minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Teknologi

Hari Ini Asep Sunandar Hiasi Google Doodle, Siapakah Dia Sebenarnya?

Sabtu, 03 September 2016 - 08:48:07 WIB - 783
Hari Ini Asep Sunandar Hiasi Google Doodle, Siapakah Dia Sebenarnya?

TEKONOLOGI -- Ki Asep Sunandar Sunarya hari ini, Sabtu(3/9/2016) menghiasi halaman utama mesin pencari Google. Google Doodle selalu memperingati hari lahir orang-orang penting yang melegenda dalam dunia. Lalu siapakah sosok Karl Landsteiner yang diperingati hari lahirnya oleh Google hari ini, simak selengkapnya ulasan berikut.

Sementara itu pada pencarian google nampak di atas panggung pewayangan dua tokoh Wayang Golek yaitu, Semar Badranaya dan Cepot dengan khas warna merah dan sarung menyelempang di bahunya. Kedua tokoh pewayangan ini nampak sedang berbincang satu sama lain.

Dalang Asep Sunandar Sunarya sendiri seniman Wayang Golek Jawa Barat kelahiran 3 September 1955. Semasa hidupnya almarhum telah banyak member sumbangsih seni budaya kepada sebagian besar masyarakat Jawa Barat. Almarhum wafat di Bandung, Jawa Barat pada 31 Maret 2014 di usianya yang ke-58 tahun.

Berkat kreatifitasnya kesenian Wayang Golek terlestarikan bahkan kesenian ini tidak disebut kampungan karena banyak digandrungi anak muda. Berkatnya juga tokoh Cepot menjadi sangat famous (terkenal) bagi masyarakat Jawa Barat.

Hari ini di laman Google Indonesia muncul wayang bernama Cepot dan juga Semar. Google Doodle tersebut menunjukan bahwa hari ini merupakan ulang tahun dari Asep Sunandar yang ke 61.

Asep Sunandar merupakan maestro wayang golek di Indonesia. Ia lahir di Bandung 3 September 1955 dan meninggal di usia yang ke 58 tahun tepatnya pada tanggal 31 Maret 2014.

Berkat kreativitas dan inovasinya, Cepot sangat terkenal hingga sekarang. Karakter Cepot merupakan karakter wayang yang sangat "bodor" dan jenaka. Salah satu ciri khas kulitnya bewarna merah dengan gigi terlihat keluar.

Atas karyanya Asep Sunandar mendapatkan banyak perghargaan. Salah satunya tahun 1978 ia berhasil menjadi juara Dalang Pinilih I tingkat Jawa Barat pada Binojakrama padalangan di Bandung.

Sejak 1982-1985, Asep Sunandar Sunarya rekaman kaset oleh SP Record, dan Wisnu Record. Lalu di tahun 1985 ia menjadi Juara Umum tingkat Jawa Barat pada Binojakrama Padalangan di Kabupaten Subang.

Pada 1986, Asep Sunandar mendapat mandat dari pemerintah sebagai duta kesenian untuk ke Amerika Serikat.

Selanjutnya di tahun 1993, Asep Sunandar Sunarya diminta oleh Institut International De La Marionnette di Charleville, Perancis, sebagai dosen luar biasa selama dua bulan, dan diberi gelar profesor oleh masyarakat akademis Prancis. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,teknologi

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Lagi, Pemain Semen Padang FC Merapat ke Klub Malaysia

Lagi, Pemain Semen Padang FC Merapat ke Klub Malaysia

BOLA - Satu lagi pemain Semen Padang FC yang hijrah ke klub Malaysia. Setelah Cassio de Jesus bergabung ke Kelantan FA,...

Indonesia Selection Takluk 6 Gol Tanpa Balas dari Islandia

Indonesia Selection Takluk 6 Gol Tanpa Balas dari Islandia

BOLA - Tim nasional Islandia meraih kemenangan telak 6-0 atas Indonesia Selection dalam pertandingan uji coba di...

Bill Gates Tidak Lagi Menjadi Orang Terkaya di Dunia, Lalu Siapa?

Bill Gates Tidak Lagi Menjadi Orang Terkaya di Dunia, Lalu Siapa?

INTERNASIONAL - Pendiri Microsoft Bill Gates tidak lagi memenpati posisi orang terkaya nomor satu dunia. Posisinya kini...

Wabub Tanah Datar Zuldafri Darma Resmikan Pamsimas III di Nagari Balimbing

Wabub Tanah Datar Zuldafri Darma Resmikan Pamsimas III di Nagari Balimbing

TANAH DATAR - Setelah beberapa lama menanti, harapan dan keinginan masyarakat di tiga jorong Nagari Balimbing Kecamatan...

Unjuk Rasa Anti-pemerintah, Iran Bakal Jadi Suriah Kedua?

Unjuk Rasa Anti-pemerintah, Iran Bakal Jadi Suriah Kedua?

INTERNASIONAL - Di tengah meluasnya unjuk rasa di Iran dalam sepekan terakhir, Presiden Hassan Rouhani menyebut ada...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media