Thursday, 14 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Pertamina Serahkan Bantuan CSR di Pariaman

Kamis, 01 September 2016 - 19:57:09 WIB - 913
Pertamina Serahkan Bantuan CSR di Pariaman


PARIAMAN - PT. Pertamina Persero wilayah Sumbagut (Sumatera Bagian Utara) Serahkan bantuan program CSR Di UPTD Konservasi Penyu Desa Apar-Ampalu Pariaman Utara Pada Rabu (31/8/2016).

Penyerahan bantuan berupa shelter kolam I penetasan penyu disertai dengan pelepasan tukik (anak penyu) di hadiri oleh Komandan Danlanud Tebing Padang, Kepala DKP Provinsi Sumbar, Wakil Walikota Pariaman, Sekda, Polres Pariaman, Komandan Dandim 0308 wirabraja Pariaman, serta tamu kehormatan.

Marketing Branch Manager Pertamina Sumbar-Riau Ardyan Adhitia dan Operation Head Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau Air Port (MIA) Ridwan.

BM Marketing Ardyan Aditia mengatakan, Pertamina melalui program bina lingkungan CSR dan SMEEP mendukung konservasi penyu di UPTD Konservasi Penyu Kota Pariaman.

"Penyu merupakan salah satu biota kahas laut yang habitatnya berada di pesisir pantai, bahkan kehadiran konservasi penyu menjadi salah satu objek wisata hayati dan pusat penelitian dikawasan ekowisata pendidikan di Kota Pariaman," kata Ardyan. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk peduli dengan biota khas yang keberadaannya sudah mulai langka tersebut.

Ardyan menersukan, bantuan untuk konservasi penyu di pariaman merupakan upaya pertamina dalam menjaga pelestarian keanekaragaman hayati.

"pelepasan sebanyak 5000 biota khas daerah pariaman ini ke laut bertujuan agar keberadaannya tetap lestari. ada tiga jenis tukik yang dilepas ke biotanya yaitu penyu hijau (chelonyan mydas), penyu lekang (lepidochelys olivacea) dan penyu sisik (eretmochelys imbrata) yang dilepas secara bersama di pesisir pantai Desa Apar-Ampalu," ulas nya.

Disaat bersamaan Ridwan juga mengatakan bahwa upaya pelestarian penyu merupakan bagian dari kegiatan plestarian lingkungan di sekitar operasi Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau. yang mana Pendirian konservasi penyu didasari oleh potensi keragaman hayati jenis penyu yang dimiliki Pariaman.

Bantuan senilai Rp.103.200.000 dengan total 85 ribu tukik telah dilepas sepanjang perairan laut Pariaman, sebagai upaya untuk menjaga kelestarian dan keanekaragaman hayati di pesisir dan laut Pariaman sekitarnya.

Sebelum pelepasan anak tukik ke laut, pertamina telah menyerahkan bantuan penambahan shelter kolam I konservasi penyu secara simbolis yang diberikan oleh Marketing BM Manger pertamina Sumbar-Riau Ardyan Adhitia didampingi OH Depot pengisian pesawat udara BIM Ridwan, bersama wakil walikota Pariaman Genius Umar kepada Kepala UPTD Konservasi Penyu Citrha Aditur Bahri. (warman)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,pariaman,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wali Kota Bukittinggi Cup I Siap Dihelat, Catat Tanggalnya

Wali Kota Bukittinggi Cup I Siap Dihelat, Catat Tanggalnya

BUKITTINGGI -- Ratusan tim futsal se-Sumatera Barat mengikuti pertandingan turnamen futsal Wali Kota Bukittinggi Cup I...

Sosialisasi Anti Narkoba di Tanah Datar, Eka Putra: Bentuk Kepedulian IKLB Terhadap Anak Nagari

Sosialisasi Anti Narkoba di Tanah Datar, Eka Putra: Bentuk Kepedulian IKLB Terhadap Anak Nagari

TANAH DATAR -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat akan mengadakan kegiatan sosialisasi anti narkoba di Kecamatan...

Pariwisata Penyumbang PAD Utama, Ini Kata Kepala Bappeda Padang

Pariwisata Penyumbang PAD Utama, Ini Kata Kepala Bappeda Padang

PADANG -- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang, Medi Iswandi mengungkapkan, dalam RPJMD...

Awasi Tahapan Pilkada, Bawaslu 50 Kota Segera Bentuk Panitia Pengawas Kecamatan

Awasi Tahapan Pilkada, Bawaslu 50 Kota Segera Bentuk Panitia Pengawas Kecamatan

LIMAPULUH KOTA - Dalam rangka melaksanakan tugas fungsi pengawasan tahapan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada)...

Menakar Munculnya Calon Independen

Menakar Munculnya Calon Independen

Oleh: EKI BUTMAN Rivalitas politik jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Sumatera Barat antara partai...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media