minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Minangkabau

Yusof bin Ishak, Pria Minangkabau Presiden Pertama Singapura

Jumat, 12 Agustus 2016 - 03:44:50 WIB - 2162
Yusof bin Ishak, Pria Minangkabau Presiden Pertama Singapura

MINANGKABAU - Yusof bin Ishak adalah pria kelahiran 12 Agustus 1910 Padang Gajah, Trong, Perak, Singapura. Ia adalah Presiden pertama di Singapura semenjak Negeri Singa itu berubah menjadi republik, sekira 51 tahun yang lalu, tepatnya pada 9 Agustus 1965.

Ia berhasil menjabat sebagai kepala negara setelah Peoples Action Party (PAP) memenangkan pemilihan umum pertama pada 30 Mei 1959. Dia menggantikan Yang di Pertuan Negara pertama dan Gubernur Singapura, William Goode.

Satu hal yang menarik dan patut jadi kebanggaan buat rakyat Indonesia, presiden pertama Negeri Singa ini ternyata adalah keturunan Minangkabau. Leluhurnya adalah seorang bangsawan Minangkabau, Datok Jonathan. Namun kemudian pada 1789, leluhurnya bersama dengan adik laki-lakinya, Datok Setia dan 80 orang pengikutnya bermigrasi ke Kedah dan bersumpah setia kepada Sultan Kedah.

Yusof adalah anak tertua dari sembilan anak dan ayahnya adalah Ishak bin Ahmad. Sebagai orang terdidik, Ishak menemukan pekerjaan di Malayan Administrative Service dan menjabat sebagai pegawai di kantor Kecamatan di Taiping dan kemudian di Departemen Perikanan. Pada 1923, Yusof kemudian dipindahkan ke Singapura untuk menjabat posisi asisten inspektur perikanan.

Dia adalah orang pertama non-Eropa yang menjadi Direktur Departemen Perikanan. Demikian sebagaimana dilansir Singapore Infopedia, Rabu (12/8/2016).

Yusof sebenarnya memiliki ketertarikan yang tinggi pada ilmu hukum. Akan tetapi, ayahnya tidak mampu untuk mengirim dia ke Inggris untuk melanjutkan studinya. Yusof kemudian bergabung dengan Akademi Polisi di Kuala Lumpur. Namun karena beberapa perbedaan pendapat, ia akhirnya meninggalkan akademi tersebut dan kembali ke Singapura.

Menilik kariernya, Yusof sempat terjun sebagai seorang wartawan. Ia bergabung dalam sebuah koran Warta Malaya sebagai seorang juru tulis. Beberapa lama kemudian, posisinya kemudian meningkat menjadi seorang asisten manajer yang bertugas mengontrol keuangan perusahaan. Warta Malaya merupakan perwakilan dari suara Arab di Singapura dan dipengaruhi oleh perkembangan di Timur Tengah.

Yusof bin Ishak tidak hanya dikenal hebat dalam bidang akademis, tapi juga merupakan seorang atlet berprestasi. Ia sempat mewakili Indonesia dalam berbagai perlombaan termasuk hoki, kriket, renang, polo air, bola basket, tinju dan angkat besi. Sebagai petinju, ia pernah memenangkan piala Aw Boon Par pada 1932. Dalam bidang angkat besi, ia menjadi juara kelas ringan tingkat nasional pada 1933.

Untuk menghargai jasa-jasa Yousuf, Singapura pun mengabadikan namanya dalam tiga tempat. Pertama, sebuah masjid baru di Woodlands akan dinamai Masjid Yusof Ishak. Kedua, Institut Kajian Asia Tenggara di National University of Singapore (NUS) saat ini dikenal dengan nama Iseas (the Yusuf Ishak Institute).

Ketiga, NUS mencanangkan program pendanaan dan penganugerahan gelar profesor dalam bidang ilmu sosial dengan nama Yusof Ishak Professorship. Peneliti yang berhak mendapatkan faedah dari program ini adalah mereka yang seperti, Ishak, memiliki minat penelitian dalam kajian multi-etnis dan multi-kulturalisme.

Sebagai presiden pertama, wajahnya juga tak asing lagi. Muncul di uang kertas Dolar Singapura dalam berbagai nilai. Pernah dalam pecahan 2, 5, 10, 20, 50, 1.000 dan 10.000 dolar Singapura. (oz)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,internasional,nasional,seni-budaya,sumatra-barat,tokoh,unik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Hilang 18 Jam, Bocah Padang Pariaman Ditemukan Tewas Tenggelam di Sungai

Hilang 18 Jam, Bocah Padang Pariaman Ditemukan Tewas Tenggelam di Sungai

PADANG PARIAMAN - Bocah malang Arya (12) yang sempat dinyatakan hilang dari kemarin sore (13/01) di aliran Sungai...

Silang Pendapat Soal Penenggelaman Kapal Antara Susi, Luhut dan JK, Jokowi Angkat Bicara

Silang Pendapat Soal Penenggelaman Kapal Antara Susi, Luhut dan JK, Jokowi Angkat Bicara

NASIONAL - Presiden Joko Widodo angkat bicara soal silang pendapat di kabinet kerja terkait kebijakan penenggelaman...

Berbekal 27 Pemain, Semen Padang FC Siap Arungi Liga 2, Ini Daftar Pemain Sementara

Berbekal 27 Pemain, Semen Padang FC Siap Arungi Liga 2, Ini Daftar Pemain Sementara

BOLA - Berlahan namun pasti, Semen Padang FC membangun tim baru guna mengarungi kompetisi Liga 2 musim 2018. Tim Kabau...

Malam Pergantian Tahun, Pariaman Gelar Muhasabah di Pantai Gandoriah

Malam Pergantian Tahun, Pariaman Gelar Muhasabah di Pantai Gandoriah

PARIAMAN - Pemerintah kota pariaman menggelar Muhasabah di akhir tahun, yang diisi dengan tausyiah dari Ustad Mhd Arief...

Komentar Kepala Badan Siber Tentang #HoaxMembangun Bukin Netizen Bingung

Komentar Kepala Badan Siber Tentang #HoaxMembangun Bukin Netizen Bingung

NASIONAL - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi mengatakan, lembaganya akan turut berperan untuk...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media