab moral kita sebagai pendidik dan menjadi warga negara Indonesia yang baik khususnya disumatera barat.

Setelah sukses dalam bakti sosial perdana yang dipusatkan di kabupaten solok nantinya kegiatan seperti ini akan berkelanjutan hingga keseluruh kabupaten/kota yg ada disumatera barat, tentunya masukan dan saran dari masyarakat, Pegiat pendidikan serta pemerintah daerah dan teman teman pers/wartawan khususnya disumatera barat sangat diharapkan kerjasamanya yang baik demi terwujudnya percepatan pembangunan daerah.

Selain itu Ikatan SM-3T Sumatera Barat dalam program kerjanya pada bidang pendidikan tentunya sebagai pendidik disekolah. Diharapkan kepada masyarakat memberikan informasi sekolah yang kekurangan guru atau bimbingan/lembaga pendidikan yang mencari guru ataupun sekolah yang tidak bisa diakses pada umumnya tertinggal ataupun sekolah yg tidak beroperasi lagi agar kiranya dapat mengkomunikasikannya beserta foto lokasi ke Email : sm3t.sumbar@gmail.com untuk dapat ditindak lanjuti kembali dalam rangka membangun nagari, mengingat peserta SM-3T sumatera barat kisaran seribuan orang dari 28 program studi. Terkhusus kepada pemerintah daerah yang sedang mengusulkan kuota CPNS khususnya guru dalam hal ini Guru Garis Depan (GGDII) yang nantinya dialokasikan ke daerah 3T agar kiranya dapat memberi kebijakan prioritas kepada putra putri terbaik ranah minang untuk dipertimbangkan dengan baik. (sultan pasaman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,pendidikan,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Instagram Stories Bakal Tersambung ke Status WhatsApp?

Instagram Stories Bakal Tersambung ke Status WhatsApp?

TEKNOLOGI - Instagram meluncurkan kemampuan cross-posting pada Oktober 2017 lalu. Yang memungkinkan pengguna mengunggah...

Banyak Kasus penyalahgunaan Izin Tinggal, Padang Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing

Banyak Kasus penyalahgunaan Izin Tinggal, Padang Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing

PADANG - Kantor Imigrasi Kelas I Kota Padang, Sumatra Barat bakal meningkatkan pengawasan terhadap orang asing pada...

Kenali Hukum Sejak Dini, Jauhkan Hukuman

Kenali Hukum Sejak Dini, Jauhkan Hukuman

Tanah Datar - Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Sumbar di bawah komando Kajari M. Fatria, SH untuk tahun 2018 ini...

DPC Demokrat Payakumbuh Resmi Buka Pendaftaran Bacaleg Pileg 2019

DPC Demokrat Payakumbuh Resmi Buka Pendaftaran Bacaleg Pileg 2019

PAYAKUMBUH - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Payakumbuh, resmi membuka pendaftaran Bakal calon...

Desas-desus Jose Mourinho Bakal Mundur Sebagai Manajer Manchester United

Desas-desus Jose Mourinho Bakal Mundur Sebagai Manajer Manchester United

BOLA - Desas-desus Jose Mourinho bakal mundur sebagai manajer Manchester United (MU) mulai terdengar di dinding-dinding...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media