Asisten II Pemko Padang: Pentingnya Satu Data dalam Pengelolaan Informasi di Daerah

  • Whatsapp
Asisten II Pemko Padang
Asisten II Pemko Padang, Endrizal

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Pemerintah Kota Padang melalui Bappeda menginisiasi program Satu Data Padang untuk memperkuat tata kelola data antar OPD, serta lintas instansi di lingkungan Pemko Padang. Namun, implementasi program tersebut masih terhambat berbagai kendala.

SD merupakan upaya mengintegrasikan beragam data yang ada di setiap dinas lembaga dan OPD. Selain itu, SD bakal membuat interoperabilitas data dari setiap OPD semakin baik ke depannya.

Read More

“Apalagi dengan semakin banyaknya data, informasi yang begitu deras membanjiri kita semua, ini tentu perlu adanya tata kelola data (melalui SD),” kata Asisten II Pemko Padang, Endrizal di Gedung Serba Guna Abu Bakar Jaar, Jumat (11/6/2021).

Salah satu hambatan dalam implementasi program tersebut yakni kesiapan infrastruktur digital di lintas OPD.

“Pekerjaan besarnya itu membangun data center terpadu, membangun satu aplikasi yang bisa dipakai oleh semua institusi di lingkungan Pemko Padang,” kata Endrizal.

Pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Padang bersama Bappeda sebagai wali data meyakini implementasi satu data tersebut bisa menghemat anggaran belanja pemerintah.

Menurutnya, keberadaan pusat data mampu mengintegrasikan kebutuhan berbagai macam institusi secara mudah dan cepat. Fungsi server, analisis dan pengumpulan data berbasis komputansi awan (cloud) dapat mencegah pemborosan anggaran daerah.

Tak hanya itu, program SD juga diklaim bakal mengurangi banyak sumber daya manusia (SDM) yang seharusnya berperan untuk mengoperasikan dan memelihara pusat data di tiap OPD.

Lebih jauh dia menjelaskan program SD sebagai salah satu upaya untuk segera memulihkan kembali perekonomian yang terpukul pandemi virus corona atau Covid-19. Data-data tersebut nantinya akan digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan dan penentuan kebijakan di Pemko Padang. Upaya ini pun diatur dalam Perwako.

Related posts