Babinsa Koramil 03 Sipora Mediasi Permasalahan Warga Desa Goisooinan

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Babinsa Koramil 03 Sipora mediasi permasalahan warga antara Bapak Arlius diketahui warga Desa Goisoinan Dusun Kaliou dengan Saudara Matto (19) warga Siberut, yang berlangsung di rumah Arlius Desa Goisooinan, Rabu (10/11/2021).

Danramil 03/Pulau Sipora, Lettu. Inf. Herizal, melalui Babinsa Koramil 03/Pulau Sipora Sertu Osten Sinaga mengatakan, adapun kronologis kejadian yang dilakukan mediasi hari ini terkait saudara Matto adalah warga Siberut dan sudah 2 tahun bekerja dengan bapak Arlius Warga Desa Goisoinan Dusun Kaliou sebagai pelangsir Kayu.

“Saat pertama kerja saudara Matto tinggal dirumah Bapak Arlius di Goisoinan, dan orangtua saudara Matto berpesan kepada Arlius supaya menjaga dan bertanggung jawab kepada anaknya selama bekerja bersamanya pada Januari 2020 lalu”, terang Babinsa.

Diketahui pada Selasa, 9 November 2021 abang dari saudara Matto dari Siberut menghubungi saudaranya di Km 4 Pak Given, menyampaikan pesan untuk menyuruh Matto pulang ke Siberut.

Lanjutnya, pada Selasa 9 November 2021 sekira pukul 23.30 wib Matto berangkat dari rumah bapak Arlius tanpa permisi, sehingga ia melakukan pencarian dan menemukan saudara Matto di Km 4 dirumah saudaranya Given sekira Pukul 06.40 wib. bapak Arlius membawa kembali saudara Matto dengan cara memaksa.

Yang mana pak Given pada saat itu tidak berada dirumah, dan Arlius sempat ribut dengan istri pak Given. Selanjutnya saudara Matto dibawa ke Goisoinan dan tidak mengijinkan saudara Matto berangkat ke Siberut, tutur Babinsa.

Atas kejadian tersebut, bapak Given menyampaikan permasalahan ini kepada Babinsa Desa Goisoinan dan langsung turun kedesa dan memusyawarahkan hal tersebut.

Sehingga dari hasil mediasi didapat keputusan, Bapak Arlius memperbolehkan Saudara Matto kembali ke Siberut tapi dengan catatan diberangkatkan baik baik dari rumahnya dan tidak ada tanggung jawab lagi ke saudara Matto sesuai pesan orang tuanya.

Selanjutnya, Bapak Given selaku saudara dekat Matto bertanggung jawab bilamana ada kaitan pinjaman atau hutang Matto kepada Pak Arlius maupun orang lain di Desa Goisoinan.

Pada Pukul 09.15 wib Matto kembali di Bawa saudaranya Bapak Given ke Km 4 untuk selanjutnya berangkat ke Siberut dan diberangkatkan Pak Arlius dengan baik, sehingga giat mediasi Permasalahan warga selesai dilaksanakan dalam keadaan aman. (Tirman/Ash)

Related posts