Sunday, 25 Feb 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Dharmasraya

Mensos RI Buka Jambore PKK Sumbar, Kofifah : Peran Keluarga Harus Terus Ditingkatkan

Jumat, 05 Agustus 2016 - 08:00:04 WIB - 870
Mensos RI Buka Jambore PKK Sumbar, Kofifah : Peran Keluarga Harus Terus Ditingkatkan

SAWAHLUNTO -- Menteri Sosial RI, Kofifah Indar Parawansa, membuka jambore PKK terpadu tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2016 di Bumi Perkemahan Taman Wisata Kandi, Kota Sawahlunto Kamis, (4/8/2016) .

"PKK adalah ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya dalam membangun karakter generasi muda penerus bangsa mulai dari kelompok terkecil, yakni keluarga," kata Khofifah di Sawahlunto, saat memberikan sambutan resminya pada pembukaan kegiatan tersebut.

Kepada para kader PKK se Ranah Minang, Menteri asal Jawa Timur itu itu berpesan, permasalahan sosial seringkali diawali dari keluarga. Jika keluarga tidak menyiapkan anggota keluarganya untuk menanamkan nilai nilai luhur agama, maka kelak anggota keluarganya akan mudah terseret kepada masalah masalah sosial.

"Ajarilah anak anak kita shalat, sesungguhnya shalat itu bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar. Jika anak anak kita shalatnya benar, maka Narkoba itu akan jauh dari perilakunya," kata Ketua DPW Fatayat NU Jawa Timur ini.

Meski sesungguhnya menurut Alquran, tugas menanamkan nilai nilai luhur ini adalah tugas bapak bapak, namun dalam prakteknya justeru menjadi tugas kaum ibu. Oleh karena itu, kepada semua kader PKK Kofifah berpesan agar membangun baiti jannati. Jika setiap keluarga mewujudkan baiti jannati, maka persoalan sosial bakal berkurang. Dan untuk itu, kaum bapak juga harus mendukung dengan sepenuh hati. Jika tidak ada dukungan kaum bapak, tentu baiti jannati sulit diwujudkan dalam sebuah keluarga.

Sementara Wagub Sumbar Nasrul Abit menyebutkan, jambore ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan wawasan bagi para anggota PKK. "Dengan menyatukan kekuatan dari seluruh komponen maka kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Dan yang paling penting saat ini adalah bagaimana peranan keluarga dikuatkan agar generasi kita menjadi generasi yang berakhlak mulia," ujar Wagub.

Dijelaskan Wagub bahwa keluarga menjadi cikal bakal menjadi bangsa yang bermartabat. "TP-PKK menjadi patner pemerintah untuk lahirnya generasi-generasi bangsa yang unggul dan kreatif,penuh inisiatif, bermoral tinggi, bervisi kemanusiaan, beretos kerja andal, dan berwawasan luas. Di dalam keluarga sosok perempuan/ibu yang pertama kali memperkenalkan, menyosialisasikan, menanamkan, dan mengakarkan nilai-nilai agama, budaya, moral, kemanusiaan, pengetahuan, dan keterampilan dasar, serta nilai-nilai luhur lainnya kepada seorang anak, dengan kata lain, peran ibu sebagai pencerah peradaban pembentukan nilai sangat besar," ujar Wagub.

Sumbar saat ini darurat Narkoba. Oleh karena itu semua kampung di Sumatera Barat menyatakan perang terhadap Narkoba, makanya menjadi sangat penting penguatan keluarga. "Keluarga menjadi tempat pertama untuk mendidik generasi yang berakhlak mulia dan tempat menggembleng anak menjadi pribadi yang menghindari narkoba," ujarnya. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: sawahlunto,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Taman Tugu Pahlawan Bung Hatta Bukittinggi Dihiasi Bunga dari Green House Lezatta

Taman Tugu Pahlawan Bung Hatta Bukittinggi Dihiasi Bunga dari Green House Lezatta

BUKITTINGGI - Owner Green House Lezatta, Eliana menyampaikan seusai penyerahan 1.300 polibag bunga, Kamis (22/2) di...

Ada 58 Event Pariwisata di Sumbar Tahun Ini

Ada 58 Event Pariwisata di Sumbar Tahun Ini

PADANG - Pemerintah bProvinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata Sumbar meluncurkan kalender acara yang berisi 58...

VIDEO: Penangkapan Ular Piton Sebesar Paha Orang Dewasa di Bukittinggi jadi Tontonan Warga

VIDEO: Penangkapan Ular Piton Sebesar Paha Orang Dewasa di Bukittinggi jadi Tontonan Warga

VIDEO - Kemunculan Ular piton sebesar paha orang dewasa yang panjang mencapai 4,5 meter dengan berat sekira 50 kg...

M. Fatria : Pemusnahan BB Narkotika Bukan Sekedar Seremonial

M. Fatria : Pemusnahan BB Narkotika Bukan Sekedar Seremonial

TANAH DATAR - Rabu (7/2/2018) Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Sumbar, bertempat di Kantor Kejaksaan setempat, memusnahkan...

BIN Akui Sudah Prediksi Penyerangan Tokoh Agama di Tahun Politik

BIN Akui Sudah Prediksi Penyerangan Tokoh Agama di Tahun Politik

NASIONAL - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (purn) Budi Gunawan mengaku sudah memprediksi maraknya...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media