Tuesday, 14 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Pemko Pariaman Adakan Penyuluhan Hukum Bagi Aparatur Desa

Selasa, 06 September 2016 - 04:13:56 WIB - 851
Pemko Pariaman Adakan Penyuluhan Hukum Bagi Aparatur Desa


PARIAMAN - Bagian hukum Sekretariat Daerah Kota Pariaman adakan penyuluhan hukum bagi aparatur Desa selama tiga hari dan telah dimulai pada Senin (5/9/2016) bertempat di Gedung Pertemuan Baitullah Simpang Sianik Pariaman.

Kepada para Kepala Desa dan Aparaturnya, diharapkan betul-betul memahami tentang peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, dan peraturan walikota yang mengatur tentang pemerintahan desa dan pengaturan anggaran desa, sehingga para Kepala Desa dapat bekerja sesuai jalur yang sudah diterapkan.

Demikian disampaikan oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, dalam sambutannya pada acara Penyuluhan Hukum dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi bagi para aparatur Desa se-Kota Pariaman.

Lebih lanjut Genius umar menyampaikan bagaimana upaya dari para aparatur desa untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap upaya penyalahgunaan wewenang dan tindak pidana korupsi dengan membuat laporan fiktif, sehingga yang bersangkutan dapat terjerat dan berurusan dengan hukum.

"Dibutuhkan mental yang kuat dari aparatur desa yang ada, karena adanya dana desa yang banyak jangan sampai menjadi celah para aparatur desa untuk terlibat dalam kasus korupsi. Selain mengedepankan Rule of law, kita juga harus pre-emtif terhadap segala yang dapat membuat kita berususan dengan hukum," ujarnya.

Kedepan diharapkan kerjasama yang menyeluruh antara desa dan instansi terkait dalam mencegah adanya praktek-praktek korupsi. Kita perbaiki system yang ada dengan pengawasan yang melekat dari inspektorat kota Pariaman, sehingga para Kepala Desa yang ada di Kota Pariaman tidak ada yang terlibat tindak pidana korupsi, dan jika terbukti, barulah pihak kepolisian dapat mengadakan upaya preventif, tutupnya.

Dalam sambutan Ketua Panitia Kepala Bagian Hukum dan HAM Setdako Pariaman Noviardi mengatakan acara ini bertujuan untuk terwujudnya pemerintahan yang baik di tingkat desa dan meningkatkan kesadaran dan profesionalisme aparatur desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan kebijakan yang dihasilkan.

"Acara ini diikuti oleh 213 peserta yang terdiri dari para Kepala Desa, BPD dan Karang Taruna serta Kepala Sekolah SD se-Kota Pariaman, yang akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 5-7 September 2016 di gedung pertemuan Baitullah kota Pariaman," tuturnya.

Narasumber dalam acara ini terdiri dari pihak Kejaksaan Negeri Pariaman dan Polres Pariaman. Tema acara adalah, pemberantasan tindak pidana korupsi melalui tindakan preventif. Untuk di hari pertama, tanggal 5 september, diikuti oleh 69 peserta, dihari kedua tanggal 6 september, diikuti oleh 96 peserta, dan di hari terakhir diikuti oleh 48 peserta. (rel)

Editor/Sumber:
Tag: daerah,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

UMKM Sawahlunto Garap Pasar Online, Kakodai.com Diluncurkan

UMKM Sawahlunto Garap Pasar Online, Kakodai.com Diluncurkan

SAWAHLUNTO -- Marketplace Kakodai.com, yakni platform toko online yang memfasilitasi aktifitas jual-beli produk dari...

Puluhan Wali Murid Protes PPDB Tingkat SMP dari Geruduk DPRD Hingga Kejar Kadisdik Padang

Puluhan Wali Murid Protes PPDB Tingkat SMP dari Geruduk DPRD Hingga Kejar Kadisdik Padang

...

111 CPNS di Kabupaten Dharmasraya Diambil Sumpah

111 CPNS di Kabupaten Dharmasraya Diambil Sumpah

DHARMASRAYA -- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengambil sumpah janji 111 Calon Pegawai Negeri Sipil...

Di Tengah Pandemi, Dinas Pangan Sumbar Ajak Warga Budidaya Jahe Merah

Di Tengah Pandemi, Dinas Pangan Sumbar Ajak Warga Budidaya Jahe Merah

PADANG -- Kepala Dinas Pangan Sumbar Efendi Ajak masyarakat untuk membudidayakan tanaman jahe merah di pekarangan rumah...

KPU Pessel Prediksi Jumlah Pemilih Bertambah 10 Persen Pilkada Tahun ini

KPU Pessel Prediksi Jumlah Pemilih Bertambah 10 Persen Pilkada Tahun ini

PESISIR SELATAN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat memproyeksi...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu