Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Kesbangpol Kota Pariaman Adakan Diklat Intelijen bagi Tim Kominda Kota Pariaman

Senin, 29 Agustus 2016 - 22:52:00 WIB - 1764
Kesbangpol Kota Pariaman Adakan Diklat Intelijen bagi Tim Kominda Kota Pariaman


PARIAMAN - Wakil Walikota Pariaman buka kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Intelijen bagi Tim Kominda (Komunikasi Pimpinan Daerah) pada Senin (29/8/2016) di Nan Tongga Beach Hotel.

Melalui Diklat ini, para peserta dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam penanganan potensi konflik yang terjadi di masyarakat, serta mempunyai kemampuan dalam menganalisa gejala yang dapat muncul sewaktu-waktu serta membentuk informasi intelijen yang terjadi di lapangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya pada acara Pembukaan Kegiatan Diklat intelijen Tim Kominda Kota Pariaman.

Lebih lanjut Genius Umar mengatakan, para peserta Diklat dapat berperan sebagai mediator dan mengumpulkan data-data akurat tentang kejadian di wilayah kerja masing-masing. Informasi dan data yang akurat tersebut berfungsi sebagai deteksi dini yang akan dapat membantu tugas Pemerintah Daerah dalam pengambilan kebijakan yang diperlukan ujarnya.

"Kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai, dan ilmu yang didapat dalam kegiatan ini, dapat menjadi bekal bagi anggota intelijen Kota Pariaman yang bekerja dengan lebih maximal dalam menjaga Kantibmas, dan menciptakan situasi kondusif di Kota Pariaman," tuturnya.

Genius Umar berharap melalui Diklat Intelijen ini, kepada seluruh peserta diklat dapat menyamakan gerak dan langkah antar komuniti intelijen, dalam penanganan potensi konflik baik vertlikal maupun horizontal.

lebih jauh Genius mengatakan , di era Mea negara tidak bisa menutup diri karena sudah adanya perjanjian kerjasama antar negara di Asean atas masuknya arus orang asing kedalam suatu negara.

sehinggapun seandainya jika ada orang asing yang menjadi operator pariwisata di Kota ataupun sebagai pekerja tidak ada larangan.

"jadi tim intelijen kominda harus proaktif akan hal ini, mengawasi segala bentuk gerak-gerik mereka tanpa adanya rasa tekanan dan gangguan, karena pemerintah telah menjamin akan hal itu dalam MOU dengan negara2 Asean.

untuk dukungan anggaran sendiri telah di plot melalui kesbangpol, apapun bentuknya harus mereka lakukan meskipun dalam kondisi keterbatasan. sedangkan untuk penambahan SDM sedang kita rencanakan karena memang sangat dibutukan di era pasar bebas ini.

sekarang kita sudah menyusun SOTK baru bagi kesbangpol, yang mana akan kita jadikan eselon II mengingat tambah tingginya intesnsitas kerja mereka, kemudian nanti akan ada dua kepala bidang disini, dan masing2nya akan memiliki dua atau tiga seksi.

"Ditambah satu sekretaris dengan dua atau tiga Kasubag, nantinya akan dibentuk juga bidang tersendiri yang akan melakukan koordinasi dengan intelijen," tutup Genius mengakhiri.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kesbangpol Yusrizal mengatakan Diklta Intelijen untuk Tim Kominda bertujuan meningkatkan SDM anggota dan pengetahuannya dibidang intel.

kemudian para intel juga berfungsi sebagai pengaman kebijakan pemerintah yang telah dibikin, misalkan ketika adanya permasalahan pada pembangunan pasar, dimana intelijen berfungsi mencarikan solusi, jalan keluar dan mencairkan suasana sehinggga jalan permasalahan bisa diselesaikan.

"sesuai dengan Tupoksinya Tim intelijen Kominda ini secara umum bertugas memberikan informasi2 dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan pada pemerintah kemudian termasuk tentang pengawasan orang asing,"ulas nya.

meskipun di era MEA ini, kesbangpol dan tim Kominda sangat berperan dalam informasi intelijen , namun Yusrizal mengakui masih kekurangan tenaga SDM sejumlah 1 orang untuk bidang imigrasi.

adapun yang terlibat dalam tim Komida Sendiri yakninya dari, intel Kejari, Kodim, Polres, bagian hukum Satpol PP, Badan Intelijen Sumbar dan Kesbangpol yang berada dibawah naungan langsung Walikota Pariaman dengan ketua harian Kasat. Intel Polres.

"Menyangkut pengawasan arus masuk orang asing ke suatu daerah Kesbangpol bekerjasama dengan kantor imigrasi padang yang sudah pernah mengadakan latihan bersama kita di pariaman, jadi laporan arus masuk orang asing kita mabil dari mereka.

jadi dari imigrasilah kita tahu , berapa banyaknya orang asing datang kepariaman, apa tujuannya, misalkan meneliti atau wisatawan dan lainnya akan jelas melalui informasi dari imigrasi. berdasarkan dari imigrasilah Tim intelijen melakukan pengawasan terhadap imigran yang masuk kedarerah.

dan di tahun 2017 bagian imigrasi di kesbangpol sudah resmi bertugas,"pungkas Yusrizal menutup pembicaraan.

Sebagai nara sumber pemateri dalam kegiatan latihan diklat intelijen ini Kesbangpol menghadirkan ,Binda. (Badan Intelijen Daerah) Prof. Sumbar judul materi pengantar intelijen, kemudian dari Dandim 0308 pariaman materi yang diberikan intelijen sebagai pengamanan dan pengusutan, seterusnya dari Polresta pariaman judul materi pengantar penyelidikan, wawancara, interogasi dan penjajakan
dan dari Kesbangpol memberikan materi dengan tema administrasi intelijen, dengan jumlah peserta 28 orang. (warman)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Ayo Kenali Masalah Dampak Kesehatan Akibat Dari Kabut Asap Terhadap Kesehatan Tubuh

Ayo Kenali Masalah Dampak Kesehatan Akibat Dari Kabut Asap Terhadap Kesehatan Tubuh

Oleh: Lediya Ayusela Setiap tahun Indonesia dilanda kebakaran hutan dan kabut asap. Pada tahun 1997, Indonesia...

Rindi, Gadis Kecil Asal Muara Tais Pasaman Penderita Bibir Sumbing Butuh Uluran Tangan

Rindi, Gadis Kecil Asal Muara Tais Pasaman Penderita Bibir Sumbing Butuh Uluran Tangan

BUKITTINGGI -- Dari Muara Tais, Kecamatan Mapattunggul, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat, Rindi si gadis kecil mesti...

Ketua PWPM Sumbar ke depan Haruslah Seorang Visioner, Mandiri dan Mengembirakan

Ketua PWPM Sumbar ke depan Haruslah Seorang Visioner, Mandiri dan Mengembirakan

PADANG -- Menyikapi Musywil PWPM Sumbar ke-16 di Pessel, 19-22 Desember 2019, Aktivis Muda Muhammadiyah Sumbar Ari...

Minggu Besok, PKDP Solok Baralek Gadang

Minggu Besok, PKDP Solok Baralek Gadang

SOLOK -- Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) menggelar pelantikan Ketua dan pengurus PKDP Solok periode lima...

Tujuh Bacalon Kada Merapat ke Gerindra: Politisi, Mantan Wabup, Sampai Pengusaha

Tujuh Bacalon Kada Merapat ke Gerindra: Politisi, Mantan Wabup, Sampai Pengusaha

LIMA PULUH KOTA - Bakal calon kepala daerah (Bacalon Kada) dipastikan sudah mendaftarkan diri ke panitia...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media