Saturday, 19 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Piala Bergilir Edison TRD, Pariaman Marathon 10K Berlangsung Meriah

Senin, 29 Agustus 2016 - 00:43:36 WIB - 1555
Piala Bergilir Edison TRD, Pariaman Marathon 10K Berlangsung Meriah


PARIAMAN - Lomba lari marathon 10K yang mengambil start dan finish di Desa Balai Nareh diikuti lebih 500 orang peserta dari Kota/Kabupaten Pariaman dan Kota Padang, yang berlangsung pada Minggu pagi (28/8/2016). Kegiatan ini dihadiri oleh wakil walikota Pariaman Genius Umar, Kapolres AKBP Ricko Junaldy, Edison TRD, dan Karang Taruna Balai Naras.

Kapolres Pariaman AKBP. Ricko Junaldy, SIK MM dalam sambutan menjelang pelepasan lomba, mengajak seluruh masyarakat terutama generasi muda Pariaman agar menggiatkan kegiatan olahraga. Dengan sarana olahraga menurutnya akan tercipta generasi muda yang sehat, cerdas, sportif, sebagaimana harapan dan tuntutan bangsa kedepan.

"Lewat olahraga, kegiatan-kegiatan negatif seperti terlibat dengan penyalahgunaan Narkoba, miras, dan penyakit masyarakat lainnya, bisa diantisipasi,"kata Ricko.

Sementara itu, Edison TRD, SH, MH didampingi Ketua Panitia Pelaksana dari Karang Taruna Nan Caredek Balai Nareh, Bayu, kepada sejumlah wartawan menyebutkan, Kejuaraan Pariaman Marathon yang diselenggarakannya pagi itu, sebelumnya sempat vakum selama lima tahun. Kegiatan yang sama dulu rutin dihelat oleh pemuda setempat dengan sponsor seorang pengusaha konveksi di Bengkulu.

"Setelah vakum, pemuda Nareh dibawah naungan Karang Taruna Nan Caredek kembali berkeinginan menggelar hajatan positif dan bermanfaat ini. Dalam proses yang relatif singkat, sekitar 1 minggu saja, Pariaman Marathon 10K bisa kita helat dan alhamduliillah berlansung meriah," kata Edison, mantan anggota DPRD dan Ketua Forum Kota Sehat Pariaman.

Pariaman Marathon 10K Balai Nareh yang disponsorinya ini, sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-71 disamping mengajak generasi muda menjadikan olahraga sebagai kegiatan rutin sehari-hari.

"Generasi muda dan olahraga ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Jika dipisah, sejumlah persoalan akan timbul. Pemuda akan rentan oleh penyakit masyarakat seperti penyalahgunaan narkoba, bermabuk-mabukan dan perbuatan yang meresahkan masyarakat lainnya," terang Ketua DPD Hanura Kota Pariaman ini.

Sedangkan bagi dunia olahraga sendiri, ungkapnya, akan terjadi kelesuan sejumlah aktivitas dan prestasi. Untuk itu dia berharap agar seluruh stakeholder Pariaman mendukung kegiatan keolahragaan jenis apapun di Pariaman.

"Kita jadikan olahraga sebagai benteng utama generasi muda agar terhindar dari narkoba. Kita mengajak, marilah kita berlomba-lomba menciptakan prestasi di bidang keolahragaan, baik itu tingkat desa/kelurahan, maupun tingkat dusun hingga RT/RW," pungkasnya.

Peserta lomba marathon yang mayoritas berusia remaja, dalam ajang tersebut menempuh jarak sejauh 10 kilometer dengan rute Desa Balai Nareh-Simpang Apa, Tanjuang Saba-Cubadak Aia, Kasiak Putiah-Sintuak, Padang Biriak-biriak-Balai Nareh. Di garis finis, peserta disambut oleh Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar.

Pada kesempatan itu, Genius Umar mengharapkan agar lomba tersebut dijadikan agenda rutin tahunan oleh generasi muda Nareh yang difasilitasi oleh Pemko Pariaman melalui Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan KONI.

"Pariaman Marathon 10K Balai Nareh, Insya Alah akan kita jadikan iven tahunan yang masuk kalender sport tourism Kota Pariaman," kata Genius.

Sedangkan pemenang lari marathon 10k di raih oleh, Ali Riando Putra (17) pelajar SMK 3 Pariaman berhasil menempati posisi utama dan berhak atas piala bergilir Edison TRD ditambah tabanas sebesar Rp2,5 juta plus trophy tetap. Dibelakang Ali Riando disusul oleh M Haviz, M Ihdal dan Riko, yang ketiganya berasal dari Pesantren Arsilah Kota Padang.

Untuk juara II, III dan juara harapan, masing-masing juga meraih piala dan trophy beserta sejumlah uang dari Edison TRD dengan rincian, juara II piala + trophy plus tabanas Rp1,5 juta, juara II trophy ditambah tabanas Rp1 juta, juara III trophy plus tabanas Rp500 ribu dan juara harapan trophy plus tabanas Rp250 ribu. (rel)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pariaman,pariwisata,sport,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Semen Padang Akhirnya Menang di Laga Tandang, Eduardo Almeida Bahagia

Semen Padang Akhirnya Menang di Laga Tandang, Eduardo Almeida Bahagia

BOLA -- Pelatih Eduardo Almeida, merasa bahagia setelah timnya berhasil memetik kemenangan tandang atas Perseru Badak...

Diskusi Literasi Media dan Deklarasi Anti Hoax di Padang

Diskusi Literasi Media dan Deklarasi Anti Hoax di Padang

PADANG - Puluhan warganet kota Padang menggelar diskusi media bersama warganet di Kafe Kuring, Taman Palem Jl Pancasila...

Kabut Asap Kembali Pekat di Agam, Masyarakat Dihimbau Tidak Membakar Sampah dan Lahan

Kabut Asap Kembali Pekat di Agam, Masyarakat Dihimbau Tidak Membakar Sampah dan Lahan

AGAM - Sempat reda beberapa waktu, kabut asap kembali menyelimuti wilayah Kabuapten Agam, Provinsi Sumatra Barat...

Mahasiswa Lakukan Orasi Menuntut Pemkab Pessel Segera Selesaikan Persoalan RSUD M Zein Painan

Mahasiswa Lakukan Orasi Menuntut Pemkab Pessel Segera Selesaikan Persoalan RSUD M Zein Painan

PESISIR SELATAN -- Puluhan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Pesisir Selatan yang tergabung dalam...

Sudah Lakukan Pencurian Belasan Kali, Dua Lelaki ini Akhirnya Diciduk Polres Bukittinggi

Sudah Lakukan Pencurian Belasan Kali, Dua Lelaki ini Akhirnya Diciduk Polres Bukittinggi

BUKITTINGGI - Tim Jatanras Sat Reskrim Polres Bukittinggi di bawah pimpinan Kasat Resnarkoba AKP Pradipta Putra...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media