Sunday, 18 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Wawako Pariaman Genius Umar Raih Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM 2016

Kamis, 21 Juli 2016 - 21:04:33 WIB - 688
Wawako Pariaman Genius Umar Raih Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM 2016


PARIAMAN - Wakil Walikota Pariaman Genius Umar hadiri peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkonas) ke 69 tahun 2016 yang dilaksanakan di Jambi tanggal 21 juli 2016. Acara Peringatan Harkonas ini, dibuka langsung oleh bapak Presiden RI, Joko Widodo.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar juga merima penghargaan bidang Bakti Koperasi dan UMKM yakni Koperasi Award 2016 yang diberikan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, pada acara Penyerahan Penghargaan Koperasi Berprestasi dan Koperasi Award tahun 2016 serta Penerima Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM, sehari sebelumnya.

Untuk Provinsi Sumatera Barat yang mendapat penghargaan Bakti Koperasi dan UKM tahun 2016 yaitu, Walikota Payakumbuh Riza Falapi, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Sijunjung Febrizal Ansori dan Ketua Dekopinda Kabupaten Limapuluh Kota Kasman Kasim.

Dalam pidatonya bapak Presiden Jokowi, mengingatkan kita, saat ini, kita telah masuk dalam persaingan antar negara, yaitu MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang sudah 6 bulan berjalan, Selanjutnya kerjasama ini akan ditingkatkan antar Negara Asia dan seterusnya nanti akan mencakup seluruh Negara di dunia, ujarnya.

Dalam bidang tenaga kerja, produk, dan hal lainnya, kita harus siap dalam menghadapi persaingan bebas. Jokowi juga mengatakan, Kunci untuk menang adalah kecepatann, fokus, serta Ilmu dan Tekhnologi (IT). Tantangan koperasi kedepan, adalah menghadapi pola bisnis yang berbasis dunia maya dan IT, karena itu, kita harus dapat mempersiapkan untuk menguasai itu semua, lanjutnya.

"Perbesar skala Koperasi yang ada, Koperasi-Koperasi kecil kita ajak bergabung. UKM-UKM kita data dan dikelompokan berdasarkan jenisnya, sehingga hal ini dapat memperbesar skala ekonomi, dengan langkah itu semua kita bisa bersaing, dengan Negara lain, dan yang terpenting manajemen koperasi harus professional," ucap Jokowi

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyatakan dalam sambutannya, saat ini di Indonesia, kurang dari 50 % koperasi yang tidak aktif dan tidak lagi melakukan RAT (Rapat Akhir Tahunan). Karena itu kami menghimbau agar perlu melakukan sinergi dengan daerah untuk reformasi dari koperasi, serta penguatan kelembagaan, tukasnya.

"Koperasi tidak perlu banyak, tetapi ditingkatkan kualitasnya, kita perbanyak anggota koperasi bukan memperbanyak koperasinya, sehingga Koperasi yang ada, kedepan akan menjadi mandiri. Dalam Pengembangan koperasi, kita sudah lakukan kerjasama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menjadikan koperasi sebagai penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat) di tengah masyarakat" jelasnya.

Sedangkan dalam pernyataan Ketua Umum Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia) Pusat, Nurdin halid, mengatakan, koperasi adalah pondasi ekonomi berdikari, kita menganjurkan, agar Bumdes yang ada, sebaiknya berbadan hukum koperasi. Karena Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) yang ada, akan memperkuat ekonomi di desanya, ucapnya.

Genius Umar mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM dan tim penilai yang telah datang di kota pariaman pada bulan mei yang lalu, dalam mendengarkan pemaparan atas apa yang telah kita kerjakan, dalam penilaian penerima penghargaan Bakti Koperasi dan UKM tahun 2016, yang Alhamdulillah, akhirnya saat ini dapat menerima penghargaan tersebut, yang diserahkan langsung oleh bapak Menteri, ucapnya.

"Ini semua tidak terlepas dari keinginan masyarakat Kota Pariaman yang mulai memahami arti pentingnya keberadaan koperasi, sebagai salah satu upaya dalam peningkatkan ekonomi kerakyatan di dalam kehidupan mereka sehari-hari, serta kerja keras dari Dinas Koperindag Kota Pariaman dalam memberikan pengarahan kepada koperasi yang ada di Kota Pariaman," tuturnya.(H/W)

Lebih lanjut ia menambahkan saat ini Pemerintah Kota Pariaman berupaya untuk menghidupkan kembali koperasi-koperasi yang ada di tengah masyarakat, baik koperasi simpan pinjam , koperasi nelayan, koperasi petani maupun koperasi lainnya, yang secara tidak langsung keberadaan koperasi ini nantinya, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman, tutupnya.

Kadis Koperindag Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit menjelaskan, Wakil Walikota Pariaman telah banyak mengambil peranan dalam membangun kemajuan koperasi di Kota Pariaman. Salah satunya dengan membuat kerjasama dengan Telkom Indonesia dan BNI, dalam rangka membuat Kampung Digital dan Kampung UMKM, serta membuat gerai Toko Online, yang pada saat ini di Kota Pariaman telah ada sebanyak 169 gerai Toko Online.

Kota Pariaman juga telah menandatangani MoU dengan Kementerian Keuangan RI dalam rangka SIKP, yaitu system yang terintegritas dengan Perbankan dalam hal peminjaman modal usaha, yang mana Kota Pariaman melalui Dinas Koperindag kota Pariaman telah mendata 3.959 UMKM yang termasuk dalam SIKP ini, ujarnya.

"Sejak dilantik tahun 2013 lalu, kami langsung dipanggil dan mendapat tugas dari bapak Genius Umar, untuk mengidentivikasi serta pendataan berapa jumlah koperasi yang ada di Kota Pariaman dan berapa yang sudah tidak aktif lagi, berkat bimbingan beliau saat ini sudah ada 7 koperasi yang hampir bubar, telah diaktifkan kembali," terangnya. (J)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,ekonomi,indonesia,nasional,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tertimpa Longsoran Batu, Operator Alat Berat Ditemukan Tak Bernyawa di Tanjuangbolik

Tertimpa Longsoran Batu, Operator Alat Berat Ditemukan Tak Bernyawa di Tanjuangbolik

LIMAPULUH KOTA - Pengerjaan proyek jembatan dan saluran drainase di tepi ruas jalan lintas negara Sumbar-Riau tepatnya...

253 Napi di Lapas Kelas IIB Karan Aur Pariaman Dapatkan Remisi di Hari Kemerdekaan, 3 Orang Bebas

253 Napi di Lapas Kelas IIB Karan Aur Pariaman Dapatkan Remisi di Hari Kemerdekaan, 3 Orang Bebas

PARIAMAN - Sebanyak 253 orang Napi (Narapidana) di Lapas Kelas IIB Karan Aur Pariaman dapatkan remisi di hari...

Untuk Tingkatkan Produktivitas Sektor Pertanian, Pemkab Pasaman Kukuhkan Komisi Irigasi

Untuk Tingkatkan Produktivitas Sektor Pertanian, Pemkab Pasaman Kukuhkan Komisi Irigasi

PASAMAN -- Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan produksi beras agar tidak tergantung kepada beras impor...

Pemda Tangsel Dianggap Pihak Bertanggung Jawab, KPAI: Jangan Sampai Ada AQ yang Lain

Pemda Tangsel Dianggap Pihak Bertanggung Jawab, KPAI: Jangan Sampai Ada AQ yang Lain

...

Pemkab bersama Kodim 0305 Pasaman Canangkan Bhakti Sosial TNI KB-Kes dan Kampung KB

Pemkab bersama Kodim 0305 Pasaman Canangkan Bhakti Sosial TNI KB-Kes dan Kampung KB

PASAMAN - Pemerintah Kabupaten Pasaman bersama Kodim 0305/ Pasaman terus meningkatkan kerjasama dalam mewujudkan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media