Bagindo Rosman Palito Rajo Endah Harapkan Nagari Katapiang Jadi Pusat Studi Tiru

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, Katapiang — Ketua Fraksi PAN DPRD Padang Pariaman, Bagindo Rosman Palito Rajo Endah, Selasa lalu melakukan reses ke daerah pemilihannya, Katapiang.

Ketua Bamus Katapiang Edwar Elimsyah menyebutkan, masyarakat merasa beruntung adanya anak nagari yang jadi anggota dewan.

Silakan sampaikan semua keinginan, agar bisa disalurkan Yang bisa disalurkan oleh anggota dewan kita. “Mana tahu ada unek-unek yang belum tersampaikan, bisa disampaikan ke tokoh kita yang kini tiga periode di DPRD Padang Pariaman,” kata dia.

Penguasa Ulayat Katapiang B. Rangkayo Rajo Sampono menyampai terima kasih pada Rosman yang telah melakukan reses ke nagari ini.

“Ini amat luar biasa dari anak Nagari Katapiang yang telah tiga periode di dewan, dan telah beredar informasi bahwa 2024 nanti, Palito Rajo Endah akan duduk di DPRD Sumbar. kita sokong dan dukung bersama untuk itu,” kata Rajo Sampono.
Sementara Rosman Palito Rajo Endah menyampaikan, bahwa selaku anggota dewan diberikan waktu melakukan reses, bertemu dengan masyarakat.

“Reses diwajibkan setiap anggota dewan. Secara formal wajib dilakukan, meskipun kita tiap hari bertemu dan sering diskusi soal banyak hal,” katanya.

Pembangunan daerah itu ada tiga dasarnya, yakni lewat Musrenbang, lewat intervensi kepala daerah, dan lewat anggota dewan melalui pokok pikiran. Nah, ini bagian dari menjemput aspirasi itu sendiri, lewat reses.

Menurut Rosman, selama ini banyak masukan dan keinginan pembangunan ini dan itu dalam Musrenbang, tetapi tak terlaksana, sehingga banyak masyarakat yang kecewa dan putus asa.
Kata dia, pokir tahun ini dilaksanakan tahun ini, yakni lanjutan pembangunan Kantor Walinagari Aie Tajun Lubuk Alung.

“Ada juga melanjutkan pembangunan jalan di Kasang, Sungai Buluah, Katapiang. Masing-masing anggota dewan dapat alokasi pokir itu Rp500 juta,” katanya.
Menurut Rosman, dulu Tabek adalah korong tertinggal, dan terpencil di Katapiang. Tak ada pembangunan di situ. Kalau tak sengaja ke situ, tak akan ada orang lewat, saking buruknya jalan,” kata Rosman.

Kini, Tabek sudah rancak. Jalan sudah bagus. Hubungan Katapiang – Tapakis lancar, dan sudah menjadi jalan utama bagi masyarakat.

Begitu juga perbaikan dan kelanjutan sejumlah pembangunan masjid sebagai rumah ibadah masyarakat, juga tak terlepas dari perjuangan Rosman di dewan.

Umumnya, pokir saya terletak di pembangunan Katapiang. “Sayang, selama ini sering terjadi di tengah masyarakat, sudah ada bantuan membuat malapetaka bagi masyarakat itu sendiri,” katanya.
Tentu ini perlu dijadikan pelajaran, agar tidak lagi terjadi. Perlu komitmen pengurus kelompok, agar bantuan itu menjadi nikmat bersama.

Katapiang cukup banyak menerima bantuan, baik dari pemerintah daerah dan Sumbar, maupun dari Angkasa Pura BIM.
Mohon binaan yang serius dari PPL agar, Katapiang jadi pusat studi tiru dari daerah lain.

“Jangan sampai ayam mati kelaparan di lumbung. Katapiang tiga punya anggota dewan, dua di kabupaten dan satu di Sumbar,” ujar dia.

Katanya, tak banyak nagari seperti Katapiang ini. Untuk itu, masyarakat harus terus menjalin kebersamaan, menyukseskan agenda politik, dan mengutamakan anak nagari itu sendiri. 

Rosman melihat, empat anggota dewan adalah anak Nagari Katapiang, yakni Rosman, Wira Satria, Syahrul Dt. Lung di DPRD Padang Pariaman, dan H. Nurnas di DPRD Sumbar. Apa tak pantas nagari ini berukir. 

Reses yang juga dihadiri Camat Batang Anai Suhardi, Walinagari Aie Tajun Lubuk Alung Syahribul Rahmat, Walinagari Katapiang Alwis Jaya, seluruh walikorong dan PPL serta sejumlah tokoh masyarakat ini menjadi momen yang amat penting dalam masa depan nagari.

Related posts