Babinramil 01 Sikabaluan Motivasi Warga Binaan Tingkatkan Ekonomi Dari Pengolahan Sagu

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Pohon sagu merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di rawa, ataupun di pinggir sungai, sering juga dekat dengan pemukiman tempat tinggal masyarakat.

Melihat potensi yang ada, Babinsa Koramil 01/Sikabaluan Serka Indra memotivasi masyarakat Desa Srilanggai Kecamatan Siberut Utara Mentawai, memanfaatkan pohon sagu dan mengolahnya menjadi tepung sagu.

Read More

Dimana tepung sagu sangat banyak di gemari kalangan masyarakat, dan dapat di jual ke pasar, salah satunya sebagai bahan membuat makanan, atau bisa juga sebagai bahan makanan pokok sehari hari.

Pengolahan sagu antara lain, memilih salah satu batang sagu yang cukup tua kemudian batangnya di kupas, lalu di olah kemudian di peras, seterusnya biarkan mengendap beberapa waktu, setelah mengendap maka sagu di jemur di terik matahari sampai kering, terang Babinsa, Selasa (01/02/2022).

Dengan demikian maka hasil sagu akan memiliki kualitas tinggi, secara otomatis akan memiliki nilai harga ekonomis, selanjutnya dengan penghasilan dari penjualan sagu dapat menunjang perekonomian bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan tetap, imbuhnya.

Related posts